fbpx

7 Ampuh Cara Mempromosikan Buku Terbitan Sendiri

cara mempromosikan buku terbitan sendiri

7 Cara mempromosikan buku terbitan sendiri ini tidak selalu sulit kok. Mungkin Anda menganggap cara mempromosikan buku terbitan sendiri terasa sulit dan melelahkan karena Anda belum tahu caranya. 

Padahal sebagai seorang penulis, setelah mempublikasikan buku, Anda juga harus berusaha supaya hasil tulisan Anda dibaca oleh banyak orang. 

Kembali lagi pada tujuan awal menulis buku, bukankah untuk dibaca dan memberikan dampak kepada orang lain? Untuk itu, setelah Anda selesai menulis buku, maka Anda harus memiliki rencana promosi juga. 

Pada artikel ini kami akan mengulas strategi promosi seperti apa yang bisa membuat buku Anda laku di pasaran. Apalagi jika Anda adalah seorang dosen yang ingin membagikan hasil riset Anda ke masyarakat luas.

7 Ampuh Cara Mempromosikan Buku Terbitan Sendiri 

Melalui artikel ini kami akan menunjukkan kepada Anda cara menjual buku Anda ke lebih banyak  kepada calon pembaca. Cara mempromosikan buku terbitan sendiri,  Anda harus memahami 7 poin berikut ini: 

  • Wawancara
  • Radio / podcast
  • Toko buku lokal
  • Media sosial
  • Kerjasama dengan Media Online
  • Bangun Toko Online
  • Menjadi Pembicara atau Mentor Kelas Menulis

Ketujuh cara ini dapat Anda praktikkan segera setelah buku Anda resmi dirilis. 

1. Wawancara 

Tidak mudah untuk mendapatkan wawancara TV karena banyaknya persaingan. Untuk benar-benar menonjol dari kompetitor lain, mulailah dengan membangun hubungan dengan pembawa acara dan produser acara yang Anda minati. Membina hubungan terlebih dahulu adalah bagian penting dari lapangan karena itu akan membantu mereka tentang buku Anda. Salah satunya dengan mengenali audiens televisi. 

Namun kini sumber tayangan tidak hanya lewat televisi. Anda bisa mengajak kerjasama dengan para creator video streaming youtube untuk mengulas buku Anda. 

Jadikan buku Anda relevan dengan penggemar mereka. Jika program TV/video streaming condong ke arah hiburan, bagikan sebuah cerita lucu untuk menunjukkan bahwa Anda akan menyenangkan untuk diwawancarai. Tidak apa-apa untuk menjadi konyol dan komedi – biarkan selera humor Anda bersinar.

Jika program tersebut adalah program yang serius, tunjukkan bahwa Anda di sana untuk membahas masalah penting dan lakukan percakapan dengan hormat. Gunakan nada yang serius untuk meyakinkan. Tambahkan  kutipan dan statistik untuk lebih memperluas kedalaman topik buku.

Anda juga harus memiliki nada yang sangat meyakinkan agar para creator mengijinkan promosi kembali pada kesempatan berikutnya.

Baca juga : 7 Tips Menjadi Penulis Sukses Dari Nol

2. Interview Radio dan Podcast

Promosi dengan melakukan interview radio atau podcast juga bisa dilakukan.  Acara radio dan podcast selalu membuat konten baru untuk dibagikan kepada audiens mereka. 

Menemukan satu acara radio atau podcast dengan topik yang sangat spesifik yang relevan dengan audiens buku Anda akan lebih mudah didapat pada awalnya daripada hadir di pertunjukan besar yang populer. Jika Anda memulai dari yang kecil, Anda akan memiliki waktu yang lebih mudah untuk mengenalkan buku Anda. 

Jika Anda sudah mendapatkan kesempatan tersebut, jangan lupa persiapkan jawaban atas pertanyaan dari host. Tidak masalah jika Anda memberikan daftar pertanyaan Anda sendiri untuk host.

Berikut adalah beberapa pertanyaan sederhana untuk ditawarkan:

  • Apa yang membuat Anda menulis buku ini?
  • Bagaimana Anda membuat judul buku?
  • Orang macam apa yang akan senang mendapatkan buku ini? (ini adalah pertanyaan yang sangat baik terutama jika Anda mengenal audiens mereka dengan baik)

Pembawa acara dan produser radio yang sibuk akan menghargai upaya ekstra Anda sehingga mereka dapat bekerja lebih efektif dari daftar pertanyaan Anda.

3. Jumpa Penulis dan Bedah Buku

Cara mempromosikan buku terbitan sendiri di toko buku lokal yakni ajak kerjasama komunitas buku. Komunitas buku pasti senang bertemu penulis baru, dan toko buku lokal pasti bersedia untuk menampilkan bintang tamu yang akan membawa pembaca mereka ke toko.

Ketika Anda telah dipersilahkan untuk membuat acara di toko buku, maka Anda harus membuat acara tersebut bermanfaat. Rencanakan aktivitas Anda sehingga memberikan apa yang diinginkan pembaca buku Anda.

Inilah yang diinginkan komunitas buku dalam jumpa dengan penulis buku: 

  • Presentasi buku Anda yang menghibur atau menggugah pikiran
  • Sharing bacaan langsung atau beberapa cerita pendek
  • Tanya Jawab Langsung tentang Anda dan buku Anda
  • Penandatanganan buku
  • Buku gratis (atau kode untuk ebook gratis!)

Program pemesanan dengan kode gratis akan menjamin peningkatan penggemar Anda sehingga membuat mereka memasarkan buku Anda secara lisan dari mulut ke mulut. Ini adalah salah satu bentuk pemasaran buku yang paling efektif (dan juga gratis).

Baca juga : 5 Kiat Menjadi Penulis Buku Best Seller

4. Maksimalkan Media Sosial

Mengadakan talkshow dan jumpa pembaca memang membutuhkan biaya, usaha dan waktu yang tidak sedikit.  Karena dunia internet makin marak, media sosial bisa menjadi sarana efektif untuk digunakan promosi. Maka penerbit beralih fokus berpromosi di internet terutama di sosial media. Selain lebih murah, juga merangkul banyak calon pembaca. Jadi, mulailah maksimalkan media sosial Anda. 

Rajin-rajin share buku karya Anda di akun media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter., dan G+. Jadi, pembaca akan tahu kalau buku terbaru Anda sudah terbit. Ganti picture profil Anda dengan cover buku terbaru atau fotomu sedang memegang buku terbaru Anda. 

Sesekali boleh juga ajak kolaborasi penulis lain untuk membantu promosi buku terbitan sendiri. Anda juga bisa mention selebgram, siapa tahu postingan promosi Anda di repost oleh mereka. 

5. Membuat Website dan Toko Online Sendiri

Sekarang banyak banyak penulis yang menjual sendiri buku karyanya. Selain dapat royalti, penulis juga dapat keuntungan dari diskon khusus penulis dari penerbit. Pembaca juga senang karena bisa membeli buku langsung dari penulisnya, apalagi jika dapat iming-iming bonus tandatangan. 

Anda bisa menggunakan internet marketing. Buatlah website sendiri untuk mengenal audiens Anda. Gunakan domain sesuai dengan nama Anda. Contohnya Anda bisa membuat website dengan domain www.tokobukukita.com. Dengan membangun toko online sendiri, Anda juga bisa menjual buku-buku Anda dengan diskon menarik dan bonus pernak-pernih lucu lainnya. 

6. Kerjasama Media Online

Ajak kersama media online untuk mengulas tentang buku Anda. Biasanya media online memiliki slot untuk ulasan buku. Anda bisa bekerjasama dalam hal peliputan. 

Buatlah surat kerjasama dengan media terkait sehingga buku Anda dapat diulas oleh mereka. Ketika artikel tentang ulasan buku Anda diterbitkan, jangkauan promosi buku Anda pun akan semakin luas. 

Anda juga bisa bekerjasama dengan media terkait dengan giveaway buku gratis. Jika sudah begini dijamin, buku Anda akan dilirik oleh audiens mereka. Tapi ingat, pilih media online yang berkredibel dan sesuai target audiens Anda. 

7. Menjadi Pembicara atau Mentor Kelas Menulis

Menjadi pembicara atau mentor kelas menulis bisa membuka peluang untukmu berpromosi. Sambil mengajar menulis, Anda bisa sesekali memperkenalkan buku yang baru Anda rilis. Bahkan tidak masalah jika Anda harus memasukkan cover buku Anda di dalam bahan PPT atau makalah untuk peserta. 

Ya, itu salah satu cara mempromosikan buku terbitan sendiri dengan baik, kan? Selain memperkenalkan diri dan karya Anda kepada peserta agar mereka tahu kita cukup kompeten untuk berbagi ilmu, Anda bisa sekalian menjaring calon pembaca baru. Setelah sharing ilmu, siapa tahu ada peserta yang langsung kabur ke toko buku dan membeli buku Anda.

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

hubungi deepublish

kantor deepublish

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk mengubungi Penerbit Buku Deepublish.

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© Penerbit Buku Deepublish