Promo Terbatas! ⚠️

Cetak buku diskon 35%, bonus tambahan eksemplar dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

Cara Menulis Referensi Karya Ilmiah dengan Mendeley

Teknik Menulis Referensi Karya Ilmiah

Kalangan akademisi baik dosen maupun mahasiswa tentu tidak hanya dituntut mampu menyusun karya ilmiah dengan baik dan benar. Akan tetapi juga wajib mengetahui cara menulis referensi atau daftar pustaka karya ilmiah dengan baik. 

Daftar pustaka dalam karya ilmiah sekilas terlihat sepele hanya berisi susunan daftar sumber referensi. Membuatnya terkesan sangat mudah. Namun, apa yang terlihat ketika dipraktikkan ternyata jauh dari kata mudah tersebut. 

Terbukti dari masih banyak yang kesulitan untuk menyusun daftar referensi dengan baik dan benar, apalagi aturan terkait penulisannya terus berubah. Mendorong akademisi sukses menyusun referensi digelar webinar bertajuk Teknik Menulis Referensi Karya Ilmiah oleh Penerbit Deepublish. 

Teknik Penulisan Referensi Karya Ilmiah 

Menulis referensi karya ilmiah atau daftar pustaka dengan benar bersifat penting karena penulis bisa menghindari tindakan plagiarisme dari daftar pustaka. Selain itu, penulisan daftar pustaka jug menjadi bentuk penghargaan penulis pada pembuat karya yang dijadikan referensi. 

Menulis referensi karya ilmiah terkesan mudah, padahal jika dieksekusi banyak yang kesulitan dan melakukan kesalahan. Kesalahan penulisan daftar pustaka disebabkan oleh beragamnya style penulisan yang ada, seperti APA Style, Harvard Style, dan lainnya. 

Tak hanya itu, berbeda jenis referensi maka berbeda pula struktur penulisan daftar pustakanya. Misalnya referensi berbentuk buku maka susunan daftar pustakanya berbeda ketika mengambil referensi dari jurnal, artikel online, wawancara, dan lain-lain. 

Penerbit Deepublish berupaya mendorong para akademisi lebih lancar dan bebas hambatan dalam menyusun karya ilmiah. Memahami permasalahan tersebut, Penerbit Deepublish menggelar webinar sebagai media menemukan solusi. 

Webinar ini diberi tajuk Teknik Menulis Referensi Karya Ilmiah yang mengundang Dr. Dian Ferriswara, S.E.,M.M., seorang Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Dr. Soetomo dan penulis buku “Teknik Penulisan Referensi Karya Ilmiah”, untuk menjadi narasumber. 

Webinar kali ini diselenggarakan Penerbit Deepublish secara online melalui aplikasi Zoom. Webinar ini dilaksanakan pada Rabu, 22 Februari 2023 mulai pukul 13.30 – 15.00 WIB dan dibuka untuk umum secara gratis.

Dr. Dian Ferriswara, S.E.,M.M. dalam webinar Teknik Menulis Referensi Karya Ilmiah

Tentang Referensi dalam Karya Ilmiah 

Dalam pembukaan, Dr. Soetomo selaku narasumber menjelaskan sekilas mengenai referensi atau daftar pustaka. Masyarakat Indonesia lebih umum menggunakan istilah daftar pustaka atau daftar referensi. 

Sementara di luar negeri (misalnya di Amerika Serikat) istilah yang paling sering digunakan ada beberapa, yaitu mulai dari references sampai bibliography. Meskipun istilah beragam, akan tetapi digunakan untuk menyebut hal yang sama. Yakni daftar pustaka tadi. 

Daftar pustaka adalah daftar referensi yang dijadikan rujukan pada saat menyusun suatu karya ilmiah. Daftar pustaka lebih umum dijumpai di dalam karya ilmiah dan bukan pada karya non ilmiah. 

Daftar pustaka menjadi komponen penting karena daftar pustaka menunjukkan bahwa isi dari KTI bersifat kredibel karena bersumber dari referensi yang jelas, bisa dipertanggung jawabkan, dan tentunya bebas dari tindak plagiarisme. 

Aplikasi Mendeley untuk Pembuatan Referensi 

Kesulitan dalam menyusun daftar referensi pada karya ilmiah memang lumrah dihadapi oleh kalangan akademisi. Penyebab penulis kesulitan dalam menyusun daftar referensi adalah dari segi aturan yang ketat dan harus bisa menyesuaikan. 

Dr. Dian Ferriswara, S.E.,M.M. kemudian memberikan solusi praktis dengan memanfaatkan aplikasi pembuat referensi otomatis, yaitu aplikasi Mendeley yang hadir dalam versi aplikasi desktop dan edisi institusi (Institutional Edition). 

Aplikasi Mendeley disebutkan untuk versi desktop sudah discontinue. Syarat agar dapat menginstal dan menggunakan aplikasi ini adalah menggunakan Microsoft Office Original dan pengguna sudah memiliki akun di dalamnya. 

Baca Juga :

Cara Menggunakan Mendeley sebagai Teknik Menulis Referensi

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis

8 Situs Pembuat Daftar Pustaka Online Pilihan dan Linknya

Cara Membuat Referensi dengan Mendeley 

Dr. Dian Ferriswara, S.E.,M.M. kemudian menjelaskan langkah-langkah membuat referensi sesuai ketentuan menggunakan aplikasi Mendeley. Berikut langkah membuat referensi dengan Mendeley: 

  1. Menginstal aplikasi Mendeley. 
  2. Instal aplikasi Microsoft Office Original dan membuat akun. 
  3. Hubungkan aplikasi Mendeley dengan Ms Office tersebut. 
  4. Masukan  daftar referensi atau sitasi dengan memilih jenis referensi (buku, jurnal, artikel online, atau yang lainnya). 
  5. Masukan identitas referensi sesuai beberapa data yang diminta Mendelay dan klik tombol “Save” jika sudah selesai. 
  6. Referensi otomatis akan tersimpan di dalam folder khusus dan ketika dibutuhkan tinggal dipanggil melalui Ms Word yang digunakan menyusun karya ilmiah. 

Aplikasi Mendeley sendiri banyak direferensikan untuk digunakan kalangan akademisi karena Mendeley sangat membantu dalam menyusun referensi yang baik dan benar untuk KTI. Selamat mencoba! 


Tahukah Anda bahwa salah satu cara untuk meningkatkan poin KUM adalah menerbitkan buku. Aturan ini tertuang dalam PO PAK 2019.

Sayangnya, kesibukan dalam mengajar, membuat dosen lupa dengan kewajiban lainnya yaitu mengembangkan karir. Maka dari itu, Penerbit Deepublish hadir untuk membantu para dosen meningkatkan poin KUM dengan menerbitkan buku.

Kunjungi halaman Daftar Menerbitkan Buku, agar konsultan kami dapat segera menghubungi Anda.

Selain itu, kami juga mempunyai E-book Gratis Panduan Menerbitkan Buku yang bisa membantu Anda dalam menyusun buku. Berikut pilihan Ebook Gratis yang bisa Anda dapatkan:

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama