Karir Dosen Gitu-Gitu Aja dan Tidak Ada Peningkatan?

Bisa Jadi Anda Terlalu Sibuk Mengajar Sampai Lupa Kalau Dosen Punya Kewajiban Lainnya. Padahal, dosen memiliki kewajiban selain mengajar, yaitu mengabdi kepada masyarakat dan melakukan penelitian. 

Sayangnya, aktivitas yang itu-itu saja, membuat para dosen terbelenggu dengan kesibukannya. Maka dari itu, Penerbit Deepublish hadir membantu para Dosen untuk mengembangkan karirnya dengan menerbitkan buku. 

Penerbit Deepublish Telah Berkontribusi Membantu Ribuan Dosen di Seluruh Indonesia Mendapatkan Poin KUM.

Apakah Anda Berminat Mendapatkan Nilai Poin KUM
Bersama Penerbit Deepublish dalam waktu cepat?

Terima Kasih Atas Minat Anda

Sebelum itu, Izinkan Kami Bertanya Mengenai Karir Dosen Anda Selama ini

1 Step 1
2 Step 2
3 Step 3
Apa Jabatan Fungsional Anda Sekarang?
Apa Saja Upaya yang Telah Anda Lakukan untuk Menunjang Karir Dosen?
Silakan Isi Data di Berikut agar Konsultan Kami Bisa Memberikan Rekomendasi Cara untuk Anda Meraih Jabatan Fungsional
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Tahukah Anda Cara Meningkatkan Jenjang Karir Dosen

Tertuang dalam PO PAK tentang Jabatan Fungsional Dosen?

Salah Satunya dengan Cara Menerbitkan Buku

Berikut Poin-Poin yang Mendasarinya:

1. Menerbitkan Buku Ajar Setiap Tahun

dosen wajib menerbitkan buku c

Pada PO PAK 2019, dijelaskan bahwa dosen berkewajiban untuk Mengembangkan bahan kuliah yang mempunyai nilai kebaharuan (setiap produk). Adapun produk yang dikembangkan berupa diktat, modul, petunjuk praktikum, alat bantu, naskah tutorial, job sheet praktikum terkait mata kuliah yang diampu, dan buku ajar.

Buku ajar sendiri merupakan buku pegangan untuuk suatu mata kuliah yang ditulis dan disusun oleh pakar di bidangnya dan memenuhi kaidah buku teks serta diterbitkan secara resmi dan disebarluaskan.

Berdasarkan ketentuan tersebut, dosen harus menerbitkan buku ajar setidaknya setahun sekali. Dengan menerbitkan buku ajar, dosen akan mendapatkan KUM sebesar 20 poin.

dosen wajib menerbitkan buku c
dosen wajib menerbitkan buku c

2. Menerbitkan Buku Monograf atau Buku Referensi

dosen wajib menerbitkan buku c

Masih dalam PO PAK 2019, dosen dapat meningkatkan nilai KUM dengan menerbitkan buku monograf dan buku referensi.

Buku monograf adalah tulisan ilmiah dalam bentuk buku (ber-ISBN) yang substansi pembahasannya hanya pada satu topik/ hal dalam suatu bidang ilmu kompetensi penulis.

Sedangkan buku referensi adalah tulisan dalam bentuk buku (ber-ISBN) yang substansi pembahasannya pada satu bidang ilmu kompetensi penulis.

Dengan menerbitkan buku monograf, dosen akan mendapatkan nilai KUM sebesar 20 poin. Sedangkan untuk buku referensi, dosen akan mendapatkan nilai KUM sebesar 40 poin.

3. Profesor Wajib Menerbitkan Buku

dosen wajib menerbitkan buku c

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pada Pasal 49 ayat 2.

Dalam UU tersebut, dijelaskan mengenai sejumlah kewajiban seorang Profesor di pendidikan tinggi. Yakni mencakup: (1) Menulis buku; (2) Menghasilkan karya ilmiah; dan (3) Menyebarluaskan gagasan untuk mencerahkan masyarakat.

Artinya lewat UU tersebut, seorang Guru Besar memiliki kewajiban untuk menerbitkan buku. Setidaknya 1 judul buku per tahun agar bisa memenuhi aturan dari pemerintah tersebut. Sekaligus memberi kontribusi terhadap perkembangan IPTEK di tanah air.

dosen wajib menerbitkan buku c

Raih Poin KUM dengan Menerbitkan Buku di Penerbit Deepublish

Bantu Kami untuk Memberikan Anda Solusi Terbaik

dalam Menerbitkan Buku dengan Mengisi Poin-Poin di Bawah Ini

1 Step 1
2 Step 2
3 Step 3
4 Step 4
5 Step 5
Apakah Anda Pernah Menerbitkan Buku Sebelumnya?
Pilih Salah Satu
Jika Sudah, Berapa Jumlah Buku yang Pernah Anda Terbitkan
Jika Belum Pernah, Silakan Lanjut ke Pertanyaan Selanjutnya
Mengapa Anda Ingin Menerbitkan Buku?
Apa Harapan Anda Setelah Buku Diterbitkan?
Silakan Isi Data di Berikut agar Konsultan Kami Bisa Membantu Mewujudkan Harapan Anda dalam Menerbitkan Buku
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Tidak Hanya Meningkatkan Nilai KUM, Menerbitkan Buku juga Akan Membantu Anda Menyebarluaskan Kebermanfaatan Ilmu ke Seluruh Indonesia

Bayangkan, Berapa Ratus Juta Orang yang Akan Memetik Manfaat Ilmu dari Buku yang Anda Tulis...

penerbit buku

Bagaimana, Sudah Siap Menerbitkan Buku di Penerbit Deepublish?

penerbit buku

Sebelum itu, Izinkan Kami Bertanya Mengenai Kesiapan Naskah Buku Anda

1 Step 1
2 Step 2
3 Step 3
Seberapa Siap Kondisi Naskah Anda Sekarang untuk Diterbitkan?
Kira-Kira Apa Kendala Terbesar Anda dalam Menyusun Naskah?
Jika Tidak Ada Kendala, Anda Bisa Melewati Form Ini.
Silakan Mengisi Form Pendaftaran Menerbitkan Buku di Bawah.
Untuk Mengatasi Kendala yang Kerap Dialami Calon Penulis, Kami Menyediakan Beberapa E-Book Panduan Menulis Buku. Silakan Isi Data di Bawah Ini untuk Mendapatkan E-Book Secara Gratis.
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Jika Naskah Anda Sudah Siap,

Yuk Kirim Sekarang Juga!

Menerbitkan Buku di Deepublish

Penerbit Ilmiah yang Kredibel dengan Pelayanan Maksimal dan Pemasaran Buku yang Sudah Menjangkau di Seluruh Indonesia. Berminat Menerbitkan Buku di Deepublish?

Oke, Sekarang Kita Bahas Dulu Persiapan untuk Menerbitkan Buku

Baca Pelan-Pelan yaa

1. Menyiapkan Naskah

Persiapan yang pertama dalam menerbitkan buku adalah menyiapkan naskah. Sebab, tanpa naskah maka dosen tidak akan bisa menerbitkan buku karena memang belum ada naskah yang siap dicetak dan diterbitkan. 

Oleh sebab itu, dosen selaku penulis harus memastikan naskah sudah selesai disusun dan siap untuk naik ke proses cetak. Jadi, jangan hanya sudah diselesaikan sampai bab terakhir saja. 

Melainkan harus dirapikan, supaya enak dilihat dan juga enak dibaca. Hal ini akan memudahkan editor penerbit dalam mengecek isi dan kualitas naskah tersebut. Penting bagi penulis untuk melakukan editing mandiri untuk melakukan perbaikan. 

2. Menyiapkan Kelengkapan Isi Buku

Persiapan menerbitkan buku yang kedua adalah menyiapkan semua kelengkapan buku. Apa saja? Mulai dari template buku, layout naskah buku, kemudian cover atau sampul buku, dan seterusnya. 

Sehingga naskah buku yang sudah diselesaikan dan juga sudah dipastikan tidak lagi ada kesalahan yang membuat naskah ditolak penerbit. Kemudian sudah memiliki bagian-bagian yang mendukung proses cetak. 

Jika terampil menggunakan sejumlah aplikasi desain maka membuat template, layout, dan seterusnya bisa dilakukan sendiri. Namun jika merasa sebaliknya, maka bisa memakai jasa profesional untuk mengurus semua kelengkapan buku tersebut. 

3. Memilih Penerbit yang Kredibel

Dalam memilih penerbit, penting sekali untuk memilih yang kredibel. Sehingga tidak asal cocok dengan tema atau topik dari naskah buku yang dimiliki. Berikut adalah ciri-ciri penerbit buku kredibel yang bisa dijadikan dasar dalam menentukan pilihan:

(a) Penerbit membuatkan atau memberikan MoU atau Memorandum of Understanding. Merupakan salah satu bentuk surat kerjasama antara penerbit dan penulis, sehingga penerbit tersebut profesional dan memberikan hak penulis sesuai dengan isi MoU tersebut; (b) Penerbit memiliki reviewer dari ahli di bidangnya yang bertugas mengulas isi naskah buku yang dikirimkan, sehingga kualitas naskah lebih terjamin; (c) Penerbit memastikan naskah buku yang dikirimkan bebas dari praktek plagiarisme;

(d) Penerbit akan mengembalikan naskah yang tidak bisa mereka terbitkan, sehingga akan diterima kembali oleh penulis dan tidak ada resiko penerbit menerbitkannya tanpa izin penulis; (e) Penerbit akan sangat transparan kepada penulis terkait seluruh proses penerbitan. Mulai dari biaya penerbitan, besaran royalti, dan aspek penting lainya; (f) Penerbit akan memberi layanan yang maksimal dan menjalin hubungan baik dengan penulis.

Pastikan Ketiga Persiapan di Atas Sudah Matang ya!

Sebelum Lanjut, Yuk Ceritakan Dulu Pengalaman Menulis Anda

1 Step 1
2 Step 2
3 Step 3
Apa Jabatan Fungsional Anda Sekarang?
Apa Saja Upaya yang Telah Anda Lakukan untuk Menunjang Karir Dosen?
Silakan Isi Data di Berikut agar Konsultan Kami Bisa Memberikan Rekomendasi Cara untuk Anda Meraih Jabatan Fungsional
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Dosen Menulis Buku

sebagai Bentuk Pengabdian kepada Masyarakat

Buku adalah Wujud Pengabdian kepada Masyarakat dalam Bentuk Karya

Pengabdian kepada masyarakat tentunya tidak hanya berupa kegiatan turun langsung ke lapangan. Sebab pengabdian sejatinya adalah proses aplikasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh dosen dan tim yang dibentuknya.

Dosen kemudian bisa mengabdi kepada masyarakat dengan melakukan lebih banyak hal. Menulis buku juga menjadi bentuk pengabdian kepada masyarakat, dimana buku merupakan pengabdian dalam bentuk karya.

Buku sebagai Media Penyebaran Ilmu ke Masyarakat Luas

Buku yang termasuk bentuk pengabdian kepada masyarakat tentunya buku yang merujuk pada suatu ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemudian diterbitkan atau dipublikasikan sesuai dengan ketentuan, misalnya buku ber-ISBN.

Sehingga buku ini terdata di database perpustakaan nasional Republik Indonesia, dan kemudian bisa dijadikan referensi oleh banyak orang atau masyarakat luas. Oleh sebab itu, dosen penting untuk disiplin menulis buku.

Bukan hanya sekedar melakukan publikasi untuk mendapatkan tambahan angka kredit saja. Melainkan juga membantu dosen tersebut menerapkan ilmu pengetahuan yang dimiliki agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Bayangkan, Berapa Ratus Juta Orang yang Akan Memetik Manfaat Ilmu dari Buku Karya Dosen?

Sebuah buku tentunya akan bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. Maka menulis buku bisa dikatakan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Bahkan menjadi media mengabdi yang tidak lekang oleh zaman, karena buku akan memberi ilmu yang bisa diakses kapan saja. Meskipun penulisnya sudah tidak lagi berkarya.

Menulis artikel lalu diterbitkan dalam bentuk jurnal juga menjadi bentuk implementasi ilmu pengetahuan. Hanya saja pembaca atau sasaran dari tulisan ini adalah masyarakat ilmiah saja. Sedangkan menulis buku bisa menyasar masyarakat umum.

Bagaimana, Sudah Siap Menyebarkanluaskan Ilmu ke Seluruh Penjuru Indonesia?

Sebelum itu, Izinkan Kami Bertanya Mengenai Kesiapan Naskah Buku Anda

1 Step 1
2 Step 2
3 Step 3
Seberapa Siap Kondisi Naskah Anda Sekarang untuk Diterbitkan?
Kira-Kira Apa Kendala Terbesar Anda dalam Menyusun Naskah?
Jika Tidak Ada Kendala, Anda Bisa Melewati Form Ini.
Silakan Mengisi Form Pendaftaran Menerbitkan Buku di Bawah.
Untuk Mengatasi Kendala yang Kerap Dialami Calon Penulis, Kami Menyediakan Beberapa E-Book Panduan Menulis Buku. Silakan Isi Data di Bawah Ini untuk Mendapatkan E-Book Secara Gratis.
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Saatnya Bermanfaat untuk Masyarakat dengan Menerbitkan Buku

Tersedia Beberapa Paket Penerbitan Buku yang Bisa Anda Pilih