Frequently Ask and Questions

Perihal yang Sering Ditanyakan tentang Penerbit Buku Deepublish

Penerbit Buku Deepublish senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi konsumennya, dan selalu memperbaiki diri demi kepuasan konsumen. Berikut beberapa perihal yang sering ditanyakan oleh konsumen:.

penerbit buku FAQ

 

Tentang penerbit buku Deepublish:

Q : Apakah Penerbit Deepublish sudah menjadi anggota IKAPI dan bagaimana dengan ISBN-nya?

A : Penerbit Buku Deepublish adalah anggota IKAPI Resmi dengan nomor Keanggotaan IKAPI-DIY No.076/DIY/2012. Setiap buku yang diterbitkan Penerbit Deepublish memiliki nomor ISBN-nya masing-masing.

 

Q : Penerbit buku Deepublish menerbitkan buku apa saja?

A : Penerbit buku Deepublish saat ini berfokus menerbitkan buku Pendidikan Tinggi seperti : Buku Ajar, dan Buku Referensi. Selain itu juga mencetak serta meningkatkan kualitas dari Modul Kuliah dan Modul Praktikum, Buku Panduan Akademik, Kumpulan Makalah (Proceeding), Jurnal Penelitian Ilmiah, Buku Pegukuhan Guru Besar, dan Kalender Akademik. Namun Penerbit Deepublish juga menerima untuk menerbitkan buku sekolah (SD, SMP, SMA sederajat) dan buku umum popular.

 

Tentang Naskah yang Masuk dan Seleksi Naskah:

Q : Apakah penulis dapat dibantu dalam proses penyusunan naskah bukunya?

A : Penerbit Deepublish akan memberikan “Buku Panduan Menulis Buku” gratis yang dapat digunakan calon penulis sebagai alat bantu/kisi-kisi dalam menulis naskah bukunya. Untuk pengajuan buku gratis ini, silahkan Download disini. Selain itu Penerbit Buku Deepublish juga membuka line konsultasi menulis bagi Penulis yang merasa kesulitan dalam proses menulisnnya. Penulis dapat mendaftar konsultasi menulis disini.

 

Q : Apakah setiap naskah yang masuk akan diseleksi dan ada kemungkinan ditolak?

A : Setiap naskah buku pendidikan tinggi akan diseleksi namun pada akhirnya naskah tersebut akan diterbitkan, dengan catatan jika naskah buku calon penulis telah direvisi serta memenuhi standar – standar yang ditetapkan oleh Penerbit Deepublish.

 

Q : Bagaimana cara mengirim naskah ke Penerbit Deepublish?

A : Naskah dapat dikirim via email ke [email protected] (untuk ukuran file kurang dari 25MB), atau burning file di CD-R lalu kirim ke alamat kantor Penerbit Deepublish di Jl. Rajawali G. Elang 6 No.3 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, DIY 55581. Jika diperlukan, khusus untuk wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DIY kami dapat mengunjungi kampus tempat anda bekerja untuk mengambil file naskah.

 

Q : Apakah setiap naskah akan diedit oleh Penerbit Buku Deepublish?

A : Ya dan tidaknya tergantung dari kebutuhan. Terdapat tiga tingkatan dalam proses editing, yakni editing tingkat ringan, sedang dan berat. Yang termasuk editing tingkat ringan seperti: edit tata letak naskah (layout), revisi huruf tertukar/terbalik karena kesalahan dalam proses pengetikan, mengedit ukuran buku sesuai permintaan. Editing tingkat sedang seperti: edit tata letak dan kualitas foto/gambar dalam naskah, edit tulisan Arab, Jawa, edit rumus/jenis font khusus, dan edit kombinasi font. Sedangkan yang tergolong editing berat, yaitu: naskah diedit secara keseluruhan yang meliputi tata bahasa, pengubahan dan perbaikan kalimat, penambahan dan pengubahan konten isi.

Penerbit Deepublish by default akan mengedit ringan dan sedang setiap naskah buku yang akan diterbitkan. Editing tingkat berat hanya akan dilakukan jika ada permintaan dari Penulis, pada proses ini akan dikenakan biaya tambahan dan akan mempengaruhi harga jual buku.

 

Tentang Sistem Produksi dan Percetakan:

Q : Penerbit Deepublish menggunakan sistem produksi Just In Time. Apa itu sistem produksi Just in Time?

A : Just in Time adalah proses sistem produksi dimana sistem tersebut dapat memproduksi buku sesuai kebutuhan penulis atau jumlah pembaca aktual (tanpa jumlah minimal cetak), dilakukan secara efektif dan efisien baik dari segi waktu, penggunaan bahan baku, kualitas serta biaya.

 

Q : Berapa biaya produksi dan harga jual buku?

A : Nominal biaya produksi buku tergantung dari ketebalan halaman, ukuran buku, jumlah halaman warna dan hitam putih, serta jumlah oplagh yang akan dicetak. Namun rata-rata biaya produksi berkisar antara Rp 20.000 s.d. Rp 100.000. Terkait harga jual, Penerbit Deepublish menggunakan rumus : Harga Jual = Biaya Produksi + Royalti Penulis + Sales Fee + Marketing Fee + Ongkos Kirim. Penentuan harga jual ditentukan bersama antara penerbit, penulis, dan pihak ketiga (jika ada).

 

Tentang Pemasaran dan Distribusi:

Q : Bagaimana teknik penjualan yang selama ini digunakan Penerbit Deepublish?

A : Sistem penjualan yang digunakan Penerbit Deepublish adalah secara Direct Selling. Artinya, teknik penjualan buku difokuskan ke kampus tempat penulis bekerja itu sendiri (pasar primer), dan kampus lain yang mungkin membutuhkan buku tersebut (pasar sekunder). Proses penjualan dapat dilakukan secara mandiri oleh penulis buku, dan juga dapat dibantu oleh sales agent tertunjuk untuk wilayah pemasaran primer buku tersebut.

Buku ajar dan buku referensi merupakan jenis buku dengan pembaca yang sangat spesifik (sesuai bidang ilmunya) dan hanya digunakan di perguruan tinggi/institusi pendidikan lainnya di jenjang (semester) terkait. Oleh karena itu, berdasarkan pengalaman Penerbit Deepublish, sistem pemasaran yang paling efektif dan efisien dari sudut pandang modal (biaya produksi lebih murah) harga jual (lebih terjangkau), waktu (proses percetakan dan penjualan buku jauh lebih cepat), tenaga (waktu dan biaya-biaya SDM lebih rendah), serta keuntungan (royalti penulis, sales fee, dan marketing fee lebih besar dan bermanfaat untuk orang banyak, tidak hanya pihak-pihak tertentu saja) adalah dengan teknik penjualan Direct Selling.

 

Q : Apakah buku – buku terbitan Penerbit Deepublish akan di distribusikan melalui toko buku secara nasional?

A : Penerbit Buku Deepublish menggunakan sistem POD (Print On Demand) dan Direct Selling artinya penerbit buku Deepublish tidak memasarkan secara langsung melalui toko-toko buku nasional, melainkan hanya berdasarkan permintaan penulis, dan jika penulis meminta untuk didistribusikan ke toko buku nasional maka, hal ini tergantung dari judul buku serta penilaian tim penerbit apakah buku tersebut diproyeksikan akan laku atau tidak jika di distribusikan melalui toko buku. Namun sudah dipastikan bahwa setiap buku akan di promosikan melalui website, sosial media, dan jaringan pasar internal yang kami bentuk secara nasional.

“Penerbit mempertimbangkan pangsa pasar pembaca dari setiap judul buku. Perlu diketahui bahwa jenis konsumen yang biasanya datang ke toko buku adalah konsumen buku umum popular, bukan buku spesifik keilmuan tertentu. Disamping itu agar dapat terdistribusi secara nasional melalui toko buku, buku – buku ini akan melalui proses seleksi yang sangat ketat sebelum pada akhirnya dapat di distribusikan secara nasional. Hal ini terjadi karena mempertimbangkan ukuran pasar dan probabilitas pembaca yang membutuhkan serta mencari buku tersebut di toko buku yang ia kunjungi serta modal biaya yang cukup besar diawal.”

 

Tentang Proses Penerbitan Buku

Q : Berapakah lama waktu yang diperlukan untuk menerbitkan sebuah buku?A : Terdapat tiga tahap proses bisnis utama pada Penerbit Deepublish, yaitu : Proses Pembuatan Buku, Proses Percetakan Buku, serta Proses Promosi dan Penjualan Buku. Pada tahap pembuatan buku dilakukan proses layouting dan editing naskah, proses desain cover buku, pendaftaran nomor ISBN serta naskah akan dicetak 1 (satu) eksemplar buku sebagai dummy (sampel) untuk dilakukan pengecekan akhir/revisi oleh penulis sebelum masuk tahap kedua yakni proses percetakan. Proses pembuatan buku ini memerlukan waktu 1 (satu) hingga 2 (dua) minggu tertanggal draft naskah buku penulis diterima oleh Penerbit Deepublish.

Tahap kedua adalah proses percetakan buku. Proses ini dilakukan setelah buku direvisi oleh penulis dan fix untuk dicetak. Jumlah eksemplar yang dicetak disesuaikan dengan jumlah pembaca di kampus penulis itu sendiri, penulis yang menentukannya. Tidak ada batasan minimal cetak di Penerbit Deepublish. Dengan kata lain jika perkiraan penulis, jumlah pembaca di kampus penulis yang akan menggunakan buku tersebut hanya berjumlah 50 orang, maka jumlah buku yang di cetak cukup 50 eksemplar saja. Tahap kedua ini memerlukan waktu 1 (satu) hingga 4 (empat) minggu tertanggal buku dummy yang telah selesai direvisi oleh penulis diterima penerbit dan ada perintah cetak beserta jumlah oplagh-nya dari penulis kepada penerbit.

Tahap terakhir adalah proses promosi dan penjualan buku. Penerbit menetapkan periode penjualan buku maksimal 30 hari tertanggal buku diterima oleh penulis. Artinya dalam waktu paling lambat 30 penulis harus membayar lunas biaya produksi kepada Penerbit Buku Deepublish. Proses pembayaran ini bisa dilakukan diawal transaksi, dicicil 2 (dua) hingga 3 (tiga) kali, atau dilunasi di akhir periode (hari ke 30 dari oplagh buku diterima). Penulis dapat menjual buku langsung ke konsumen mahasiswa di kampus penulis itu sendiri. Proses penjualan dapat dilakukan secara mandiri maupun meminta bantuan pihak ketiga (sales agent) untuk menjualkannya seperti organisasi mahasiswa, asisten dosen, asisten laboratorium, pegawai TU, pegawai perpustakaan, koperasi maupun institusi-nya itu sendiri.

 

Q : Siapa yang menanggung biaya dari proses penerbitan buku ini?

A : By default, untuk kerjasama personal Penerbit Deepublish akan membebankan biaya percetakan buku kepada penulis sebesar 50% di awal proyek (besar nominalnya bergantung pada ukuran/dimensi buku, jumlah halaman buku dan jumlah eksemplar cetak buku). Sisa pembayaran yang 50% lagi dibayarkan penulis paling lambat 30 hari tertanggal pesanan buku diterima penulis. Namun, hal ini masih dapat dinegosiasikan ulang, dan tentunya apabila keadaannya tidak memungkinkan penulis untuk membayar 50% di awal proyek, maka proses pembayaran dapat dibayarkan lunas dan tuntas pada hari ke-30 tertanggal buku diterima oleh penulis.

Informasi tambahan, untuk biaya penerbitan buku yang meliputi: registrasi nomor ISBN, desain cover, jasa layouting, jasa editing, biaya cetak buku dummy, dan biaya kirim buku dummy kesemuanya ditanggung oleh Penerbit Deepublish alias gratis bagi Penulis.

 

Q : Apakah penulis dapat menerbitkan buku tanpa dibebankan biaya apapun diawal pengerjaan?

A : Kemungkinan bisa, dengan syarat :

1. Penerbit Deepublish telah bekerjasama secara institusional dengan kampus dimana penulis bekerja. Kerjasama secara institusional akan memberikan peraturan bahwa 100% biaya cetak boleh dibayarkan dalam termin maksimal 30 hari tertanggal cetakan buku diterima oleh penulis/institusi penulis dan yang bertanggung jawab dalam hal pembayaran ini adalah Institusi Pendidikan tempat penulis bekerja.

2. Penulis mengajukan surat permohonan untuk diberi penangguhan pembayaran buku kepada Penerbit Deepublish, isi surat penangguhannya adalah penulis bersedia dan berkewajiban dalam membayarkan biaya produksi cetak buku paling lambat 30 hari tertanggal buku diterima oleh penulis.

 

Tentang Royalti

Q : Berapa jumlah royalti yang diterima penulis?

A : Penulis Buku Pendidikan Deepublish akan mendapatkan royalti lebih dari 20% tergantung dari kesepakatan antara Penulis, Pihak Ketiga (jika ada), dan Penerbit dalam menentukan harga jual buku. Mudahnya, penulis sendiri yang menentukan ingin mendapat uang berapa besar dari hasil penjualan bukunya. (penjelasan lebih lanjut, hubungi tim marketing kami)

 

Tentang Cara Menghubungi Penerbit Buku Deepublish:

Q : Dimana alamat kantor Penerbit Deepublish? Apakah ada kantor cabang?A : Kantor pusat Penerbit Deepublish beralamat di Jl. Rajawali G. Elang 6 No.3 Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, DIY 55581. Jalan Kaliurang Km 9,3 Yogyakarta. Kantor pusat kami berfungsi sebagai pusat operasional bisnis dan produksi perusahaan.

Kantor cabang Penerbit Deepublish untuk wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten berada di Kota Cirebon, Jl. Sekarkemuning, Karya Mulya Indah A7. Kantor Cabang Cirebon digunakan sebagai kantor editorial naskah buku dan kantor marketing untuk wilayah tersebut.

 

Q : Bagaimana cara cepat menghubungi Penerbit Deepublish?

A : Silakan hubungi kami via email [email protected] telepon/ fax. ke 0274-4533427;

Atau Hubungi Customer Care kami :

  • Mahtur Novianto, S.Ab. (Anto) 085743492880 (Indosat)
  • Farida Nurul Hidayati, S.P. (Rida) 081362311132 (Simpati)
  • Shinta Indri Pratiwi, S.Sos. (Shinta) 081325186641 (Simpati)
  • Agrian Ekalagati Metasari, S.E. (Meta) 087705555676 (XL)
  • Momod Nugroho, S.P. (Momo) 082257578687 (Simpati)
  • Lynda Ardelia Briliana, S.ST (Lynda) 082211489554 (Simpati)
(Visited 30 times, 2 visits today)