Wah sekarang jamannya kelulusan sekolah nih. Waktunya untuk mencari percetakan buku tahunan murah. Nah, ngomong-ngomong buku tahunan, pasti kamu yang dibebani tanggungjawab membuat buku percetakan buku tahunan pasti pusing tujuh keliling mencari percetakan yang rekomended nih.

Memang sekarang ada banyak variasi dan pilihan percetakan buku tahunan murah meriah. Sayangnya tidak diimbangi dengan kualitas hasil. Apalagi buku tahunan itu hal yang penting, karena kualitas hasil cetakan akan mempengaruhi kepuasan. Apalagi buku tahunan satu-satunya buku kenangan untuk teman-teman lama kalian.

Bagaimana jika tidak memiliki uang yang cukup, karena keterbasan seorang pelajar? Tenang kini sudah ada solusi dan triknya. Jadi di artikel kali ini akan mengulas tips memilih percetakan buku tahunan murah meriah.

download ebook gratis

Mempelajari Portofolio

Tips pertama memilih percetakan buku tahunan murah dengan cara mempelajari terlebih dahulu portofolionya. Caranya gimana? Kan tidak gampang bisa melihat produknya! Masak sih? jaman digital seperti sekarang, pasti sebagian besar terekam jejak digitalnya.

Pastinya, hampir sebagian besar percetakan buku tahunan murah akan memberikan sampel portofolio terbaik mereka. Penyedia sengaja menawarkan dan memberikan portofolio agar calon konsumen (kita-kita yang ingin mencetak ini) akhirnya tertarik dan mencetak di sana.

memang setelah melihat hasil portofolio yang disajikan bukan berarti bisa langsung pilih begitu saja. Masih harus selektif lagi. Karena bisa saja realitasnya tidak sebagus dan sekeren di portofolio. Lalu apa lagi sih tips yang perlu di perhatikan lainnya? salah satunya melihat sample.

Melihat Sample Buku Tahunan Sekolah

Tips percetakan buku tahunan murah yang kedua adalah melihat sampel buku tahunan yang pernah dibuat. Jadi tipsnya adalah pilih percetakan buku yang ada di kota kamu. Kenapa? Karena selain karena koordinasinya biar cepat dan enak, tentu saja memudahkan  dalam melihat sampel buku tahunan.

unsur karya ilmiah

Misalnya nih, setelah kepo portofolio dan mulai penasaran samplenya. Maka jika memilih percetakan yang masih satu daerah, bisa melihat hasil dari teman beda sekolah yang mungkin pernah mencetak di percetakan tersebut. setidaknya setelah melihat hal ini, akan membantu meyakinkan apakah akan mengambil jasa tersebut atau pindah ke percetakan buku tahunan murah yang lain.

Melihat Testimoni Konsumen

Tips yang ketiga yang bisa kamu perhatikan adalah melihat testimony dari konsumen. Jika testimony dari konsumen positif, sudah dapat dipastikan memang pelayanan, harga dan kualitas pun sudah tidak diragukan lagi. Meskipun demikian, kamut jangan mudah terlena terlebih dahulu. Pastikan testimony tersebut benar-benar testimony asli. Bukan testimony abal-abal dan pura-pura.

Buat kamu yang masih binggung kemana mencari testimoni, kamu bisa kok kepo langsung di media sosial dan di websitenya. Biasanya jasa yang menyediakan layanan yang terintegrasi dengan internet memiliki medsos dan website.

Kepo Fasilitas dan Penawaran Harga Di Medsosnya

Memang sebelum memutuskan apakah akan memilih percetakan buku satu dengan yang lain perlu kepo yang luar biasa. Seperti yang disinggung sebelumnya, perlu kepo di medsosnya. Karena seringkali bisnis satu ini menjadikan media sosial sebagai ajang branding dan iklan yang paling mereka sasaran. Selain efektif juga dari beban iklan juga lebih murah.

Itu sebabnya banyak percetakan buku tahunan murah yang akhirnya memberikan penawaran menarik mereka lewat medsos mereka. Itu sebabnya, kamu pun bisa kepo langsung, agar bisa mendapatkan promo dan penawaran menarik dari mereka.

Cek Website

tips memilih percetakan buku tahunan yang terakhir adalah mengecek website. Ini kaitannya untuk mengecek apakah tipu-tipu atau beneran. Di website kamu bisa cek alamat lengkapnya dan lakukan konfirmasi di lokasi, apakah ada bangunannya atau hanya fiktif. Jika fiktif, bisa jadi itu modus penipuan.


 

Kontributor: Novia Intan

Ayo baca juga artikel: