Anda Seorang Guru atau Dosen yang Punya Naskah

tapi Bingung Cara Menerbitkannya?

Jika Itu yang Anda Alami, Tentu Saja Anda Perlu Mengetahui Cara Menerbitkan Buku yang Baik dan Benar Secepatnya.

Ingin Tahu Selengkapnya? Yuk Simak......

Inilah 3 Cara Menerbitkan Buku yang Wajib Anda Ketahui!

Baca Pelan-Pelan ya...

1
2
Sebelum Kita Mulai, Izinkan Kami Bertanya seputar pengalaman Anda dalam menerbitkan buku.
Apakah Anda Sudah Pernah Mengirimkan Naskah ke Penerbit?pilih salah satu
Terima kasih senang bisa tahu pengalaman Anda sebelumnya. Yuk sekarang lanjut dengan tata cara menerbitkan buku. Scroll ke Bawah ya!
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

1. Persiapkan Naskah

Hal terpenting dalam menerbitkan buku adalah adanya naskah. Tanpa naskah, apa yang akan dicetak? Jadi, pastikan naskah Anda sudah siap untuk diterbitkan. Alangkah lebih baiknya, naskah tersebut disunting terlebih dahulu dan pastikan sesuai dengan kaidah penulisan

naskah

2. Proses Produksi

Proses produksi mencakup beberapa hal, antara lain:

a. Editing
Naskah yang sudah siap, tidak bisa langsung dicetak, namun perlu memasuki proses editing terlebih dahulu. Tujuannya bukan untuk mengubah isi, namun untuk merapikan naskah, agar lebih nyaman dibaca.


b. Cover
Membuat cover adalah salah satu proses penting dalam produksi naskah. Sebab, cover tidak hanya berperan sebagai pembungkus naskah saja, tetapi memiliki lebih banyak manfaat. Salah satunya mampu mendongkrak hasil penjualan buku.


c. Layout
Layouting atau proses layout adalah proses pengaturan tata letak. Mulai dari sisi kanan, kiri hingga atas dan bawah. Hal ini dilakukan agar tata letak naskah terlihat serapi mungkin. Tujuannya agar nyaman dibaca.


d. Mengajukan ISBN
ISBN atau Internasional Standard Book Number berfungsi sebagai identitas sebuah buku. Untuk mendaftarkan ISBN, bisa diurus melalui laman perpusnas online. Pastikan Anda menyipakan beberapa berkas yang diminta sebagai prosedur registrasinya.


e. Proses Cetak
Mencetak buku adalah proses terakhir dalam produksi naskah. Tentu saja proses ini memakan waktu yang cukup banyak.

3. Pemasaran

Setelah menyelesaikan proses produksi, langkah selanjutnya tentu memasarkan buku Anda. Pemasaran buku ini dapat disesuaikan dengan kemauan Anda. Banyak pilihan yang bisa Anda coba, seperti melalui marketplace, sosial media, toko buku, atau bahkan Anda pasarkan secara pribadi kepada orang-orang tertentu saja. 

Nah Itulah Proses Menerbitkan dari Sebuah Naskah Menjadi Buku. Tapi Jika Kamu Masih Ngerasa Bingung dan Susah, Kamu Bisa lho Menggunakan Jasa Penerbit.

Ada 3 Jenis Penerbitan Buku yang Perlu Kamu Ketahui. Apa Saja? Yuk Baca Penjelasannya di Bawah Ini.

1. Penerbit Mayor:

Penerbit mayor adalah penerbitan dengan nama brand yang sudah besar. Modal yang dimiliki oleh penerbit mayor sangatlah besar. Oleh karena itu, keseluruhan biaya dari mulai cetak, distribusi, hingga biaya promosi akan ditanggung sepenuhnya oleh penerbit. Proses seleksi sangatlah ketat, sebab naskah yang dikirim sangat banyak dan kualifikasi penerbit sangat tinggi.

penerbit mayor

2. Penerbit Indie:

Penerbit Indie adalah jasa penerbitan dengan proses seleksi yang lebih mudah dan gak berbelit-belit, juga memberi jasa desain dan layout. Penerbit akan mengurus percetakannya, dengan jumlah eksemplar bergantung pada penulis dan modal yang dimilikinya. Dalam distribusinya Penerbit bisa ikut atau tidak ikut memasarkan dan mendistribusikan ke toko-toko buku indie.

penerbit indie

3. Self Publishing:

Penerbit Self Publishing adalah penerbit yang dilakukan secara mandiri. Maksudnya, penulis mengurus proses penerbitan bukunya secara langsung/mandiri, mulai dari penyuntingan naskah, layout, dan desain buku. Penulis bebas mencetak berapa pun jumlah eksemplar bukunya. Dalam distribusinya, buku dipasarkan oleh penulis.

Salah satu contohnya adalah penerbit Deepublish. Penerbit Deepublish merupakan penerbit self publishing yang memberikan fasilitas dan layanan. Seperti gratis layout, cover dan gratis ISBN bagi penulis yang ingin menerbitkan buku di sana. Jadi, pastikan Anda memilih penerbit Self Publishing yang menguntungkan Anda, salah satunya di Penerbit Deepublish.

Sekarang, Saatnya Memilih Penerbit Buku yang Tepat untuk Anda. Mau Tahu Caranya?

1
2
3
4
5
Silahkan Isi Tes di Bawah Ini agar Tahu Penerbit yang Tepat untuk Anda
Apakah Anda Sudah Menyusun Naskah?Pilih Salah Satu
Apa Jenis Naskah Anda?Pilih Salah Satu
Ditujukan untuk Siapa Buku yang Anda Tulis?
Jika Buku Anda Sudah Terbit, Dimana Saja Anda Ingin Memasarkannya?
Langsung Scroll ke Bawah ya.......
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

Sekarang, Apakah Anda Sudah Menemukan Penerbit yang Akan Dipilih?

1. Mengumpulkan Bahan

Pertama, Anda harus mengumpulkan segala bahan yang berkaitan dengan tema tulisan. Pengumpulan bahan dapat dilakukan dengan cara wawancara, pengamatan, studi pustaka, atau gabungan ketiga cara tersebut.

naskah

2. Menyiapkan Naskah

Hal terpenting dalam menerbitkan buku adalah adanya naskah. Tanpa naskah, apa yang akan dicetak? Naskah yang sudah ada, di sunting terlebih dahulu dan pastikan sesuai dengan kaidah penulisan.

3. Menentukan Jenis Buku

Ada beberapa jenis buku yang harus Anda pahami. Seperti buku ajar, monograf, referensi, bunga rampai, novel, dan masih banyak lainnya. Caranya cukup mudah, sesuaikan naskah yang telah Anda selesaikan dengan beberapa jenis buku yang tersedia.

4. Menentukan Segmentasi Pembaca

Langkah selanjutnya adalah menentukan segmentasi pembaca. Cukup dengan membayangkan apa profesi pembaca buku Anda. Dari penentuan usia, Anda bisa lebih menspesifikasikan dari rentang profesi.

5. Menyiapkan Modal

Selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah modal. Modal berupa uang untuk biaya percetakan dan proses penerbitan buku. Besar uang yang harus dipersiapkan pun bervariatif. Banyaknya modal yang akan dikeluarkan juga tergantung dari jumlah ketebalan naskah dan jenis kertas yang cetak

6. Menentukan Kualifikasi Buku

Menentukan kualifikasi buku menyangkut jenis kertas dan proses percetakan. Banyak jenis kertas untuk mencetak buku. Ada kertas buram eksport, import dan ada juga jenis kertas HVS putih pada umumnya. Untuk kualifikasi buku, untuk self publishing benar-benar ada di tangan Anda

7. Mencari Penerbit Buku yang Tepat

Hal terakhir yang Anda lakukan untuk menerbitkan buku adalah mencari penerbit yang tepat. Bagaimana cara mencari penerbitan buku yang tepat? Dengan senang hati, kami akan membantu Anda