Syarat Menulis Buku Monograf Di Penerbit Buku Deepublish

penerbit buku

Anda memiliki karya tulis ilmiah dan jurnal? Jika iya, sayang jika tidak diolah menjadi buku monograf. Buku monograf merupakan hasil karya tulis yang ditulis oleh seorang ahli atau spesialisasi dibidangnya. Lantas yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana syarat menulis buku monograf di penerbit buku Deepublish?

Ada syarat menulis buku monograf di penerbit buku deepublish yang perlu Anda tahu. Tentu syarat ini dapat dijadikan sebagai acuan dasar dan gambaran Anda ketika menulis buku. Berikut uraiannya.  

Memiliki Landasan Dasar

Dasar menulis monograf ditulis berdasarkan hasil penelitian dan buah dari pemikiran si peneliti/penulis. Buku monograf ditulis oleh penulis tunggal, bukan berbentuk kompilasi. Buku menograf memiliki substansi tema yang lebih spesifik, hanya membahas satu tema atau satu topik saja dalam satu buku. Jika Anda memiliki buku monograf, bisa diterbitkan ke penerbit buku Deepublish, Cepat Fleksibel dan Profesional.

Memperhatikan Segmentasi Buku

Penting memperhatikan segmentasi buku. Segmentasi buku monograf diperuntukan untuk Dosen. Jadi, buku monograf dosen dapat dipergunakan untuk mengajar dan melakukan penelitian para dosen. Pada dasarnya, buku monograf adalah buku ilmiah yang dikemas dalam bentuk buku. Bentuk penulisan buku monograf diterbitkan dalam satu jilid saja atau satu seri.

Memiliki Alur dan Struktur

Buku monograf ala penerbit buku Deepublish memiliki alur dan struktur. Jadi buku ditulis sesui dengan alur logika atau urutan keilmuan dan terdapat peta keilmuan. Fungsinya agar isi buku terstruktur. Adapun hal penting yang perlu ada dalam buku monograf, adannya peta keilmuan yang dimiliki oleh penulis.

Selektif Menggunakan Bahasa

Penggunaan bahasa dalam buku monograf menggunakan bahasa tulis yang formal. Penggunaan bahasa formal karena dipergunakan untuk kalangan dosen dan peneliti, bukan diperuntukan untuk anak muda atau ABG. Wajar jika penggunaan bahasa Monograf pun mengikuti segmentasi pembaca. Penyampaian buku monograf juga dapat ditulis dengan cara memaparkan (mengatakan) teori para tokoh ahli dibidangnya.

Syarat Publikasi

Syarat publikasi buku monograf harus diterbitkan dan disebarkan. Penerbitan buku monograf harus diterbitkan di penerbit yang memiliki ISBN. Solusi yang tepat mencari penerbit ber-ISBN ada di penerbit buku Deepublish. Selain ber-ISBN buku Anda juga akan dibantu dipasarkan. Tidak hanya itu, penulis akan memperoleh sertifikat penulis buku, dari segi pelayanan pun cepat, fleksibel dan professional.

Memiliki Kepadatan materi

Seperti yang sudah disinggung di atas, buku monograf gaya penulisan dikemas lebih padat, lebih lengkap dan lebih mendeskripsikan topik yang diangka. Meskipun demikian, yang dibicarakan tetap satu bidang ilmu saja, tidak melebar kemana-mana. Misalnya membahas tentang las laser, maka buku hanya terfokus pada uraian las laser, tata cara, jenis, karakteristik dan hal lain yang masih terkait dengan las laser, bukan membahas topik atau tema yang lain.

Tujuan Penggunaan Buku Monograf

Berdasarkan penggunaan buku monograf dipergunakan untuk pegangan materi pembelajaran. Jadi, buku jenis monograf juga dapat digunakan sebagai buku pegangan mahasiswa. Hanya saja, masih membutuhkan bimbingan dari dosen. Buku monograf juga dapat digunakan sebagai buku referensi dosen/peneliti untuk melakukan penelitian.

Itulah syarat menulis monograf di penerbit buku Deepublish. Sayang jika hasil penelitian Anda hanya berhenti di publikasi jurnal saja. Mengingat penyebaran jurnal dan makalah terbatas. Lain cerita jika penelitian dan hasil penelitian di konversi menjadi buku monograf, maka peluang dan penyebaran kepada pembaca lebih tertarget dan tersampaikan. Selain itu, Anda yang menerbitkan buku monograf akan memperoleh royalti dari hasil penjualan buku. Ingin proses menerbitkan buku yang yang cepat, fleksibel dan professional hanya di penerbit buku Deepublish. (Elisa)

Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit bukuDeepublish, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang teknik menulis anda dapat melihat Artikel-artikel berikut:

  1. Tiga Kunci Membuat Buku Ajar yang Terstruktur
  2. Cara Mudah Membuat Outline Buku Ajar
  3. Membuat Lead yang Menarik Saat Menulis Buku
  4. Menghindari 5 Kendala Saat Menulis Buku Ajar

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS di sini!

Jika Anda menginginkan EBOOK GRATIS tentang CARA PRAKTIS MENULIS BUKU, silakan download.

Referensi:

Instrumen Penilaian Buku Perguruan Tinggi.Pusat Pengembangan Pendidikan Aktivitas Instruksional – P3AI: ITS.

http://www.snowlife-elisa.com/2018/02/3-aspek-proses-penting-di-dunia.html, di Akses 8 Agustus 2018



This post has been seen 107 times.
(Visited 39 times, 7 visits today)

One Comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *