Cara Menerbitkan Buku

Cara Menerbitkan Buku Ber ISBN

Ada banyak cara menerbitkan buku ber isbn. Siapapun Anda dapat melakukannya, asalkan Anda telah memiliki naskah yang sudah siap diterbitkan. Tapi jika belum? Berarti Anda bisa mulai menulis buku mulai dari sekarang.

Cara menerbitkan buku ber isbn tidak berbeda dengan menerbitkan buku-buku biasa. Catatannya adalah Anda harus menemukan penerbit yang tepat supaya nomer ISBN dapat tercantum dan terverifikasi di Perpusnas. Sebab tidak jarang penerbit yang hanya asal mencantumkan nomer ISBN namun sebenarnya nomer tersebut tidak terverifikasi. Supaya Anda dapat menerbitkan buku dengan ISBN, pada artikel ini akan kami bantu cara menerbitkan buku ber isbn dengan beberapa langkah mudah.

Langkah menerbitkan buku ber ISBN :

  1. Siapkan Naskah.
  2. Penyuntingan atau Revisi.
  3. Biarkan Pembaca Lain Menilai.
  4. Memilih Penerbit.

1. Siapkan Naskah

Menerbitkan buku ber isbn yang pertama yakni dengan menyiapkkan naskah. Naskah buku akan selesai jika Anda mulai menulis dari sekarang. Jangan menganggap menulis sebagai beban. Tulis apa saja yang Anda sukai. Cerita pendek, catatan harian, puisi atau apapun. Penulis harus menguasai materi yang ditulis sehingga tulisan yang dihasilkan berkualitas. Sehingga sebelum menulis, pikirkan apa yang paling Anda sukai, lalu tulislah selengkap dan sedetail mungkin.

Ketika Anda ingin menuliskan tema yang tidak dikuasai, tidak perlu khawatir Anda dapat melakukan riset. Membaca materi yang berkaitan dengan tema atau meminta pendapat ahli dapat menjadi pilihan sehingga tulisan tetap berkualitas dan kaya.

Langkah Lainnya ▲

2. Penyuntingan atau Revisi

Apabila naskah yang kita buat telah selesai dari awal hingga akhir, cara menerbitkan buku ber isbn selanjutnya masuk pada proses penyuntingan atau revisi. Naskah yang sudah jadi biasa kita sebut sebagai draft. Proses ini dilakukan dengan cara membaca kembali tulisan kita dari awal sampai akhir dengan memerhatikan beberapa hal seperti kata per kata, kalimat, keruntutan paragraf, tanda baca, sitasi, hingga daftar pustaka. Hal tersebut penting untuk dilakukan supaya tulisan kita terhindar dari berbagai kesalahan penulisan yang mungkin kita lakukan sebelumnya, baik secara sadar maupun tidak sadar.

Selain itu, tahap ini juga menghindarkan kita dari praktik plagiarisme apabila dalam proses penulisan, kita mengutip tulisan-tulisan dari orang lain. Saat kita melakukan revisi, satu hal yang penting bahwa kita harus memposisikan diri sebagai pembaca sehingga kita bisa secara leluasa merevisinya.

Langkah Lainnya ▲

3. Biarkan Pembaca Lain Menilai

Memberikan tulisan kita kepada teman dekat kita atau orang yang ahli di bidangnya, sesuai dengan materi yang kita tulis. Langkah ini juga penting untuk dilakukan supaya kita bisa mendapatkan penilaian atau respon dari orang-orang yang sekiranya akan menjadi pembaca dari buku kita. Cara menerbitkan buku ber isbn harusnya dapat dinilai secara keseluruhan.

Secara substansi, isi dari buku kita juga perlu diberikan masukan sehingga menjadi penting untuk melibatkan orang-orang yang ahli di bidang pengetahuan yang sedang kita bahas. Apabila masukan dari orang-orang tersebut sudah kita terima dan kita sudah merevisinya kembali, maka langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan dalam menerbitkan buku ber isbn adalah dengan mengirimkannya kepada penerbit buku.

Langkah Lainnya ▲

4. Memilih Penerbit

Seperti yang telah dijelaskan pada beberapa artikel tentang ISBN, cara menerbitkan buku ber ISBN ini tidak bisa sembarangan. Sebagai penulis Anda harus menggandeng penerbit sebagai syarat menerbitkan buku ber isbn. Maka dari itu, Anda perlu cermat dalam memilih penerbit yang dapat dipercaya  baik dari segi kualitas terbitan hingga pemberian nomer ISBN.

Penerbit Deepublish adalah salah satu penerbit berkualitas di Yogyakarta. Meski identik dengan genre buku ajar dan buku referensi, Penerbit Deepublish tetap dapat menjadi mitra Anda untuk menerbitkan buku kesayangan Anda.

Jika Anda tertarik untuk membuat buku, Penerbit Deepublish menfasilitasi Anda untuk berkembang menjadi penulis di sana. Buku Anda akan terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak saja. Tertarik mencobanya? Silakan hubungi Penerbit Deepublish supaya mendapatkan harga cetak terbaiknya.

Langkah Lainnya ▲

Demikian artikel cara menerbitkan buku ber isbn, semoga bermanfaat!


 

Kontributor: Novia Intan

Ayo baca juga artikel: 9 Persiapan Cara Menerbitkan Buku Sendiri


deepublish

Recent Posts

Kasus Self Plagiarisme, Ini Alasan Kenapa Wajib Dihindari

Pernahkah membaca detail mengenai berita yang membahas kasus self plagiarisme? Bagi beberapa orang, plagiarisme jenis…

6 jam ago

Manfaatkan Second Brain untuk Kumpulkan Ide Tulisan

Anda seorang penulis dan sering kehilangan ide menulis karena lupa atau alasan lainnya? Sebagai solusinya,…

6 jam ago

Ketik Ulang agar Tidak Plagiat, Emang Bisa?

Dalam menyusun karya tulis ilmiah maka akan identik dengan penambahan kutipan. Kutipan ini biasanya dicantumkan…

3 minggu ago

8 Cara Mencari Sinonim Kata untuk Prafrase

Salah satu upaya yang umum dilakukan penulis untuk menghindari plagiarisme adalah dengan melakukan parafrase. Teknik…

3 minggu ago

Cara Mengubah Kata agar Tidak Plagiat dan Toolsnya

Ada banyak cara bisa dilakukan peneliti untuk menghindari plagiarisme saat menyusun karya ilmiah, salah satunya…

3 minggu ago

Cara Bebas Finansial bagi Akademisi, Bisa?

Berada di kondisi bebas finansial menjadi impian banyak orang di dunia, bisa jadi Anda termasuk…

3 minggu ago