Kerjasama Institusional

Penerbit Buku Deepublish membuka peluang kerjasama dengan institusi pendidikan dalam hal penerbitan dan pencetakan buku

Overview

Kepemilikan buku pelajaran merupakan hal lumrah yang hampir dimiliki oleh setiap siswa baik di tingkat SD, SMP sederajat, maupun SMA sederajat. Kondisi ini bertolak belakang dengan kepemilikan buku kuliah seorang mahasiswa.

Sedikitnya jumlah buku referensi dan buku ajar yang tersedia saat ini menghambat kegiatan belajar mengajar di tingkat pendidikan tinggi. Bahkan secara tidak langsung sebagai salah satu faktor penyebab lambatnya perkembangan serta implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Isu akan sedikitnya ketersediaan buku ajar dan buku referensi ini telah disadari oleh Kementrian Pendidikan Nasional DIRJEN DIKTI (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi). Oleh karena itu saat ini telah ada kebijakan yang tercakup dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pembuatan buku ajar dan buku referensi oleh dosen sebagai salah satu persyaratan beban kerja dosen, persyaratan kenaikan jabatan akademis dosen, mempengaruhi akreditasi kampus, serta kewajiban khusus profesor. Bahkan dalam upaya meningkatkan minat dosen dalam menulis, DIRJEN DIKTI telah menggulirkan program apresiasi yakni program insentif buku ajar yang sudah diterbitkan oleh penerbit kredibel.

Dalam rangka mendukung penuh kebijakan yang telah ditetapkan oleh DIRJEN DIKTI dan berupaya nyata meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia, sudah semestinya kita melakukan usaha-usaha konkret dalam meningkatkan jumlah ketersediaan buku ajar dan buku referensi di seluruh wilayah Indonesia.

Hal ini menjadi penting karena selain dapat memfasilitasi proses belajar mengajar, pemerataan kualitas pembelajaran mahasiswa, juga dapat memenuhi salah satu persyaratan beban kerja dosen, kenaikan jabatan akademis, promosi dan pencitraan kampus, nilai tambah akreditasi kampus, serta pemenuhan kewajiban khusus profesor.

Usaha konkret ini dapat kita lakukan bersama dalam bentuk kerja sama antara institusi pendidikan tinggi (perguruan tinggi, akademi, istitut, sekolah tingg, universitas) terkait proses penerbitan serta percetakan buku ajar dan buku referensi dengan Penerbit Buku Deepublish Yogyakarta.

 

The Objective

Kerjasama institusional ini memiliki visi misi bersama antara Penerbit Buku Deepublish Yogyakarta dengan institusi pendidikan tinggi antara lain:

  • Meningkatkan Minat dan Produktivitas Dosen institusi tersebut dalam Menulis Buku.
  • Menerbitkan Naskah Buku Ajar dan Buku Referensi Dosen institusi tersebut.
  • Mencetak buku ajar dan buku referensi dengan jumlah sesuai kebutuhan perkuliahaninstitusi tersebut secara berkala dan berkesinambungan.

The Goal

  • Mengumpulkan seluruh modul kuliah sesuai kurikulum, silabus, dan SAP (Satuan Acara Perkuliahan) kemudian secara bertahap mengubah dan menerbitkannya menjadi buku ajar.
  • Mengadakan workshop penulisan buku ajar dan buku referensi untuk rekan-rekan dosen dan melakukan pendampingan jarak jauh dalam proses menulis buku.
  • Monitoring proses penerbitan, percetakan, pengiriman barang, pembayaran biaya cetak, dan pendistribusian buku ajar dan buku referensi.

The Solution

  • Rekomendasi #1: Pimpinan Institusi menunjuk satu orang koordinator pelaksana kerja sama ini dengan Penerbit Deepublish.
  • Rekomendasi #2: Pimpinan Institusi menginformasikan kepada seluruh rekan dosen untuk segera menyiapkan dan mengumpulkan naskah buku ajar dan buku referensi ke koordinator pelaksana.
  • Rekomendasi #3: Pimpinan Institusi memastikan ketepatan waktu pembayaran biaya cetak serta ketepatan sasaran pendistribusian buku.

Our Proposal

Kami percaya setiap Institusi Pendidikan Tinggi selalu berupaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi Indonesia. Setiap Institusi Pendidikan Tinggi berkomitmen kuat memberi pendidikan terbaik untuk mahasiswanya sehingga dapat menghasilkan lulusan terbaik, siap pakai dalam dunia kerja, dan mampu berwirausaha.

Upaya yang dilakukan setiap Institusi Pendidikan Tinggi dapat lebih efektif dengan adanya sarana pendidikan yang memadai. Sarana pokok yang diperlukan adalah ketersediaan buku ajar dan buku referensi dan digunakan pada kegiatan perkuliahan mahasiswa.

Di sisi lain, penerbitan buku ajar dan buku referensi juga diperlukan untuk kepentingan para dosen pengajar. Dengan menerbitkan buku ajar, dosen telah melaksanakan salah satu tugas di bidang pendidikan dan pengajaran serta berhak memperoleh poin kredit sebesar 20 poin, atau setara dengan membimbing skripsi mahasiswa sebanyak 20 orang.

Begitu pula dengan menerbitkan buku referensi. Jika dosen berhasil menerbitkan buku referensi, maka ia telah melaksanakan salah satu tugas di bidang penelitian dan pengembangan karya ilmiah, serta berhak memperoleh poin kredit maksimal sebesar 40 poin, atau setara dengan menyajikan makalah penelitian seminar nasional sebanyak 4 makalah. Dengan demikian, menulis buku ajar dan buku referensi menjadi alternatif yang sangat efisien bagi dosen untuk memperoleh poin kredit.

Untuk seorang profesor, terdapat kewajiban khusus profesor yakni membuat buku. Buku yang dibuat adalah berupa buku yang sesuai dengan rumpun keahliannya dan atau sesuai dengan jabatan yang pernah atau sedang diembannya (pengalaman menjabat), diterbitkan oleh lembaga penerbit nasional ataupun internasional yang mempunyai ISBN (International Standard of Book Numbering System).

Buku merupakan media pembelajaran yang tidak akan pernah hilang oleh waktu. Sebagai seorang pendidik, buku merupakan amal jariah jika ilmunya dimanfaatkan secara positif, serta alat promosi dan pencitraan yang sangat power full impact untuk dosen dan Institusi pendidikannya.

Berbagai manfaat ini tentu saja sangat layak untuk di tindak lanjuti segera oleh setiap Institusi Pendidikan Tinggi dengan mengeksekusi proposal kerja sama Penerbit Deepublish ini.

Perlu diketahui bahwa Penerbit Deepublish memiliki cita-cita untuk mengajak seluruh perguruan tinggi dengan jumlah 3.958 institusi, tenaga edukatif dengan jumlah 257.586 orang, dan mahasiswa terdaftar dengan jumlah 6.453.252 orang (Data Statistik Pendidikan Indonesia BPS, 2013/2014), berpartisipasi aktif menjadi mitra kerja, penulis, dan pembaca buku-buku Penerbit Deepublish. Hingga akhir tahun 2015, Penerbit Deepublish baru menerbitkan ±1.000 judul buku, ±700 penulis dosen, serta ±120.000 eksemplar cetak.

Perjalanan Penerbit Deepublish masih sangat panjang. Kami ingin setiap Institusi Pendidikan Tinggi dapat membantu untuk merealisasikannya. Karena ada impian lain yang ingin kami wujudkan kemudian, yakni menciptakan puluhan ribu lapangan pekerjaan baru dari hasil penelitian terapan bernilai ekonomi rekan dosen dan mahasiswa, berbasis pemanfaatan SDA (Sumber Daya Alam) Indonesia.

Execution Strategy

Strategi eksekusi bisnis kami menggunakan metodologi yang terbukti mencapai hasil yang memuaskan dalam hal proses produksi, customer care, administrasi keuangan, serta pengelolaan human capital. Deskripsi singkat di bawah ini akan menjelaskan proses bisnis yang kami gunakan, bagaimana kerja sama ini dilakukan, timeline kerja sama, dan rekomendasi tahapan kerja sama yang akan dilakukan.

  • Proses Pra Cetak : Penerbit Deepublish menggunakan skala prioritas dan antrian EDD (Earliest Due Date). Kegiatan yang dilakukan adalah desain cover, layout naskah, proof read naskah, editing naskah (opsional), quality control naskah, dan pengurusan legalitas ISBN.
  • Proses Cetak dan Pasca Cetak : Penerbit Deepublish menggunakan strategi produksi MTO (Make To Order). Kegiatan yang dilakukan adalah percetakan naskah, penyusunan naskah, quality control hasil cetakan, percetakan cover, laminasi cover, quality control cover, penjilidan buku, quality control buku, pengemasan buku, pengepakan buku, dan pengiriman buku. Jumlah buku yang dicetak disesuaikan dengan kebutuhan tanpa jumlah minimal cetak. Tentunya suatu hal yang wajar jika semakin banyak jumlah buku yang di cetak, maka biaya cetak semakin terjangkau.
  • Customer Care : Penerbit Deepublish akan berkoordinasi dengan penulis dan koordinator pelaksana yang di tunjuk oleh Institusi terkait secara intensif terkait pelaporan proses produksi, revisi isi naskah dan cover, penentuan deadline sampel buku dan deadline cetak buku, pengiriman paket buku, penentuan biaya produksi, penentuan harga jual buku, serta penentuan deadline biaya cetak buku yang harus di bayar oleh penulis atau Institusi kepada Penerbit Deepublish.
  • Motivasi, Pelatihan, dan Pendampingan Menulis : Penerbit Deepublish secara berkala akan memberikan motivasi rekan-rekan dosen agar tetap semangat dalam menulis buku, melakukan pelatihan menulis kepada dosen yang membutuhkan bantuan dalam menulis. Pendampingan menulis dilakukan dengan cara Penerbit Deepublish memberikan buku panduan menulis buku gratis untuk rekan-rekan dosen, dimana melalui panduan dalam buku tersebut, dosen akan lebih mudah menyelesaikan naskah bukunya.

Expected Results

Penerbit Deepublish selalu berusaha mewujudkan kerja sama yang saling menguntungkan dengan para pihak, penuh keterbukaan dan transparansi dalam prosesnya, serta memberikan pelayanan dan kualitas produk terbaik. Berikut adalah benefit yang akan diperoleh oleh para pihak :

Financial Benefits

  • Hasil #1: Royalti Dosen Penulis Buku yang Jumlahnya Ditentukan oleh Institusi sendiri.
  • Hasil #2: Bagi Hasil atau Fee Pihak-Pihak Terkait yang Jumlahnya Ditentukan oleh Institusi sendiri.
  • Hasil #3: Keuntungan dari Transaksi Biaya Cetak Buku untuk Penerbit Deepublish
  • Hasil #4: Bonus Gratis Ongkos Kirim bagi Institusi sendiri.

Technical Benefits

  • Hasil #1: Membantu Rekan-Rekan Dosen memperoleh Poin Kredit
  • Hasil #2: Membantu Rekan-Rekan Dosen dalam menulis melalui pelatihan menulis yang diadakan oleh Penerbit Deepublish.
  • Hasil #3: Membantu Meningkatkan Akreditasi Institusi Pendidikan Tinggi terkait, Memenuhi Tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi
  • Hasil #4: Membantu Mahasiswa dalam Kegiatan Belajar Mandiri dan Peningkatan Budaya Membaca Buku

Other Benefits

  • Hasil #1: Meningkatkan Rasa Kebanggaan Mahasiswa Terhadap Dosen dan Kampus Institusi terkait.
  • Hasil #2: Meningkatkan Rasa Kebanggaan, Kepercayaan Diri, dan Produktivitas Dosen Penulis Buku
  • Hasil #3: Meningkatkan Citra, Nama Baik, Branding dan Soft Promotion Institusi.
  • Hasil #4: Institusi Berhak Mencantumkan Logo Kampus di Setiap Buku yang Diterbitkan

Special Discount and Bonus

Biaya Pelayanan Penerbitan per Judul Buku Biaya
Desain Cover Buku (Rp 250.000)
Layout dan Proof Read Naskah Buku (Rp 350.000)
Legalitas ISBN (Rp 250.000)
Percetakan Sampel Buku (Rp 150.000)
Diskon Spesial untuk Institusi yang bekerjasama dengan Penerbit Deepublish Sebesar 100% (Seratus Persen) Rp 1.000.000
Total Biaya Pelayanan per Judul Buku Rp 0

Institusi dalam proses penerbitan hanya membayar biaya cetak saja, Sedangkan biaya pelayanan penerbitan bagi institusi yang telah bekerjasama dengan Penerbit Deepublish diberikan diskon sebesar 100%

Selain itu, Institusi yang bekerjasama dengan Penerbit Deepublish juga dapat bonus Spesial berupa pelatihan menulis buku dan mendapat buku panduan menulis secara GRATIS.

Bonus : Workshop Penulisan Buku dan Buku Panduan Menulis Nilai Bonus
Workshop Penulisan Buku Rp 3.000.000
Buku Panduan Menulis (100 eksemplar) Rp 2.500.000
Total Bonus Spesial untuk Instistusi yang bekerja sama dengan Penerbit Deepublish Sebesar Rp 5.500.000

Conclusion

Kami sangat senang, bersemangat, dan serius bekerja sama dengan Institusi Pendidikan Tinggi di Indonesia. Kami akan membantu penuh dalam memotivasi rekan-rekan dosen untuk menulis buku ajar dan buku referensi. Kami yakin dengan dilaksanakannya kerja sama ini, produktivitas Institusi terkait akan meningkat, nama baik, citra, dan branding  lebih memukau, kebanggaan mahasiswa terhadap almamaternya memuncak, dan pada akhirnya Institusi Pendidikan Tinggi Indonesia dapat lebih maju dan terdepat di dunia..

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait proposal ini, silahkan hubungi:

Customer Care Executive

 

 

 

 

 

Farida Nurul Hidayati, S.P.

Email [email protected]

telepon/SMS ke 081362311132.

Selanjutnya tim kami akan menghubungi Anda untuk info lebih lanjut. Atas perhatian yang baik, kami ucapkan terima kasih.

(Visited 178 times, 1 visits today)