Cara membuat Buku | Menulis Buku sebagai Media Belajar dan Berbagi

Mengetahui manfaat menulis sebagai sebelum mempelajari cara membuat buku

cara membuat buku penerbit buku

Sebelum belajar cara membuat buku, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu manfaat menulis buku, yaitu menulis buku sebagai media belajar dan berbagi.

Cara Membuat Buku | Pekerjaan sebagai penulis bukan lagi menjadi profesi yang langka di masa ini. Banyak orang yang mulai menulis artikel, blog, dan lain-lain. Dari orang-orang tersebut hanya sedikit yang berminat untuk menulis buku dan menerbitkannya ke penerbit buku. Memang, ada banyak sekali jenis tulisan seperti artikel, berita, essai, dan sebagainya. Tetapi satu hal yang sebaiknya Anda ketahui yaitu bahwa menulis buku adalah sebuah media untuk Anda belajar dan berbagi.

Ada beberapa hal yang umumnya menjadi alasan orang-orang yang merasa malas menulis buku. Salah satu sebabnya yaitu belum mengetahui cara membuat buku yang baik dan benar, juga terlalu banyak proses yang harus dilalui saat akan menulis buku. Selain itu, bisa juga karena orang-orang malas berinteraksi dengan penerbit buku. Terlepas dari banyaknya tahap menulis buku, ada banyak sekali manfaat yang akan didapatkan ketika seseorang menulis buku.

Berikut ini adalah beberapa manfaat menulis buku menurut seorang penulis.

  1. Sebagai Batu Loncatan

Maksud dari batu loncatan di sini adalah sebagai salah satu sumber penghasilan. Kebanyakan penulis akan mendapatkan royalti dari penjualan buku yang telah dihasilkan.

  1. Buku Menjadi Investasi

Ada dua macam investasi yang akan didapatkan ketika kita menulis buku, yaitu investasi dunia dan investasi akhirat. Maksud dari investasi dunia adalah segala yang berkenaan dengan keduniaan seperti jabatan, materi, nama, dan lain-lain.

Yang kedua adalah sebagai investasi akhirat adalah berupa investasi yang dikenal oleh orang Islam sebagai amal jariyah. Dengan menulis berarti kita membagikan ilmu yang kita miliki kepada orang lain. Ketika apa yang kita sampaikan melalui buku kita dapat menjadi sesuatu yang berguna bagi pembaca, maka kita akan mendapatkan pahala darinya.

  1. Buku Dapat Membuat Kita Terkenal

Menulis buku dapat membuat seseorang menjadi terkenal. Ketika seseorang membaca buku tersebut dia juga akan mencari tahu siapa orang yang menulis buku itu. Semakin banyak buku yang ditulis akan semakin banyak orang yang mengenal dia. Apalagi, jika buku yang ditulis termasuk dalam buku-buku berkualitas dan best seller.

Ketiga manfaat di atas adalah manfaat menulis buku untuk personal branding. Selain ketiga manfaat di atas ada beberapa hal yang akan Anda dapatkan ketika Anda menulis buku, sebagai berikut:

  1. Kemampuan

Menulis buku adalah proses belajar menuangkan ide dan gagasan kita dalam sebuah tulisan yang sistematis dan efektif. Semakin banyak buku yang ditulis maka kemampuan menulis juga akan semakin berkembang. Sebagai pemula terkadang masih merasa kesulitan dalam menulis buku, tetapi jika sering dilatih Anda akan semakin menguasai kemampuan menulis yang baik.

  1. Disiplin

Menulis buku juga melatih Anda untuk menjadi disiplin dan mengubah sudut pAndang Anda terhadap sebuah proyek. Anda akan mulai terbiasa dengan deadline dalam mengerjakan tulisan-tulisan sehingaa secara tidak langsung Anda akan dapat memetakan tugas-tugas Anda dan membagi waktu untuk mengerjakannya.

  1. Konten

Berbeda dengan menulis artikel atau postingan di blog, menulis buku membutuhkan lebih banyak konten. Semakin banyak buku yang Anda tulis semakin banyak konten yang Anda hasilkan. Anda juga dapat mem-publish­ konten-konten tersebut di website atau blog Anda.

  1. Sudut Pandang

Dalam proses penerbitan sebuah buku, ada banyak proses yang harus dilalui. Berbeda dengan menulis artikel yang bisa Anda lakukan sendiri dengan proses yang sederhana. Menulis buku melalui beberapa tahap seperti pengajuan naskah, editing, revisi naskah dan lain-lain. Tahapan-tahapan tersebut akan membuat Anda bekerja dengan orang lain.

Jika menulis artikel dapat Anda kerjakan dalam waktu 1 atau 2 jam, menulis buku akan membutuhkan beberapa bulan.

  1. Rasa Percaya Diri

Anda akan merasa lebih percaya diri karena sebagai mana disebutkan di atas bahwa menulis buku merupakan salah satu media personal branding. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa 85 persen orang memiliki keinginan untuk menulis buku, tetapi hanya 5 persen yang berhasil. Ketika Anda berhasil menulis sebuah buku, buku Anda akan menjadi bukti bahwa Anda tidak hanya ahli dalam bidang Anda, tetapi juga dapat menyampaikan kepada orang lain dengan baik.

  1. Keingintahuan

Pada intinya menulis adalah aktivitas menuangkan gagasan dan ide dan mencoba untuk membagikannya kepada orang lain. Tetapi pada faktanya dalam proses menulis tersebut Anda juga akan lebih banyak membaca untuk menambah konten dalam tulisan Anda. Semakin banyak Anda membaca Anda akan semakin bertambah penasaran akan suatu hal bahkan sesuatu diluar bidang Anda.

Kegiatan menulis bukan hanya tentang Anda berbagi gagasan dan ilmu dengan para pembaca, tetapi juga Anda akan belajar. Dengan menulis Anda akan belajar berbagai hal baru, termasuk bagaimana cara menyampaikan gagasan Anda dengan baik dan efektif, bagaimana menyelesaikan sebuah proyek tepat waktu, dan banyak lagi pelajaran lain yang akan didapatkan.

Referensi :

  1. https://penerbitbukumurah.wordpress.com/2011/11/26/tiga-manfaat-menulis-buku/
  2. http://www.personalbrandingblog.com/7-often-overlooked-reasons-to-write-a-book/

Sekian Artikel “Cara membuat Buku | Menulis Buku sebagai Media Belajar dan Berbagi” semoga artikel ini bisa bermanfaat. Selain itu Anda bisa juga membaca artikel berikut:

Cara membuat Buku Sendiri : Punya Pengalaman Menarik? Yuk Kita Bagi

Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis kami, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. di penerbit buku Deepublish

[Niki Hidayati]



This post has been seen 1398 times.
(Visited 358 times, 1 visits today)

One Comment

Leave a Reply
  1. Memang benar, dengan menulis buku kita bisa mendapatkan manfaat sebagaimana artikel diatas. Sekedar menambahkan, dengan menulis buku diri kita juga akan memperoleh amal jariyah, jika buku tersebut mengulas tentang ilmu agama yang bermanfaat dan memperoleh pahala jika diterapkan di dunia nyata.

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *