fbpx

Biaya Menerbitkan Buku di Penerbit Deepublish Sesuai Jenis Buku

Saat ini biaya menerbitkan buku tidaklah mahal. Ada banyak cara untuk menerbitkan buku. Pertama dari penerbit buku mayor. Namun biasanya penerbit besar (mayor) menerima naskah dengan banyak pertimbangan, salah satunya genre tulisan yang dikirim harus sejalan dengan visi dan misi mereka. Bisa dikatakan, ada 4 quadran untuk karya tulis :

  • Bagus dan memiliki nilai jual
  • Tidak bagus tapi memiliki nilai jual
  • Bagus tapi tidak memiliki nilai jual
  • Tidak bagus dan tidak memiliki nilai jual

Nah, dari 4 quadran tersebut, yang hanya nomor satu dan dua saja yang biasanya mendapat lampu hijau dari penerbit. Ada kemungkinan nomor 3 akan diterima oleh penerbit, namun tidak seluruh penerbit bisa menerima karya yang termasuk dalam quadran ketiga tersebut. Bagaimana dengan kuadran ke empat? Nah, bila karya Anda masuk dalam kategori tersebut, berarti musti diperbaiki lagi, editing lagi dan dibenahi lagi. Bila perlu “bongkar” dan perbaiki total agar masuk dalam dua quadran paling atas.

Berikut ini beberapa jenis hitungan biaya menerbitkan buku :

  1. Menerbitkan Buku Mayor.
  2. Menerbitkan Buku Indie.
  3. Biaya Menerbitkan Buku di Penerbit Deepublish.

Hitungan Biaya Menerbitkan Buku Mayor

Jika Anda memilih untuk berjuang supaya masuk penerbit mayor mungkin Anda akan mendapatkan royalti 10-15 persen. Berarti bila buku Anda dijual dengan harga Rp 50.000, Anda hanya akan mendapat royalti sekitar Rp 5.000 sampai 7.500 per eksemplar. Bila seandainya, ada 100 buku yang terjual dalam waktu satu bulan, maka Anda hanya akan mendapatkan royalti sekitar Rp 500.000 sampai Rp 750.000 per bulan. Bila berhasil habis 500 eksemplar misalnya, maka keuntungan yang akan didapat penulis adalah Rp 2.500.000 hingga Rp 3.750.000.

biaya menerbitkan buku

Di sini memang Anda tampak tak mengeluarkan biaya apapun alias gratis. Tapi perlu disadari perjuangan untuk lolos ke penerbit mayor tidaklah mudah. Anda harus melewati banyak tahapan dan penilaian dari penerbit. Belum lagi waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan konfirmasi dari penerbit.

Jenis Hitungan Biaya ▲

Hitungan Biaya Menerbitkan Buku Indie

Sedangkan, bila Anda menerbitkan Indie dan mencetak sekitar 500 buku (kebanyakan penerbit indie meletakkan angka ini sebagai angka minimal) maka biayanya berkisar dari angka Rp 5 juta – Rp 7,5 juta. Berarti modal per buku, setelah ditambah biaya cover, ISBN, editing dan layout adalah sekitar Rp 15.000 –  Rp 30.000 per buku. Dengan harga jual Rp 50.000, berarti keuntungan yang bisa didapat penulis adalah sekitar Rp 20.000 per buku. Bila berhasil menjual 100 eksemplar saja perbulan, berarti penulis sudah mendapatkan Rp 5.000.000 yang sudah mengembalikan modal awalnya. Nah, masih ada 400 eksemplar buku dengan total keuntungan bisa mencapai Rp 8 juta bila habis semuanya.

biaya menerbitkan

Dengan angka 500 eksemplar, bila Anda menerbitkan buku tersebut lewat penerbit mayor maka Anda akan mendapatkan penghasilan hingga Rp 3.750.000 sedangkan lewat penerbit indie, Anda akan mendapatkan sekitar Rp 8.000.000.

Jenis Hitungan Biaya ▲

Biaya Menerbitkan Buku di Penerbit Deepublish

Salah satu penerbit indie yang memiliki biaya menerbitkan buku terjangkau adalah Deepublish. Penerbit Deepublish adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penerbitan dan percetakan buku. Penerbit Deepublisj spesialis menerbitkan buku ajar dan buku referensi pendidikan perguruan tinggi. Untuk buku umum juga bisa dibantu penerbitannya. Biaya menerbitkan buku di Penerbit Deepublish adalah Gratis. Penulis akan memperoleh fasilitas: Desain cover, layouting, proses ISBN sampai finishing dan cetak dummy serta publikasi melalui online marketing dan ebook secara gratis (free). Biaya pelayanan akan dihitung per judul buku:

  • Desain Cover Buku (Rp 250.000)
  • Layout dan Proof Read Naskah Buku (Rp 350.000)
  • Legalitas ISBN (Rp 250.000)
  • Percetakan Sampel Buku (Rp 150.000)
  • Diskon Khusus untuk Pendaftar Penulis. Rp 1.000.000
  • Total Biaya Pelayanan per Judul Buku Rp 0

Penulis hanya mengganti biaya cetak saja. Menerbitkan buku di Penerbit Buku Deepublish tidak ada minimum oplah mencetak, karena jumlah cetak disesuaikan kebutuhan penulis.

Jenis Hitungan Biaya ▲

Demikian pembahasan biaya menerbitkan buku di Penerbit Deepublish. Semoga bermanfaat!


 

Kontributor: Novia Intan

Ayo baca juga artikel: 9 Persiapan Cara Menerbitkan Buku Sendiri


Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

hubungi deepublish

kantor deepublish

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk mengubungi Penerbit Buku Deepublish.

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© Penerbit Buku Deepublish