Salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Surabaya, Jawa Timur baru saja menggelar Dies Natalis yang ke-41. Yakni Universitas Dr. Soetomo yang akrab dikenal sebagai Unitomo. 

Unitomo kini sudah memasuki tahun ke-41 yang menjadi bukti pengabdiannya dalam mengembangkan pendidikan tinggi nasional. Penyelenggaraan Dies Natalis Unitomo ke-41 sendiri dilakukan pada Senin (22/08). 

Dies Natalis Unitomo ke-41 

Hari jadi Unitomo sendiri selalu diperingati setiap 31 Juli, hanya saja karena beberapa hal sehingga peringatan tersebut diundur sampai bulan Agustus 2022. Peringatan Dies Natalis dilakukan melalui Rapat Terbuka Senat dan dihadiri sejumlah pihak. 

Acara juga diisi dengan sambutan dari Rektor Unitomo, yakni Dr. Siti Marwiyah, S.H., M.H. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan harapan Unitomo bisa semakin unggul dan mampu bersaing dengan seluruh perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. 

“MAJU berarti Mekar, Adaptif, Jejaring, dan Unggul,” katanya pada puncak peringatan Dies Natalis ke 41, Senin (22/8/2022). 

Selama 41 tahun menjadi penyelenggara kegiatan pendidikan tinggi, tentunya pihak Unitomo sudah melewati masa pasang dan surut. Bisa mencapai usia empat dekade lebih dan dengan catatan prestasi yang terus berkembang adalah sebuah kebanggaan. 

Namun, harus diakui bahwa Unitomo masih belum selesai berjuang untuk MAJU sesuai dengan apa yang disampaikan Rektor Unitomo dalam Dies Natalis Unitomo ke-41. Harapannya setelah ini Unitomo bisa lebih baik lagi dan menorehkan banyak prestasi. 

Masa sulit dihadapi Unitomo ketika pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia. Masa-masa sulit tersebut berhasil dilewati dengan baik berkat dukungan seluruh pihak di Unitomo dan masyarakat luas. 

Sehingga pada hari jadinya yang ke-41, Unitomo masih diberi kesempatan untuk memperingatinya dalam Rapat Terbuka Senat. Selain itu, masih banyak dosen dan mahasiswa yang berhasil menorehkan prestasi dan mengharumkan nama Unitomo. 

Salah satu prestasi para dosen di Unitomo adalah tetap giat dalam melaksanakan Tri Dharma, mulai dari pendidikan, penelitian dan publikasi, sampai pengabdian kepada masyarakat. 

Terkait penelitian dan publikasi, tercatat masih banyak dosen di Unitomo yang produktif menulis dan melakukan publikasi. Baik publikasi dalam bentuk jurnal, prosiding, maupun dalam bentuk menerbitkan buku. 

Berbagai strategi kemudian perlu disusun untuk mempersiapkan Unitomo bisa semakin MAJU. Sehingga mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain dan terkemuka di tanah air. Sekaligus terus berkontribusi dalam mengembangkan kualitas pendidikan nasional. 

Penerbit Deepublish Mengucapkan Selamat Atas Dies Natalis Unitomo ke-41

Salah satu dosen di Unitomo, tercatat sebagai salah satu penulis di penerbit deepublish dan telah menerbitkan buku berjudul “Manajemen Rumah Sakit”. Yaitu Prof. Dr. Hj. Sedarmayanti, M.Pd, APU., yang juga merupakan salah satu Guru Besar di Unitomo. 

Prof. Dr. Hj. Sedarmayanti, M.Pd, APU
Prof. Dr. Hj. Sedarmayanti, M.Pd, APU, guru besar Unitomo yang merupakan penulis Deepublish.

Penerbit deepublish mengucapkan selamat atas Dies Natalis ke-41 Unitomo yang diselenggarakan pada 22 Agustus 2022. Lewat peringatan ini sekaligus membuktikan Unitomo menjadi perguruan tinggi swasta besar dan sukses menghadapi rintangan. 

Khususnya rintangan dalam menjaga profesionalitas menyediakan layanan pendidikan tinggi berkualitas di tengah masa pandemi. Masa sulit selama pandemi menjadi salah satu sumber kekuatan bagi Unitomo untuk bertahan dan terus mengembangkan diri. 

Harapannya kedepan, Unitomo semakin besar dan semakin dikenal oleh masyarakat luas. Sekaligus semakin banyak menorehkan prestasi dari seluruh civitas di dalamnya, mulai dari mahasiswa, dosen, sampai tenaga kependidikan. 

Semakin banyak pula dosen di Unitomo yang produktif menulis dan mempublikasikan karya tulisnya. Sehingga ikut berkontribusi dalam menyediakan literatur berkualitas bagi masyarakat di tanah air.