Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan

Yogyakarta, Penerbit Buku Pendidikan Deepublish dan Autoimun Care menyelenggarakan kegiatan sosial ditengah masyarakat Desa Drono, Ngaglik, Sleman berupa donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Penerbit Buku Pendidikan Deepublish terhadap masyarakat yang membutuhkan mengingat selama ini ketersediaan darah di PMI (Palang Merah Indonesia) dan Bank darah juga semakin menurun.

Dalam kegiatan sosial ini, Penerbit Buku Pendidikan Deepublish terbantu oleh peran serta masyarakat sekitar. Kegiatan yang berlangsung di halaman masjid Baiturrahman Desa Sardonoharjo tersebut berhasil menyedot perhatian. Terbukti puluhan lansia ikut serta dalam pemeriksaan kesehatan dan para pemudanya ikut berpartisipasi dalam menyumbangkan darah.

Menurut Suraji bagian administrasi PMI Kab Sleman, kegiatan donor darah dapat memberikan berbagai manfaat jika dilakukan secara rutin, seperti dapat menambah kekuatan metabolisme tubuh, menambah kesehatan jantung dan membuat darah mengalir lebih lancar. Selain itu donor darah juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah yang ada pada tubuh manusia.

Stok darah PMI untuk saat ini memang masih dapat dikatan aman. Namun permintaan yang tidak hanya dari DIY, membuat PMI ekstra untuk menggemborkan aksi donor darah bagi masyarakat. Slogan PMI “Donor Itu Keren” membuat karyawan Penerbit Deepublish yang mayoritas adalah anak muda tertarik ikut andil dalam aksi donor darah tersebut.

Wakil Ketua Bidang Pelayanan Unit Tranfusi Darah PMI DIY Suryanto mengatakan, ketersediaan stok darah PMI se-DIY sejak pertengahan Ramadhan hingga musim liburan pasca lebaran sudah mulai menipis sehingga perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak.

Beliau menjelaskan, saat memasuki momentum Lebaran permintaan pelayanan darah tetap, namun biasanya jumlah pendonor menurun atau tidak memenuhi syarat donor darah karena faktor kelelahan. “Kami berharap masyarakat Yogyakarta, terutama yang sudah mendapatkan SMS Cinta dari PMI untuk berdonor darah kembali bisa meluangkan waktu berdonor darah di Unit Tranfusi Darah PMI terdekat untuk menambah ketersediaan stok darah,” kata Suryanto.



This post has been seen 171 times.
(Visited 32 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *