Info harga percetakan buku bisa kita dapatkan dari beragam macam platform. Namun sebelum menentukan harga percetakan buku, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tentang contoh-contoh percetakan yang ada di Indonesia.

Definisi percetakan sendiri adalah sebuah proses industri untuk memproduksi secara massal tulisan dan gambar, terutama dengan tinta di atas kertas menggunakan sebuah mesin cetak. Harga percetakan buku dahulu hanya terbatas pada produk percetakan. Namun sekarang tidak, ada beragam variasi produk percetakan yang bisa kita nikmati.

Terdapat beberapa alasan mengap para konsumen atau pelanggan menggunakan jasa percetakan. Selain lebih efektif, ternyata ada beberapa alasan lain yang melatarbelakangi hal ini. Supaya Anda bisa memahami alasan dibalik laku kerasnya jasa ini dimata konsumen,

download ebook gratis

Berikut ini keunggulan menggunakan jasa percetakan :

  1. Setiap percetakan telah memuliki desain terbaik untuk setiap produk cetak yang  dibutuhkan pelanggannya. Hal ini akan membuat mereka semakin mudah dalam memilih desain yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, baik untuk bisnis, tujuan promosi dan lainnya.
  2. Pengerjaan projek akan dilakukan lebih cepat karena peralatan lengkap untuk melakukan digital printing bervolume besar.
  3. Biaya pengerjaan relatif lebih murah dibandingkan pengerjaan yang Anda lakukan sediri. Baik biaya cetak, printer, tinta, listrik, operator, dan lainnya pastinya lebih mudah.
  4. Lebih ramah lingkungan, karena sistem dan cara kerja mesin cetak dikelola dengan baik sehingga proses pembuangan sampah limbah lebih terorganisir.
  5. Menawarkan kualitas yang lebih baik karena telah menggunakan mesik berteknologi tinggi dan dilengkapi dengan tenaga ahli yang profesional.

Untuk memilih jasa percetakan yang tepat Anda harus memahami apa saja yang harus ditanya dan dipastikan kepada vendor percetakan. Sebagai konsumen, Anda berhak memperoleh jasa percetakan yang berkualitas dan mendapatkan harga percetakan buku yang pas.

Apalagi jika kebutuhan Anda masih tidak terlalu banyak atau Anda mau memulai usaha baru, sangat wajar jika Anda ingin menghemat biaya pengeluaran dengan mencari percetakan yang murah.

Utamakan yang Reputasi Percetakan yang Baik

Anda bisa memilih harga percetakan buku berdasarkan reputasi mereka. Anda bisa menilai dari testimonial dari klien yang sudah pernah menggunakan jasa percetakan tersebut. Semakin banyak testimonial positif yang diberikan pada suatu jasa, maka kemungkinan besar jasa tersebut memang terpercaya dan membuat pelanggannya merasa puas.

Di era digital seperti ini ada banyak cara untuk Anda mengetahui jasa percetakan yang Anda pilih direkomendasikan atau tidak. Anda bisa melihat dari ylasan di Google atau buka website resminya. Anda juga bisa mencari informasi di website resmi yang biasanya telah dicantumkan portfolio atau daftar klien yang pernah bekerjasama dengan jasa tersebut.

Kelengkapan Produk yang Ditawarkan

Dalam memilih harga percetakan buku adalah dengan mengecek produk yang ditawarkan. Sebuah jasa percetakan yang berkualitas pasti menawarkan beragam produk secara lengkap,  mulai dari cetak spanduk, kaos, jersey, stiker, poster, buku, brosur, sampai dengan backlite.

Mengingat kebutuhan setiap pelanggan pasti berbeda-beda, jadi sudah sepantasnya sebuah jasa percetakan menyediakan pilihan produk yang cukup lengkap. Biasanya percetakan yang sudah profesional telah memiliki daftar atau katalog buku yang bisa Anda baca dan pelajari.

Yang jelas Anda wajib memilih jasa percetakan yang memang menawarkan beragam pilihan produk seperti ini.

Cek Kualitas Hasil Produksi

Sebagai konsumen Anda berhak melihat hasil portfolio dari jasa percetakan yang ingin Anda pilih. Tidak ada salahnya kok jika Anda meminta sample atau contoh produk hasilnya. Anda bisa mengetahui hasil produksinya dari website untuk mengetahui hasil produksinya, meski begitu Anda bisa juga melihat langsung.

harga percetakan buku

Sampaikan kepada staf jasa yang Anda pilih untuk melihat portfolionya secara langsung. Dari hasil produksi yang Anda lihat, tentu saja Anda jadi bisa menilai kualitas jasa percetakan tersebut. Jika kualitasnya memang sesuai dengan yang Anda inginkan, Anda boleh melanjutkan saja proses transaksinya. Namun, jika kualitasnya ternyata tidak sebagus yang Anda pikir, mulailah mencari jasa percetakan lainnya.

Memberikan Pelayanan yang Baik

Pelayanan yang baik adalah salah satu penilaian penting dalam memilih jasa harga percetakan buku. Hal ini dikarenakan ada banyak vendor percetakan yang belum tentu kita tahu bagaimana kualitasnya. Kriteria pelayanan yang baik bisa dinilai dari kecepatan merespon pelanggan, staf yang komunikatif dalam menjawab atau mendiskusikan sesuatu dengan pengguna jasa, dan keramahan dalam berkomunikasi. Ketika Anda memperoleh pelayanan yang baik, Anda pasti akan merasa nyaman untuk melanjutkan transaksi dengan vendor tersebut.

Berapa Biaya Cetaknya

Agar tidak buang-buang waktu, cobalah untuk menanyakan harga percetakan buku terlebih dahulu ketika pertama kali menghubungi jasa percetakan. Dengan begitu Anda jadi bisa membuat pertimbangan lainnya setelah sreg dengan harga yang ditawarkan. Akan tetapi, sebagai pengguna jasa kamu juga harus bijaksana, ya! Ingatlah motto: “Ada harga, ada kualitas” sebelum membuat penilaian. Kalau kualitasnya memang sebanding dengan harganya, tentu saja vendor tersebut sangat pantas untuk dipilih.


 

Kontributor: Novia Intan

Ayo baca juga artikel: