Memasuki bulan Januari kemarin, Penerbit Deepublish merayakan hari jadi yang ke-11, tepatnya pada tanggal 11 Januari 2021. Penerbit Deepublish merupakan salah satu jasa Penerbit Buku yang berbasis di kota Yogyakarta. Tanpa terasa jasa penerbitan ini sudah berumur lebih dari satu dekade. 

Perjalanan 11 Tahun Berkarya di Penerbitan 

Jauh sebelum Penerbit Deepublish meraih Juara 1 Nasional untuk program Wirausaha Muda Mandiri (WMM) dalam kategori Perdagangan dan Jasa sekaligus berkesempatan untuk memperoleh penghargaan lainnya. 

Deepublish dirintis dari sebuah usaha fotokopi kecil yang beroperasi untuk pertama kalinya di tahun 2010. Deepublish sendiri dirintis oleh An Nur Budi Utama, yang merupakan sosok wirausaha muda kreatif. 

download ebook gratis

Siapa sangka dari hanya sebuah jasa fotokopi kemudian bisa terus berkembang menjadi jasa percetakan dan penerbitan buku. Perjalanan satu dekade lebih ini tentu tidak mudah, proses pengembangan usaha mengalami masa pasang surut. 

Berbagai kendala dihadapi oleh seluruh tim di dalam Penerbit Deepublish. Semua jerih payah tersebut pada akhirnya membuahkan hasil yang manis. Saat ini Penerbit Deepublish sudah mulai dikenal dan diakui keberadaannya oleh berbagai kalangan. 

Fokus utama Penerbit Deepublish untuk saat ini adalah di bidang buku pendidikan, khususnya untuk pendidikan tinggi atau universitas. Adapun jenis buku yang diterbitkan oleh Penerbit Deepublish ini meliputi buku referensi, buku ajar, jurnal pendidikan, dan keperluan akademis lainnya. 

Sampai saat ini, Penerbit Deepublish disibukkan dengan melayani penerbitan ratusan judul buku setiap bulannya. Harapannya tentu saja semua buku pendidikan ini mampu memberikan kontribusi yang maksimal pada dunia pendidikan Indonesia. 

Rangkaian Acara Menyambut Perjalanan 11 Tahun Penerbit Deepublish 

Setelah 11 tahun berkarya dalam bidang penerbitan, Penerbit Deepublish kemudian menggelar serangkaian acara untuk merayakan hari jadinya. Rangkaian acaranya sendiri dimulai dari program Giveaway yang dishare melalui website dan akun resmi Penerbit Deepublish di sejumlah media sosial. 

Disusul dengan acara webinar yang totalnya menyelenggarakan empat acara webinar dengan menghadirkan narasumber dari berbagai bidang. Penerbit Deepublish kemudian menggandeng 11 narasumber yang merupakan sosok inspiratif sekaligus pakar di beberapa bidang keilmuan. 

Narasumber yang dihadirkan berasal dari berbagai wilayah di tanah air, sosok tersebut adalah: 

  1. Ita Apriani, S.Pi, M.Si –  Dosen Akademi Perikanan Yogyakarta & Penulis Buku Monograf Best Seller.
  2. Dr.Hayat, S.AP., M.Si. – Dosen Fakultas Ilmu Administrasi UNISMA Malang, Penulis 50 buku  dan best seller.
  3. Gayatri Putri Hutami. 
  4. Andi Arinal.
  5. Prof. Dr. Mohammad Nur Rianto Al Arif, SE., M.Si.,
  6. An Nuur Budi Utama.
  7. Insana Maria, BSN,. M.Kep.
  8. Budi Setiawan SE, MM.
  9. Desi Utami SE, MSc. 
  10. Toeko Triyanti – Reseller Deepublish.
  11. Riza – Psikolog.

11 sosok inspiratif yang digandeng Deepublish untuk menjadi narasumber rangkaian acara webinar tersebut mengisi sejumlah webinar dengan tema-teman menarik. Tema tersebut antara lain: 

  • Webinar “Strategi Mengubah Karya Tulis Ilmiah Menjadi Sebuah Buku”. 
  • Webinar “Menembus Jurnal Ilmiah Berskala Internasional”.
  • Webinar “Unlock Your Passion Find Your Potention”.
  • Webinar “Sukses Menembus Batas Dunia, Strategi Lolos Beasiswa”.
rangkaian acara webinar

Webinar tersebut sukses digelar dengan jadwal berbeda menjelang hari H, dan diikuti oleh sejumlah peserta dari seluruh Indonesia. Rangkaian webinar ini sendiri diadakan secara gratis dan mengangkat berbagai topik yang berhubungan dengan dunia pendidikan dan juga kewirausahaan. 

Talkshow di Puncak Acara 

Tak hanya menggelar rangkaian webinar dengan tema edukatif dan inspiratif, Penerbit Deepublish di malam puncak juga menggelar acara talkshow. Acara talkshow ini sendiri digelar secara virtual, dan mengusung tajuk “Youngpreneur Talks “How To Get A Billion Under 30?” 

Talkshow Youngpreneur Talks “How To Get A Billion Under 30?”

Acara talkshow online ini sendiri diadakan di salah satu ikon kota Yogyakarta, yakni di Monjali (Monumen Jogja Kembali). Lokasi ini sendiri juga dikenal sebagai salah satu trademark di Yogyakarta. 

Talkshow di malam puncak ini diisi oleh founder sekaligus CEO dari Penerbit Deepublish, yakni An Nur Budi Utama yang akrab disapa Mas Budi. Melalui acara yang digelar secara virtual ini, Mas Budi kemudian menyampaikan sejumlah pesan kepada anak muda. 

Khususnya yang memiliki rencana untuk merintis bisnis atau usaha sendiri. Dimana tidak perlu takut untuk memulai meskipun dari segi usia memang masih terbilang muda dan masih minim pengalaman. 

Melalui kesempatan tersebut, Mas Budi kemudian menjelaskan sejumlah tips bagi anak muda untuk mendapat kemudahan dalam menjalankan bisnis sendiri. Tips tersebut antara lain: 

1. Jangan Takut dalam Mengangkat Karyawan 

Tips pertama yang dipaparkan oleh Mas Budi dalam acara talkshow online ini adalah menyarankan bagi pelaku bisnis baru untuk tidak takut merekrut karyawan. Kebanyakan pebisnis di masa awal memilih tidak merekrut karyawan dan melakukan berbagai kegiatan bisnis dengan tenaga dan pikiran sendiri. 

Padahal dengan memilih merekrut karyawan yang membantu mengelola bisnis baru tersebut. Pemiliknya akan memiliki lebih banyak waktu dan tenaga untuk fokus mengurus keperluan bisnis lainnya. Salah satunya keperluan untuk mengembangkan bisnis, sehingga fokus ke masalah manajemen. 

2. Fokus pada Tujuan 

Mas Budi juga menyampaikan pentingnya pebisnis muda yang baru merintis bisnis untuk tetap fokus pada tujuan. Penting untuk memiliki satu atau beberapa tujuan yang kemudian fokus untuk diraih. 

Penerbit Deepublish sendiri fokus utamanya atau tujuannya adalah membantu kalangan akademisi untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sejak awal berdiri sampai sekarang tujuan tersebut menjadi fokus utama, yang kemudian mengantarkannya menjadi penerbit besar dan diakui berbagai kalangan. 

3. Memberi Value pada Bisnis yang Dijalankan 

Tips lainnya yang disampaikan founder Penerbit Deepublish adalah memberi value atau nilai pada bisnis yang dijalankan. Value disini adalah menitikberatkan pada manfaat bisnis tersebut kepada masyarakat banyak atau pada kalangan tertentu sesuai tujuan bisnis. 

Penerbit Deepublish sendiri memiliki value untuk membantu para dosen untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sehingga tulisan yang mereka susun dan yang akan bermanfaat besar bagi dunia pendidikan di Indonesia akan bisa dipublikasikan ke masyarakat luas. 

Menjalankan bisnis memang sebaiknya tidak hanya bermanfaat untuk pemilik maupun karyawan di dalamnya. Namun juga memiliki manfaat yang luas dan tidak ternilai untuk masyarakat luas. 

Kesuksesan Penerbit Deepublish dalam merayakan hari jadinya yang ke-11 semoga mampu memberikan kontribusi dan manfaat lebih besar kepada masyarakat. Khususnya kalangan akademisi dan para reseller di Deepublish. 

Kedepannya tentu saja, Penerbit Deepublish akan terus berusaha mengembangkan diri. Sehingga bisa membantu kalangan akademisi untuk menerbitkan berbagai buku pendidikan yang sudah disusun dengan susah payah. 

Sekaligus membuka kesempatan bagi banyak orang untuk menjajal bisnis sebagai reseller di Penerbit Deepublish. Sehingga memiliki pengalaman dan ilmu yang mendukung untuk bisa merintis bisnis sendiri, secara mandiri. 

Di tahun-tahun berikutnya, Penerbit Deepublish akan menggelar acara serupa yang tentunya lebih seru dan menghadirkan lebih banyak narasumber untuk memberikan acara yang kaya akan manfaat bagi pesertanya. 

sumber tambahan: