Kenali 4 Masalah ISBN Berseri, Agar Naskah Cepat Dicetak Di Penerbit Buku

Penerbit Buku Yogyakarta

Salah satu penyebab buku lama diterbitkan karena beberapa faktor. Selain faktor antrian di penerbit buku yogyakarta, juga faktor pengurusan ISBN. Khusus ISBN berseri. Ada 4 masalah umum yang belum dipahami oleh penulis tentang ISBN berseri, yang menyebabkan naskah lambat diterbitkan.

Penerbit Buku Yogyakarta Deepublish – Setiap buku yang diterbitkan oleh penerbit buku, khususnya penerbit yang tercatat oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), setiap buku yang diterbitkan memiliki ISBN. ISBN adalah International Standard Book Number. Jadi setiap buku memiliki nomor standar Internasional. Jumlah nomer ISBN ditulis dalam bentuk deretan, jumlahnya 10 digit angka. Deretan angka inilah yang menjadi identitas buku. Berikut beberapa hal penting yang perlu penulis tahu tentang ISBN berseri.

Fungsi ISBN

Fungsi ISBN tidak hanya berfungsi untuk penerbit buku, tetapi juga berfungsi untuk penulis. ISBN berfungsi sebagai identitas buku. Buku yang tidak memiliki identitas akan mengalami kesulitan selama proses pendistribusian dan penjaualan, dampak paling buruk, buku tidak banyak laku. Bagaimanpun juga, konsumen lebih senang membeli buku yang terdaftar.

Fungsi ISBN tidak hanya berfungsi untuk  menaikan hasil penjualan buku, tetapi juga membantu pihak distributor atau penjual buku untuk memasarkannya. Bagaimanapun juga, produk yang disebar ibarat makanan harus lolos ijin halal dari MUI. Begitupun dengan buku, pemasarannya dapat dijangkau lebih luas ketika memiliki identitas, dalam hal ini ISBN.

Bagi penerbit, ISBN juga memudahkan ketika hendak memasarkan secara lokal maupun Internasional. Bagaimanapun juga, pencantuman ISBN dibantu oleh Penerbit menyebarluaskan ke Badan Nasional dan ke Badan Internasional.  

Penerbit Buku Yogyakarta Deepublish – Peruntukan ISBN

ISBN dan ISSN dua hal yang berbeda. Banyak yang orang yang terbalik-balik mengartikannya. ISBN diperuntukan untuk terbitan buku, sedangkan ISSN diperuntukan untuk terbitan jurnal. Ada sepuluh deretan angka ISBN yang ternyata memiliki beberapa bagian. Bagian-bagian tersebut berfungsi sebagai pengenal kelompok (group identifier).

Fungsi kedua sebagai pengenal penerbit (publilsher prefix), fungsi ketiga, sebagai pengenal judul atau yang sering disebut dengan title identifier. Terakhir adalah, berfungsi sebagai check digit atau angka pemeriksaan. Angka pemeriksaan ini biasannya berfungsi setelah dilakukan penggabungan dengan LAN Barcode.

ISBN diperuntukan hanya untuk beberapa kategori buku saja. Diantarannya untuk buku monografi, buku braille, documenter/film yang sifatnya mengedukasi dan masih banyak lagi. Sedangkan khusus jurnal, tidak menggunakan ISBN, seperti yang diulas di atas, jurnal menggunakan ISSN.

ISBN tidak diperuntukan untuk majalah, tabloid, iklan, dokumen pribadi, rekaman music, bulletin elektronik, software non edukasi dan email atau surat elektronik.

Penerbit Buku Yogyakarta: ISBN Berseri

Kasus yang sering ditemui oleh tim Redaksi Penerbit Buku Yogyakarta Deepublish terkait dengan ISBN adalah masalah ISBN Berseri. Apa sih ISBN berseri? Dikatakan ISBN berseri apabila sebagai berikut;

Pertama,

Semisal Bapak X memiliki naskah buku ajar matematika tiga judul buku ajar. Ketiga judul ajar matematika tersebut berisi buku matematika untuk kelas 1, modul buku matematika untuk kelas 2 dan modul buku matematika untuk kelas 3.

Kemudian bapak X mengirimkan ketiga naskah tersebut ke Penerbit Deepublish dalam sekali kirim, maka ketiga modul buku matematika kelas 1 sampai kelas 3 hanya memiliki ISBN yang sama.

Kedua,

Apabila buku matematika kelas 1 sampai kelas 3 hanya ingin diterbitkan dua kelas, yaitu buku matematika kelas 1 dan kelas 2 saja, itu dibolehkan. Dengan syarat, buku matematika kelas 3 juga sudah dikirim bersamaan ke tim redaksi kami bersamaan dengan buku matematika kelas 1 dan 2.

Kemudian buku matematika kelas 3 akan dicetak 3 bulan yang akan datang, karena menunggu moment yang pas. Maka, ketika tiba waktu cetak buku matematika kelas 3, bapak X tidak bisa melakukan revisi pada buku tersebut. Penerbit Deepublish hanya tinggal cetak. Maka, buku matematika kelas 3 yang dicetak belakangan tetap memiliki nomer ISBN yang sama dengan kelas 1 dan kelas 2.

Ketiga,

Apabila kasus kedua yang terjadi bapak X melakukan revisi di buku matematika kelas 3 sebelum cetak, maka itu akan mengubah ISBN, dan akan menimbulkan masalah proses. Proses pengurusan atau birokrasi akan pengurusan ISBN akan sulit. Kesulitan di sini bukan hanya pihak Deepublish, tetapi juga dari pihak Perpusnas dan penulis itu sendiri.

Keempat,

Apabila Bapak X memiliki buku matematika untuk kelas 1 sampai kelas 3 dan dikirim ke redaksi secara satu persatu. Maka kami tidak bisa memproses. Seperti yang sudah diulas di atas, karena akan menyulitkan terkait pengurusan ISBN.

Solusinya, jika memang buku matematika kelas 2 dan kelas 3 belum selesai, diselesaikan. Tim kami akan siap membantu menerbitkan dan sabar menunggu naskah bapak X sampai selesai secara keseluruhan.

Itulah empat masalah yang menyulitkan tim penerbit buku Deepublish lama memproses dan mencetak buku. Salah satu solusi agar naskah cepat dicetak adalah memenuhi empat hal tersebut. (Elisa)

Referensi:

  • http://www.aup.unair.ac.id/apa-itu-isbn/ (Diakses pada 18 Oktober 2018)
  • http://www.snowlife-elisa.com/2018/02/3-aspek-proses-penting-di-dunia.html(Diakses pada 18 Oktober 2018)


This post has been seen 177 times.
(Visited 1 times, 3 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.