fbpx

Jasa Finishing Percetakan Jogja

finishing

Jasa finishing percetakan Jogja. Pernah nggak sih kepikiran kalau isi buku sudah selesai, pengen juga cover buku dibuat semenarik mungkin? Tentunya semua penulis menginginkan hal tersebut ya. Apalagi cover menjadi salah satu data tarik calon pembaca.

printing

Pada prosesnya, pembuatan cover buku menjadi salah satu fase terakhir ketika naskah sudah selesai dan siap dicetak. Misalnya Anda sedang menulis suatu karya ilmiah, supaya naskah tidak berceceran maka Anda perlu menjadikannya satu kemudian di jilid.

Biasanya Anda membutuhkan bantuan pihak percetakan untuk menyelesaikannya. Jika Anda bekerjasama dengan penerbit, jasa ini termasuk dalam jasa finishing percetakan, atau kalau lokasinya di Jogja menjadi jasa finishing percetakan Jogja.

Sebelumnya kita perlu tahu cover buku seperti apa yang Anda inginkan. Biasanya untuk buku atau karya ilmiah, Anda bisa menggunakan jilid softcover.

Mungkin sebagian dari kalian atau mahasiswa belum paham atau belum mengerti macam-macam jilid, jadi terkadang pelanggan dan tukang jilid jadi bingung dan salah paham tentang jilidan yang di pesan.

Berikut ini kami macam-macam jilid buku :

  1. Hard Cover
  2. Soft Cover
  3. Spiral
  4. Staples Tengah
  5. Perfect Binding
  6. Jahit Benang

#1 Jilid Hard Cover

Jilid hard cover adalah jenis jilidan yang covernya dibuat dr bahan kardus khusus ,jadi terkesan kaku dan tebal, jadi lebih awet. Ciri-ciri dari jenis jilid ini adalah terdapatnya tali pita di dalam jilidan.

Meski tidak semua jilid diberikan. Tapi yang jelas kita bisa menandai dengan cover yang keras dari kardus. Jenis jilid ini biasanya digunakan untuk mencetak skripsi, tesis, atau karya-karya resmi lainnya.

Kembali ke atas ▲

#2 Jilid Soft Cover

Jenis jilid satu ini biasanya yang digunakan untuk mencetak buku ataupun karya ilmiah. Dilansir dari wikipedia, soft cover buku ini ciri-cirinya memiliki sampu yang mudah dilengkungkan.

Novel-novel dan buku-buku teks/referensi untuk pelajar dan mahasiswa umumnya dicetak dalam edisi paperback. Istilah paperback biasanya dikontraskan dengan hardcover, yaitu buku dengan cover yang lebih ‘tebal dan keras’ sehingga tidak bisa dilengkungkan.

Kembali ke atas ▲

#3 Jilid Spiral

Jilid spiral (wire binding) merupakan jenis jilid buku dengan teknik melubangi kertas pada satu sisi, lalu menggunakan kawat atau plastik spiral untuk menyatukan buku. Hasil akhir spiral kawat tentu terlihat lebih eksklusif dibanding dengan spiral plastik.

Jilid spiral ini bisa digunakan untuk buku dengan ketebalan tipis hingga medium. Jika ingin menggunakan teknik jilid ini, pastikan untuk memberi margin yang sesuai pada halaman, agar teks atau gambar yang tercetak tidak terpotong oleh lubang untuk jilid spiralnya.

Kembali ke atas ▲

#4 Jilid Staples Tengah

Dalam proses cover buku, Anda juga bisa menggunakan jilid staples tengah. Jilid staples tengah atau disebut juga sebagai jilid kawat merupakanjenis jilid yang paling mudah dan ekonomis. Halaman-halaman dilipat lalu dijilid dengan staples biasa.

Jenis penjilidan ini sering digunakan untuk Membuat Katalog Produk, booklet dan majalah dengan jumlah halaman yang sedikit, antara 4-80 halaman. Untuk dapat menggunakannya, Jumlah halaman harus memiliki kelipatan 4, bila tidak maka akan ada halaman yang kosong.

Kembali ke atas ▲

#5 Jilid Perfect Binding

Bentuk penjilidan satu ini sering digunakan pada jenis buku bacaan seperti novel. Buku terjilid sempurna sehingga cocok untuk buku tahunan. Pada bagian pinggir halaman buku direkatkan dengan sampul bungkus ke punggung cover, menggunakan lem atau perekat.

Dengan penjilidan ini, buku tidak bisa terbuka rata, dan harus menggunakan perekat yang kuat isi supaya halaman tidak lepas.

jasa finishing percetakan jogja

Perfect binding dapat diaplikasikan dalam bentuk hard cover maupun soft cover. Bila memakai soft cover, maka perlu menggunakan jenis kertas yang tebal dari isi halaman dan bisa menambahkan laminasi untuk melindungi buku.

Dengan menggunakan jenis jilid ini, konsumen bisa lebih nyaman dalam membaca karena perekat yang kuat dan buku tetap tidak kaku alias fleksibel untuk ditekuk-tekuk tapi tidak mudah lepas lemnya.

Kembali ke atas ▲

#6 Jilid Jahit Benang

Jenis jilid jahit benang biasanya digunakan untuk menyempurnakan penjilidan hard cover. Pada jenis penjilidan ini, halaman-halaman dilipat menjadi beberapa bagian. Lalu bagian pinggir dijahit ke punggung cover.

Pada umumnya jenis jilid buku jahit benang diaplikasikan dalam bentuk hard cover supaya lebih lekat dan tidak mudah lepas. Dapat pula dikombinasikan dengan perfect binding, supaya lebih dapat bertahan lama dan tidak mudah rusak.

Metode Penjilidan

Sekarang ini, metode penjilidan buku terbagi menjadi dua. Yaitu pengrajin (manual) yang bekerja di sebuah toko dan penjilidan massal yang dilakukan dengan mesin di sebuah pabrik.

Produksi dengan kuantitas sedikit biasanya penjilidan dikerjaan di percetakan yang menyediakan jasa finishing jilid. Untuk jumlah yang sangat banyak, proses produksi dilakukan di pabrik.

jilid sendiri

Namun jika Anda tertarik untuk mencobanya sendiri di rumah pun tidak apa-apa. Misal Anda iseng untuk mencetak naskah Anda secara mandiri hanya dalam jumlah sedikit kemudian Anda ingin membuat cover dan laminating sendiri, tenang saja ada kok caranya.

Pertama, bahan dan alat yang perlu disiapkan adalah :

  • Kopi (supaya mata tidak mengantuk)
  • Computer
  • Aplikasi Photosop atau pake Ms. Office juga bisa lhaaa.
  • Mesin fotocopy/printer
  • Lem
  • Kuas
  • Holder dokumen
  • Steples
  • Palu jilid bukan palu bangunan
  • Kertas buffalo
  • Plastic laminasi glossy atau matte sesuai kebutuhan
  • Mesin laminating

Kedua, adalah langkah pengerjaan Jasa finishing percetakan Jogja. Berikut ini penjabarannya:

  1. Fotocopy atau perbanyak dokumen sesuai keperluan, lalu letakkan masing-masing dokumen pada holder dokumen kemudian dirapihkan pada keempat sisinya.
  2. Setelah dokumen rapih, maka dokumen di steples. Lagi-lagi kami menyarankan minimal jumlah anak steples adalah 3 buah, dan kami selalu menggunakan 5 buah anak steples. Lakukan sampai semua dokumen disteples.
  3. Kemudian setiap anak steples yang sudah terpasang diratakan dengan palu agar tidak merusak cover nantinya
  4. Letakkan dokumen-dokumen tersebut pada alat potong sampai batas kemampuan alat potong yang sobat miliki. Kembali kami sampaikan bagian yang dipotong disini adalah bagian sisi dekat anak steples tadi. Pemotongan tidak lebih dari 0,5 cm. Hal ini dilakukan untuk keperluan meratakan bagian sisi dokumen yang nantinya akan dipasangi cover.
  5. Buatlah cover. Bisa dengan scan atau fotocopy langsung cover yang ada.
  6. Lanjutkan dengan proses laminasi cover. Sebaiknya dalam tahapan ini ukuran plastic laminasi dipotong sesuai ukuran cover (jangan terlalu besar) karena bisa terjadi kerutan bahkan rusak pada hasil laminasi saat dimasukkan kedalam mesin laminating.
  7. Setelah semua cover di laminasi. Ambil satu dokumen sebagai parameter atau sebagai batas lipatan cover depan dan cover belakang. Tandai tempat lipatan cover, kemudian lipat sesuai tanda yang telah dibuat. Lakukan sampai semua cover dilipat.
  8. Tahap ini adalah tahap penjilitan. Letakkan cover di atas meja jilid dengan punggung menghadap ke atas. Dilanjutkan dengan meletakkan dokumen di atasnya. Oleskan lem secara merata dan tipis pada bagian cover yang akan direkatkan. Biasanya diawali dengan bagian depan, dilanjutkan cover bagian samping kemudian cover bagian belakang.
  9. Atau langkah terakhir adalah merapihkan hasil jilidan dengan alat potong. Kembali kami sampaikan jangan memotong dokumen lebih dari 0,5 cm pada setiap sisi dokumen. Langkah ini dilakukan untuk merapihkan ukuran cover dengan dokumen di dalamnya.
  10. Lihat hasil penjilidan, cek kembali apakah semua halaman bisa terbuka dengan sempurna atau tidak. Pastikan bahwa lem ataupun alat perekat tidak keluar kertas sehingga naskah Anda tetap rapi dan nyaman untuk dibaca.

Meski tampak tidak sulit dalam mencetak sendiri naskah Anda, tapi jika naskah yang akan diterbitkan banyak ada baiknya Anda bekerjasama dengan penerbit saja.

Kenapa? Penerbit buku pasti jauh lebih tahu dan lebih profesional untuk mencetak sekaligus menerbitkan buku Anda. Anda pun bisa berkonsultasi mengenai proses pembuatan buku hingga finishing.

Jika Anda tertarik menerbitkan dan mencetak buku, serahkan pada Penerbit Deepublish. Ada banyak keuntungan menerbitkan buku di Penerbit Deepublish. Tertarik mencobanya? Silakan hubungi Penerbit Deepublish segera!


 

Kontributor: Novia Intan

Ayo baca juga artikel: Cetak Buku – 5 Manfaat


PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

hubungi deepublish

kantor deepublish

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

hubungi deepublish

kantor deepublish

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk mengubungi Penerbit Buku Deepublish.

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© Penerbit Buku Deepublish