Cara Mudah Membuat Kata Pengantar Modul – Kata pengantar modul ternyata tidak mudah dibuat, terutama untuk mereka yang memang tidak memiliki kemahiran dalam menulis. Atau mungkin Anda salah satu tipe yang bingung memulai dan tidak tahu bagaimana cara memulai menuliskan pengantar. 

Sebagai contoh sederhana, kata pengantar modul ditulis oleh penulis modul. Secara garis besar penulis mengungkapkan isi hati tentang proses penulisan modul Anda.

download ebook gratis

Hal yang sering disalah artikan dari penulisan kata pengantar, ada beberapa orang yang menganggap bahwa kata pengantar dapat dituliskan oleh orang lain, itu tidak benar. 

Dari segi isi yang disampaikan, kata pengantar modul tetap harus menonjolkan hal menarik dari modul Anda. Tujuannya agar pembaca tertarik untuk membaca modul Anda.

Di industri penerbit buku, kata pengantar digunakan sebagai ajang promosi atau ajang mempersuasikan calon pembaca, agar membeli buku dengan menonjolkan selling point, hal yang menarik dari isi buku dan semacamnya. Berlaku pula untuk penulisan kata pengantar modul juga begitu. 

Pengertian Kata Pengantar

Menurut KBBI, kata pengantar adalah kata pendahuluan atau pandangan umum secara singkat dan jelas sebagai pendahuluan suatu karya tulis.

Kata pengantar ditulis di bagian halaman awal sebuah karya tulis. Tujuan dari pembuatan kata pengantar adalah agar pembaca mengetahui bahwa dalam menyelesaikan karya tersebut, penulis telah melalui banyak hal dan dibantu oleh beberapa pihak dalam penyusunan karya tulis tersebut.

Nah, pertanyaan selanjutnya, mengapa kata pengantar itu penting?

Sebenarnya, pengantar menjadi prolog awalan sebelum masuk ke inti. Dibagian depan, selain kata pengantar ada juga lembar pendahuluan. Nah, dua hal ini seringkali membingungkan. Banyak pula yang masih pemula tidak bisa membedakan diantara keduanya. 

Kata pengantar secara konten isi, berisi pengantar buku yang akan dibahas mengulas apa saja. Disertai dengan ucapan terimakasih penulis kepada orang yang mendukung. Inti kata pengantar adalah memperkenalkan secara singkat, tetapi bukan dari synopsis loh. sedangkan pendahuluan lebih menekankan pada latar belakang buku ajar tersebut Anda tulis dan kenapa Anda mengambil tema tersebut.

Fungsi Kata Pengantar

Jika Anda sudah memahami pengertian kata pengantar modul, maka kini kita ulas apa saja fungsi dari kata pengantar. 

Secara umum kata pengantar memiliki fungsi mengantarkan pembaca kepada isi atau uraian yang terdapat di dalam suatu makalah atau karya tulis. Dengan begitu, kata pengantar bukan hanya berisi ucapan terima kasih kepada Tuhan dan orang-orang yang telah membantu penulis dalam membuat makalah serta permohonan maaf atau kelemahan-kelemahan makalah yang ditulis.

Dengan begitu, pembaca akan tau garis besar karya tulis dan apa saja yang sebaiknya dikembangkan setelah karya tersebut rilis.  Berikut ini adalah rangkuman contoh pengantar dari karya tulis yang diambil dari berbagai sumber. 

Cara Menulis Kata Pengantar Modul

Buat Anda yang masih merasa kesulitan dan kebingungan bagaimana dan seperti apa menulis kata pengantar modul. Simak ulasan berikut. 

#1. Menyebutkan Keistimewaan Modul Anda 

Seperti yang disinggung di paragraf sebelumnya, tips menulis kata pengantar modul menonjolkan selling point. Dalam hal ini adalah keistimewaan modul Anda. Misalnya dilengkapi dengan tutorial, pemahaman mudah dipahami dan masih banyak hal yang sebenarnya bisa Anda tonjolkan. 

Tentu saja ketika modul yang Anda tulis memiliki banyak keistimewaan, pembaca pun akan memilih modul Anda dibandingkan modul-modul yang lain. Dengan kata lain, bagian akhir tetap seperti dagang, karena tetap harus bisa menarik perhatian calon pembaca. 

Saat menuliskan keistimewaan modul Anda di kata pengantar, ada beberapa tips nih. Jadi tempatkan Anda sebagai penulis itu serba tahu, karena memang itu modul karya Anda bukan? Jadi, buatlah kalimat yang sesuai karakter Anda agar pembaca pun bisa lepas dalam membaca.  

#2. Kalimat Pembuka 

Nah, tips kedua dalam penulisan kata pengantar modul memiliki tiga bagian yang terdiri dari bagian kalimat pembuka, kalimat inti (isi) dan kalimat penutup.

Dibagian kalimat pembuka salah satu langkah yang wajib dituliskan. Jika bingung bagaimana cara menuangkan kalimat pembuka, kita bisa menggunakan salah satu kalimat pembuka. 

Misalnya, bisa menggunakan kalimat ucapan syukur, bisa menjelaskan dengan kalimat salam kesejahteraan dan masih banyak lagi yang bisa kita spoiler di google bentuk-bentuk kalimat pembuka.

Nah, banyak kasus di penulisan kalimat pembuka banyak ditemukan kasus pengulangan kata atau repetisi. Jadi penulisan dan pengulangan-pengulangan semacam itu lebih baik diminimalisir. 

#3. Kalimat Isi 

Setelah menuliskan kalimat pembuka di kata pengantar modul, maka langkah selanjutnya adalah menuliskan inti dari pesan yang ingin disampaikan. Misalnya dengan menceritakan tentang selling point dan kelebihan dari modul Anda yang sudah disebutkan di sub bab sebelumnya. 

Intinya kalimat isi inilah adalah ruang dimana Anda menuliskan pesan inti yang ingin dipaparkan dari pembahasan modul Anda. Ada satu hal yang kadang terlupakan ketika menuliskan kata pengantar modul. Yaitu, perhatikan panjang kata pengantar. Jadi penulisan kata pengantar jangan lebih dari dua halaman. 

Penulisan kata pengantar cukup satu muka atau satu lembar saja. Karena keterbatasan lembaran, maka dari segi penyampaiannya pun juga harus dipadatkan. Jangan terlalu panjang lebar. Cukup ditulis singkat, padat, jelas, tetapi juga menggunakan bahasa yang mengalir, enak dibaca dan persuasive. 

Jika memang dibagian isi memang banyak pesan yang ingin disampaikan. Maka di bagian isi dan bagian penutup cukup ditulis dengan singkat padat dan seperlunya. Agar dalam penulisan inti bisa lebih banyak. 

Baca juga : Perbedaan Modul dan Buku

#4. Kalimat Penutup 

Penulisan kata pengantar modul dibagian kalimat penutup cukup ditulis seperlunya. Tidak perlu ditulis terlalu panjang lebar. Begitupun dibagian kalimat pembuka.

Pada dasarnya, pembaca tidak begitu suka intro yang bertele-tele. Rerata pembaca ingin membaca buku tersebut karena ingin mempelajari inti pembahasan. Jadi bukan ingin membaca susunan kalimat pembuka dan kalimat penutupnya. 

Baca juga : Ternyata Berbeda, Inilah Perbedaan Modul dan Buku Ajar

#5. Menuliskan Ucapan Terima Kasih 

Selain menuangkan beberapa sub bab di atas. Ternyata penulisan kata pengantar modul juga bisa digunakan untuk menuliskan ucapan terimakasih.

Peruntukan ucapan terimakasih ditujukan bagi orang-orang disekeliling penulis yang membantu dan mendukung atas terselesainya penulisan modul. 

Ucapan terimakasih ini juga salah satu bentuk dari apresiasi yang diberikan penulis kepada orang-orang disekeliling.

Sayangnya, ucapan terimakasih yang disampaikan dan penting bagi penulis, terkadang tidak begitu penting bagi pembaca di luar sana.

Jika ada ucapan terimakasih yang bentuknya panjang dan berderet, pasti akan dilewatkan oleh pembaca, dan pembaca langsung masuk ke inti modul Anda. 

Baca juga : Cara Praktis Membuat Modul Pembelajaran

Contoh Kata Pengantar Modul 

Nah, untuk memudahkan pemahaman, berikut ada beberapa contoh kata pengantar modul yang bisa Anda pelajari. 

Contoh 1

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah saya panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah swt yang senantiasa melimpahkan segala rahmat, taufik dan hidayah-Nya sehingga penyusun dapat menyelesaikan modul ini.

Modul ini disusun untuk memenuhi kebutuhan peserta pendidikan dan pelatihan DIklat dalam rangka sertifikasi guru profesional di bidang guru Matematika. Sesuai dengan segmentasi peserta, maka modul ini disusun dengan kualifikasi yang tidak diragukan lagi.

Teknik penyajian yang diangkat dilakukan secara terpadu tanpa pemilihan berdasarkan jenjang pendidikan. Cara ini diharapkan bisa meminimalisir terjadinya pengulangan topik berdasarkan jenjang pendidikan. 

Pembahasan modul ini dimulai dengan menjelaskan tujuan yang akan dicapai. Kelebihan modul ini, Anda bisa melihat keterpaduan ilmu matematika.

Pembahasan yang akan disampaikan pun disertai dengan soal-soal yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat ketercapaian dan ketuntasan. 

Penyusun menyadari bahwa di  dalam pembuatan modul masih banyak kekurangan, untuk itu penyusun sangat membuka saran dan kritik yang sifatnya membangun. Mudah-mudahan modul ini memberikan manfaat. 

Yogyakarta, 20 November 2020

Penulis

Baca juga : Cara Praktis Membuat Modul Pembelajaran

Contoh 2

KATA PENGANTAR*

Modul Persiapan Simulasi Pendampingan Penyelenggaraan Perumahan Swadaya ini bertujuan memberikan informasi kepada peserta mengenai kegiatan yang perlu disiapkan dan diketahui oleh Peserta pelatihan.

Sekaligus menyiapkan bahan untuk penyusunan bahan paparan pada akhir simulasi.Modul ini disusun dalam lima bab yang terdiri dari Pendahuluan, Persiapan Kegiatan Simulasi, Pelaksanaan Kegiatan Simulasi, Evaluasi Hasil Simulasi, serta Penutup, juga dilengkapi dengan lampiran bermuatan skenario simulasi.

Fokus pembelajaran diarahkan pada keharusan peserta secara kelompok melengkapi semua kebutuhan akan kegiatan simulasi, penyusunan laporan baik secara secara kelompok.

Termasuk didalamnya untuk mengetahui aturan dalam simulasi.Modul ini disusun secara sistematis agar peserta pelatihan dapat menyiapkan pelaksanaan simulasi dengan lebih mudah.

Metode yang digunakan dalam penyelenggaraan pembelajaran diharapkan dapat mendorong peran aktif peserta pelatihan.Akhirnya, ucapan terima kasih dan penghargaan kami sampaikan kepada tim penyusun dan tim penyempurna atas tenaga dan pikiran yang dicurahkan untuk mewujudkan modul ini.

Penyempurnaan maupun perubahan modul di masa mendatang senantiasa terbuka dan dimungkinkan mengingat akan perkembangan situasi, kebijakan dan peraturan yang terus menerus terjadi. Harapan kami tidak lain modul ini dapat memberikan manfaat.

Semarang,  Oktober 2017

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Jalan, Perumahan, Pemukiman dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah

Contoh Kata Pengantar Buku

KATA PENGANTAR*

Bismillahirrahmanirrahim,

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan kekuatan, ketekunan dan kesabaran sehingga buku yang sudah lama dipersiapkan ini akhirnya dapat diselesaikan. 

Sumber bacaan pokok dari penulisan ini adalah buku The Rorschach Technique, an Introductory Manual yang ditulis oleh Bruno Klopfer dan Helen H. Davidson tahun 1962, sebagai pelengkap juga diambil dari buku-buku antara lain Bruno Klopfer Mary D. Ainsworth, Walter G. Klopfer, & Robert R. Holtz tahun 1954 dan 1956, John E. Exner tahun 1982 dan lain-lain.

Buku ini dipersiapkan terutama untuk mahasiswa Fakultas Psikologi yang sedang mempelajari Tes Rorschach, karena sepanjang pengalaman penulis mengajar mata kuliah Tes Rorschach banyak mahasiswa yang mengeluh kurangnya bacaan dalam bahasa Indonesia. 

Buku ini terdiri dari tiga bagian, bab pertama berisi pengantar mengenai tes bercak tinta, bab kedua mengenai administrasi tes Rorschach, dan bab ketiga mengenai skoring. Interpretasi tes Rorschach tidak dimuat dalam buku ini. 

Penulisan buku ini diawali sejak tahun 1992 dalam bentuk diktat yang sederhana, kemudian dilakukan perbaikan maupun penyempurnaan berkali-kali sehingga terbentuklah buku ini. 

Penulis mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah membantu sehingga dapat diterbitkannya tulisan ini. penulis juga merasa bahwa buku ini jauh dari sempurna, oleh karena itu segala masukan baik berupa saran maupun kritik yang membangun sangat diharapkan. 

Akhirnya semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin belajar dan mendalami tes Rorschach.

Yogyakarta, 2001.

Penulis M.A Subandi Ratna Wulan

Contoh Kata Pengantar Makalah

KATA PENGANTAR*

Bismillahirrahmanirrahim,

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat-Nya sehingga makalah ini bisa tersusun hingga selesai. Tidak lupa juga kami mengucapkan terimakasih terhadap bantuan dari pihak yang sudah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik berupa pikiran maupun materinya.

Kami berharap semoga makalah ini bisa menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembacanya. Bahkan tidak hanya itu, kami berharap lebih jauh lagi agar makalah ini si pembaca mempraktekkannya dalam kehidupan sehari – hari.

Kami sadar masih banyak kekurangan didalam penyusunan makalah ini, karena keterbatasan pengetahuan serta pengalaman kami. Untuk itu kami begitu mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

Jakarta, 10 Maret 2020

Penulis

Contoh Kata Pengantar Skripsi

KATA PENGANTAR*

Bismillahirrahmanirrahim,

Puji syukur penulis haturkan kehadirat Allah SWT yang telah menganugerahkan rahmat serta inayah-Nya, yang karena-Nya, penulis diberikan kekuatan dan kesabaran untuk menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul “Kiat-Kiat Meningkatkan dan Mengembangkan Bahasa Lewat Media Kartu Bergambar di Taman Kanak-Kanak PGRI”.

Adapun pengajuan skripsi ini ditujukan sebagai pemenuhan beberapa ketentuan kelulusan pada jenjang perkuliahan Strata I Universitas Negeri Surakarta Lewat penyusunan skripsi ini tentunya penulis mengalami beberapa hambatan, tantangan seta kesulitan, namun karena binaan dan dukungan dari semua pihak, akhirnya semua hambatan tersebut dapat teratasi.

Melalui penyusunan skripsi ini tentunya penulis sadar akan banyak ditemukan kekurangan pada laporan ini. Baik itu dari segi kualitas maupun dari segi kuantitas bahan observasi yang penulis tampilkan.

Dengan sepenuh hati, penulis pun sadar bahwa skripsi ini masih penuh dengan kekurangan dan keterbatasan, oleh sebab itu penulis memerlukan saran serta kritikk yang membangun yang dapat menjadikan skripsi ini lebih baik.

Selanjutnya penulis mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada segenap pihak yang telah memberikan dukungan, baik itu berupa bantuan, doa maupun dorongan dan beragam pengalaman selama proses penyelesaian penulisan skripsi ini.

Terakhir, tentunya penulis berharap setiap bantuan yang telah diberikan oleh segenap pihak dapat menjadi lading kebaikan. Dan semoga skripsi ini dapat memberikan manfaat dan berguna bagi kemajuan pendidikan usia dini.

Surakarta, 2 Mei 2019

Butuh panduan untuk menulis buku ajar maupun modul? Anda bisa download EBOOK Panduan Menulis berikut ini :

*Sumber : https://simantu.pu.go.id/epel/edok/0e17c_02._Modul_Persiapan_Simulasi.pdf