Lima Teknik menulis buku Berkualitas

Teknik menulis buku

Teknik menulis buku berkualitas tidak semua penulis dapat melakukannya. Karena proses penulisannya menuntut konsentrasi dan eksplorasi data dan fakta secara lebih.

Perbedaan Indonesia dengan negara maju dalam hal literasi terletak pada kesadaran minat baca dan kesadaran menulis. Sedangkan di negara maju kesadaran menulis dan membaca sangat baik. Menulis menjadi kunci keberhasilan suatu negara. Semakin banyak penulis menstransformasikan pengetahuan, gagasan dan imajinasi lewat buku, maka semakin banyak pula masyarakat yang terlatih untuk berfikir kritis. Apakah Anda juga ingin menjadi penulis yang turut memberikan sumbangsih besar terhadap literasi di Indonesia? Artikel kali ini membahas teknik menulis buku agar menjadi lebih mahir.

Budaya menulis di Indonesia sebenarnya sudah ada sejak dahulu. Salah satu buktinya, banyak mitos, legenda era jaman dulu yang sampai sekarang terarsip dalam sebuah cerita, dongeng maupun buku. Tanpa kehadiran sosok penulis, arsip tulisan tersebut mungkin saja sudah hilang.

Tanpa karya dari penulis, mungkin kita hanya memiliki satu sudut pandang saja. Tanpa penulis, hingga saat ini mungkin tidak pernah tahu ilmu tentang matematika, agama, dan masih banyak cabang ilmu yang lain. Dari ulasan tersebut menjelaskan bahwa, pentingnya literasi dan kiprah seorang penulis terhadap kesadaran masyarakat yang berwawasan. Apakah Anda ingin menjadi bagian penulis yang memajukan literasi Indonesia? Berikut teknik menulis buku.

MEMILIKI IDE

Ide adalah kunci utama dalam menulis buku. Ide sebagai pondasi dasar tulisan. Tanpa ide, sebuah buku tidak akan dapat lahir. Lantas, muncul pertanyaan sederhana, bagaimana cara memperoleh ide? Tidak dapat dipungkiri ternyata ide sesuatu yang sulit untuk di dapatkan. Namun, bagi penulis-penulis profesional, Ide dapat dengan mudah diperoleh.

Ide akan mudah ditemukan, dimanapun dan kapan pun. Bagi penulis yang terlatih memperoleh ide bukan sesuatu yang langka. Ide dapat ditemukan tergantung dari kreativitas dalam mengelola problem solving. Kunci memperoleh problem solving adalah kemampuan menggabungkan dua masalah berbeda ke dalam solusi sederhana. Adapun cara yang dapat dilakukan yaitu, santai/rilex, sensitif terhadap lingkungan, imajinatif, bersosialisasi dan improvisasi dengan masalah

Ide brilian dalam sebuah buku menentukan kualitas. Caranya dengan bahasan yang menarik dan sederhana. Di tahap ini, sebenarnya penulis yang cerdas yang memiliiki prinsip. Karena teknik menulis buku yang berbobot tergantung dari perilaku dan sikap kritis penulis menerjemahkan ide yang sudah diperoleh.

EKSPOLORASI MENGGUNAKAN FAKTA DAN DATA

Teknik menulis buku yang baik adalah buku yang ditulis secara berkualitas. Buku yang berkualitas ditulis menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan sarat akan informasi. Buku berkualitas adalah buku yang sifatnya informatif. Di dalam buku yang baik mengandung fakta dan data.

Pengambilan data dan fakta dapat dilakukan dengan berbagai cara kajian. Bisa kajian karya ilmiah, kajian buku, penelitian dan observasi. Proses ekplorasi inilah yang paling penting dalam proses penulisan naskah. Karena di tahap inilah yang sebenarnya menentukan karya seorang penulis bersifat informatif, berkualitas atau tidak informatif dan berkualitas sama sekali.

MEMBUAT KERANGKA TULISAN

Membuat kerangka tulisan salah satu teknik menghindari kebuntuan ide. Kebuntuan ide tidak hanya dialami oleh penulis pemula, penulis profesional pun juga sering mengalaminya. Kemanfaatan kerangka tulisan adalah memudahkan penulis agar isi tulisannya tetap terstruktur dan memastikan tidak ada informasi dan data penting terlewatkan.

Istilah kerangka tulisan sering disebut-sebut juga dengan outlet. Sebagian lagi ada yang menyebutnya dengan daftar isi. Pada dasarnya kehadiran kerangka tulisan memiliki banyak keuntungan. Diantarannya memudahkan penulis tidak mereplikasi maupun mendublikasi gagasan di bab setelahnya. Tidak dapat dipungkiri, saat menulis sering melakukan pengulangan, pengulangan bahasan yang terlalu sering yang sering menganggu pembaca. Adapun manfaat kerangka tulisan yang lain, memudahkan penulis mengontrol gagasan yang hendak ditulis, sekaligus memudahkan penulis menyampaikan gagasan kepada pembaca secara sederhana.

MEMBUAT ARTIKEL BERSERI

Kendala umum yang dihadapi oleh seorang penulis adalah, kesulitan menggembangkan bahasan tulisan. Jika Anda salah satu penulis yang merasa bimbang terkait kemampuan Anda menyelesaikan tulisan dalam jumlah puluhan lembar, Anda dapat meminimalisirnya dengan cara membuat artikel berseri.

Artikel berseri sebenarnya teknik menulis buku yang memudahkan Anda untuk menyelesaikan satu buku. Dengan cara ini, setidaknya bahasan tulisan yang dibuat lebih tepat sasaran dan terfokus. Fokus salah satu kunci ulasan dan bahasan buku yang informatif dan lengkap.

Teknik menulis buku dengan artikel berseri harus terkait satu sama lain. Artikel berseri ini hanya salah satu metode untuk memudahkan menyelesaikan topik yang dikemas dalam sebuah buku. Bagaimanapun juga, saat menulis buku menuntut penulis untuk menjelaskan sebuah issu atau topik lebih panjang, lugas dan informatif untuk pembaca.

MEMBUAT LEMBAR PERTAMA YANG BERKESAN

Teknik menulis buku yang laku dan menarik pembaca adalah buku yang di kemas secara berkesan. Adapun teknik membuat buku yang berkesan, diantarannya memperhatikan penempatan sub pembahasan yang tepat dan memperhatikan kelengkapan pembahasan. Lembar yang menarik mampu menggerakan pembaca. Ketika pembaca tergerak, semakin banyak minat pembaca lain ingin membaca.

Menulis buku dilembar pertama dapat dikemas dengan menyentuh kesan pembaca. Misalnya, di lembar awal memaparkan keunikan dan keajaiban dari manfaat daun sirsak untuk kesehatan. Atau memaparkan data konkrit terkait penemuan terhadap permasalahan tema yang sedang diangkat.

Kemas lembar pertam ramah dibaca. Tulisan yang ramah dibaca dapat menggunakan bahasa sederhana, mudah dipahami, tidak berputar-putar, dan tepat sasaran. Buat naskah tidak padat dengan teks, sisipi gambar, diagram atau tabel. Atau buat ulasan naskah bersub-bab yang menyuguhkan poin penting.

Itulah ke lima teknik menulis buku yang bisa Anda coba. Tunggu apalagi, masih ragu menulis buku? Menulis itu mudah, yang susah adalah kemauan dan tidak memiliki keberanian untuk memulai sekaligus menyelesaikan. Tunggu apalagi, jika bukan Anda yang memulai menulis dan mentransformasikan ilmu, siapa lagi?

Apakah Anda punya hobi nulis sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini.

Jika Anda menginginkan EBOOK GRATIS tentang CARA PRAKTIS MENULIS BUKU, silakan download.

Referensi:

http://pelitaku.sabda.org/panduan_umum_menulis_buku_panduan. Diakses 03 November 2017

http://www.caraspot.com/menulis-buku-yang-baik-dan-benar.html. Diakses 03 November 2017



This post has been seen 447 times.
(Visited 227 times, 2 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *