Membangkitkan Semangat Wirausaha | Bedah Buku Kewirausahaan

Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia. Pemerintah Indonesia pun memandang penting keberadaan para pelaku UMKM. Buktinya, UMKM bersama dengan Koperasi memiliki wadah secara khusus di bawah Kementerian Koperasi dan UKM. Tentunya dengan demikian sangat menunjang kegiatan wirausaha. Setidaknya, ada 3 peran UMKM yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat kecil. Tiga peran tersebut adalah:

  1. Sarana mengentaskan masyarakat dari jurang kemiskinan
  2. Sarana untuk meratakan tingkat perekonomian rakyat kecil
  3. Sarana untuk meratakan tingkat perekonomian rakyat kecil.

Yogyakarta- Senin 26/02/2018 Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya Badan Perpustakaan Dan Arsip Daerah (BPAD) Yogyakarta kembali berkolaborasi dengan Penerbit Buku Pendidikan Deepublish Yogyakarta dalam acara bedah buku bertajuk “Pemberdayaan Kewirausahaan Perempuan” yang selenggarakan di ruang pertemuan Balai Desa Tirtoadi Mlati, Sleman Yogyakarta yang di ikuti oleh masyarakat desa sekitar.

Acara ini diadakan untuk meningkatkan minat baca sebagai penunjang wawasan keilmuan terhadap kegiatan wirausaha serta menjadi jembatan komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah daerah. Dalam acara bedah buku tersebut Dr. Darmanto, MM. sebagai salah satu penulis buku dengan judul “Kewirausahaan Untuk Mahasiswa Dan UMKM” yang bukunya dibedah serta diterbitkan oleh Penerbit Deepublish Yogyakarta hadir sebagai narasumber.

Tidak hanya itu, pada acara tersebut dihadiri juga oleh H. Nandar Winoro, S.T.,M.S.I. dari Komisi D DPRD DIY bertindak sebagai pembedah satu, menyampaikan kepada seluruh peserta agar berlaku jujur dalam berwirausaha dan menghimbau pentingnya menanamkan jiwa wirausaha sejak dini kepada anak-anak agar tergugah untuk tertarik melakukan kegiatan berwirausaha saat dewasa kelak.

Mustopo, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sleman bertindak juga sebagai pembedah dua, menegaskan akan memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM wilayah Sleman agar dapat setara dengan kualitas waralaba seperti mini market dan hypermart dari sisi harga dan kualitas produk, selain itu juga mengingatkan kepada pelaku usaha untuk taat terhadap aturan pemerintah yang ada.

Acara tersebut mendapat tanggapan baik dari masyarakat setempat yang hadir dan memberikan sejumlah pertanyaan yang di lontarkan kepada narasumber terkait materi tersebut. Penerbit Buku Deepublish Yogyakarta juga menggelar pameran buku yang berkaitan dengan kewirausahaan serta menyediakan ragam judul buku lainnya berkaitan untuk menunjang minat baca masyarakat dan kegiatan usaha.

Corporate Public Relations

N.Listianto

Telp/Email : 081233998224/[email protected]



This post has been seen 561 times.
(Visited 168 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *