Membuat Lead yang Menarik Saat Menulis Buku

Menulis Buku

Menulis buku yang baik, kita perlu memperhatikan lead. Lead atau teras berita merupakan kalimat pembuka tulisan yang memberikan gambaran secara umum. Lead dapat dianalogikan sebagai jendela rumah. Meski hanya bagian kecil, tetapi mampu memberikan pandangan kepada pembaca apa yang akan diulas tuntas di badan tulisan.

Tidak dapat dipungkiri ketika menulis buku, selain cover dan judul yang menarik perhatian adalah lead yang menarik. Dalam dunia jurnalistik, lead memiliki peran penting. Lead yang menarik, akan mendorong pembaca melanjutkan membaca isi tulisan hingga akir.

Lead yang baik adalah lead yang memiliki daya tarik pembacara. Daya tarik yang membuat pembaca penasaran, dan memunculkan hasrat dan naluri menyelesaikan tulisan hingga tuntas. Penulis yang memainkan lead, memiliki probabilitas tulisannya dibaca oleh banyak orang. Sebaliknya, penulis yang mengabaikan lead, probabilitas tulisan dibaca, jauh lebih kecil.

Kesulitan umum saat menulis buku adalah membuat lead yang memiliki daya tarik. Banyak penulis yang bertanya, kategori dan cara membuat lead yang menarik itu bagaimana? Dengan kata lain, banyak penulis yang kesulitan menerjemahkan dan mengartikan lead dalam bahasa dan metode yang lebih sederhana.

Berikut tiga trik dan tips menulis buku membuat lead yang tepat menarik minat menurut pemimpin redaksi Tabloid BIAS yang pernah saya dengarkan.

Sebelumnya, prinsip dari lead adalah, kalimat pembuka yang memiliki power. Kalimat yang memiliki mengelitik pembeca penasaran. Berikut beberapa tipsnya.

  • Menggunakan Data saat Menulis Buku

Kunci menulis buku yang berbobot dan hidup karena daya analisa dan referensi yang berbobot. Berlaku juga pembuatan lead buku. Lead yang menarik dan membuat kesan pertama pada pembaca dengan menyajikan data-data di paragraph di atas. Berikut contoh lead yang menyajikan data.

“Bantul memiliki hutan bakau sebanyak 14 hektar, karena akibat cuaca yang buruk (abrasi laut), kini hutan bakau di kawasan Baros yang masih hidup hanya 5 hektar.”

Paragraph di atas, penulis ingin menyampaikan kepada pembaca bahwa di Yogyakarta yang memiliki lahan baros tidak hanya di Kulonprogo. Tetapi juga di Baros, Bantul. Penulis ingin menyampaikan bahwa luas hutan bakau di Baros awalnya memiliki lahan yang besar. Namun, karena abrasi laut 9 hektar bakau lenyap.

Lain cerita, jika lead tersebut tidak menyantumkan luasnya. Pembaca tidak akan merasa tertarik melanjutkan membaca buku karena kurangnya data yang akurat. Salah satu daya tarik pembaca adalah menyajikan data dan informasi yang bermanfaat.

  • Memaparkan karakteristik atau keunikan Tema Tulisan yang di ulas

Daya tarik lead bagi pembaca adalah, memaparkan keunikan dan karakteristik tema yang diulas. Misalnya, jika kita mengangkat tentang buku ajar Keperawatan. Maka, lead yang ditonjolkan hal terpenting dan hal dasar dari keperawatan itu apa. Bisa di singgung di paragraph awal.

Namun, yang terjadi di lapangan secara umum kesulitan menuangkan gagasan. Sekalipun di dalam pikiran ada yang ingin disampaikan. Kesulitan pertamakali memulai menulis buku adalah menuangkan gagasan dan pesan di dalam pikiran, ke dalam sebuah tulisan.

Baca juga: Metode dan Trik Penerbit Buku Melirik Naskah

Kesulitan menerjemahan ide dalam bahasa tulis hampir dialami oleh banyak penulis. Misalnya, muncul pertanyaan klise seperti, binggung memulai dari mana, apa yang akan di tuliskan, dan banyak keresahan dan keraguan lain, yang mendorong untuk tidak menulis-menulis. Untuk meminimalisir terjadinya kebimbangan, keresahan, kesulitan tersebut, berikut tips membuat lead menarik, unik, berkarakteristik sesuai dengan tema tulisan.

  1. Mengambil Pernyataan Narasumber

Pertamakali saya menulis lead juga merasakan kesulitan. Kemudian, pimpred saya memberikan satu kata kunci membuat lead lebih mudah. Lead yang berkesinambungan antara judul, lead dan isi. Mengingat banyak tulisan-tulisan yang tidak ada kaitan antara judul, lead dan isi.

Lead yang menarik dapat dibuat dengan cara mengambil pernyataan narasumber. Di dalam jurnalistik, poin ini jauh lebih mudah. Dalam dunia jurnalistik, syarat sebuah tulisan adanya pernyataan dari narasumber. Pernyataan yang paling menarik dari narasumber dapat dijadikan sebagai lead. Lalu, bagaimana membuat lead buku? simak poin 2.

  1. Mengambil Pernyataan Yang Menarik Isi Tulisan

Menulis buku dan menulis laporan jurnalistik memang berbeda gaya bahasa dan metode. Tips mudah membuat lead buku, dapat dilakukan dengan mengambil pernyataan yang menarik dari isi tulisan. Alam bawah sadar, saat menulis buku ada fase di mana penulis memiliki moment memiliki penemuan gagasan yang tidak biasa, yang tanpa sadar tertuang dalam tulisan.

Temuan gagasan yang menarik inilah yang mencoba untuk dijadikan lead. Hal yang perlu digaris bawahi saat membuat lead, penulis bisa menuliskan lead di bagian akhir tulisan. Membuat lead tidak diwajibkan menulis di sesi pertama. Boleh dilakukan ketika semua proses menulis selesai semua.

  1. Membuat Kesimpulan

Cara ketiga, membuat lead dengan cara menyimpulkan inti tulisan yang diulas. Cara ini bisa digunakan untuk jenis tulisan jurnalistik dan buku. ketrampilan utama saat membuat kesimpulan, untuk dijadikan lead adalah, penulis harus mampu mengemas kesimpulan itu menggunakan diksi yang tepat. Adapun kesimpulan untuk di jadikan lead, yang akan di bahas di poin “lead dibuat singkat, jelas dan padat”

  • Lead dibuat Singkat, Jelas dan Padat

Membuat lead yang menarik saat menulis buku adalah singkat, padat dan jelas. Lead yang yang singkat, padat dan jelas memenuhi syarat S (subjek) P (predikat) dan O (Objek). Lead juga bisa di tambah K (keterangan). Dalam satu struktur kalimat (SPOK) diharapkan mampu menjelaskan secara keseluruhan tulisan.

Lead buku yang memiliki karakteristik dan menarik dibuat seatraktif. Membuat kalimat pendek, dan memiliki kekuatan daya tarik memang sulit. Trik selanjutnya dapat disiasati dengan membuat struktur kalimat yang mengambarkan sebab akibat.

Ketika seorang penulis berhasil menentukan dan menemukan leadnya. Akan memudahkan penulis untuk menyelesaikan tulisan tersebut dengan cepat, lancar dan mengalir. di mana, tulisan dibuat bukan karena paksaan, melainkan karena ada ruh. Tulisan yang hidup, sehingga tidak garing. Sehingga tulisan terasa hidup, komunikatif dan menginspirasi.

Itulah tiga poin membuat lead menarik saat menulis buku. Semoga, ulasan dan artikel ini menambah wawasan, dan membantu memudahkan untuk menulis buku yang tidak membosankan. Semoga, ulasan tersebut mampu menjawab keruwetan dalam menerjemahkan lead yang mudah dipahami. [Elisa]

Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang teknik menulis anda dapat melihat Artikel-artikel berikut:

  1. Tiga Kunci Membuat Buku Ajar yang Terstruktur
  2. Teknik Menulis Menyusun Laporan Hasil Penelitian Menjadi Buku Ajar
  3. Teknik Menulis: 5 Hal dalam Buku Ajar yang Harus Diperhatikan!
  4. Menghindari 5 Kendala Saat Menulis Buku Ajar

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS di sini!

Jika Anda menginginkan EBOOK GRATIS tentang CARA PRAKTIS MENULIS BUKU, silakan download.



This post has been seen 484 times.
(Visited 157 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *