Ingin Mahir Menerbitkan Buku? Kuasai 8 Jenis Terbitan Buku!

cara memasarkan buku sendiri penerbit deepublish

Katanya menerbitkan buku itu susah, karena tidak tahu jenis buku yang hendak ditulis. Jika merunut macam-macam buku, sebenarnya ada banyak jenis terbitan buku yang dapat dijadikan ide menulis.

Keluhan paling umum di dengar terkait menerbitkan buku adalah, binggung menentukan jenis buku yang akan diterbitkan. Padahal, ada sekitar 10 lebih jenis buku yang bisa di pilih dan bisa ditulis. Setidaknya dari beberapa jenis terbitan ini ada satu yang pas dan cocok dengan karakter Anda. Berikut adalah beberapa jenis terbitan buku yang bisa dijadikan bahan ide.

Manual Book

Manual book atau biasa di sebut juga dengan handbook. Jenis buku ini diperuntukan sebagai bahan rujukan. Manual book juga dapat digunakan untuk buku pelajaran. Dari segi isi, berisi ikhisar pokok bahasan tentang cabang ilmu tertentu. Kemasan isi dikemas lebih praktis dan memberikan petunjuk terhadap cabang ilmu tertentu.

Misalnya manual book tentang ilmu pengelasan. Maka isinya lebih menekankan metode pengelasan. Dan manual book ini sering digunakan untuk sekolah-sekolah kejuruan. Karena memang sekolah kejuruan lebih menekankan pada teknis.

Biografi

Buku biografi adalah buku yang menuliskan perjalanan hidup tokoh-tokoh orang terkenal atau orang berpengaruh. Sebenarnya tidak hanya menuliskan kisah orang terkenal, orang biasapun juga dapat ditulis biografi. Catatannya, asalkan ada selling point yang menginspirasi dari orang tersebut.

menulis dan menerbitkan buku penerbit deepublish

Penulisan buku biografi bisa ditulis lebih santai. Di tulis menggunakan bahasa dan menggunakan karakter si penulis. Jika Anda memiliki naskah biografi, tidak ada salahnya Anda menerbitkan buku tersebut ke penerbit buku.

Geografi

Jika menulis buku biografi dan manual book sulit, Anda bisa menuliskan buku geografi. Buku geografi termasuk buku rujukan yang berisi tentang materi dan informasi geografi. Misalnya tentang globe, atlas dan peta. Selain globe, atlas dan peta, ilmu geografi juga bisa mengulas tentang studi lingkungan, sosial, kependudukan, sumber daya, industri, pertanian dan masih banyak cabang ilmu geografi lainnya.

di tahap ini bisa mengajukan pertanyaan atas masalah yang akan ditulis. Kedua, lakukan kajian teori. Ketiga, mencari data, data yang dicari ditujukan untuk membuktikan kebenaran. Keempat, pengelolaan data dan terakhir menarik kesimpulan.

Publikasi Penelitian

Khusus Anda yang ingin menerbitkan buku dibidang ilmu pendidikan, Anda bisa menulis buku dengan cara mengembangkan dari hasil publikasi penelitian. Kebiasaan dosen yang membuat penelitian bisa Anda jadikan bahan untuk menulis materi buku. Sehingga hasil publikasi yang sudah pernah dimuat, dan dibaca oleh kalangan akademisi, tersebar dan terjangkau ke masyarakat umum, lewat buku yang diterbitkan.

Karena sumber buku diambil dari hasil penelitian, maka isi buku lebih menekankan pada informasi hasil penelitian. Bentuk hasil penelitian yang dapat dikembangkan ke dalam sebuah buku bisa berasal dari hasil tesis, disertasi ataupun dari jurnal.

Sejarah

Bagi dosen dan guru Sejarah, bisa menulis buku sejarah. Teknis penulisan buku sejarah butuh kejelian dan kajian yang lebih menyeluruh. Karena menuliskan fakta yang sudah ada sejak dahulu. Selama proses penulisan, butuh penelitian yang komprehensif.

cara menerbitkan buku sendiri di penerbit deepublish

Menerbitkan buku sejarah menyantumkan peristiwa dan kejadian masa lalu. Sebagai buku referensi, rujukan sekaligus menjadi buku pedoman, maka penulis buku sejarah membutuhkan waktu dan kajian lebih dalam. Ada pembeda khusus antara buku sejarah dengan sumber ilmu yang lain, buku sejarah lebih menekan pada waktu. Yaitu waktu masa lampau.

Penulisan buku sejarah dapat menggunakan beberapa sumber. Pertama, sumber utama yang berbentuk arsip daerah, prasasti yang ditemukan pada masa dulu dan dokumen. Kedua, sumber primar yang dapat digali dengan wawancara langsung dengan pelaku. Jika pelaku sudah meninggal, bisa juga menggali lewat keluarga. Terakhir berasal dari sumber sumber benda sebagai sumber pendukung.

Terbitan Pemerintah

Buku terbitan pemerintah sebenarnya buku rujukan yang digunakan untuk proses belajar mengajar. Buku tersebut memang diterbitkan secara resmi oleh pemerintah. Terkait dengan isi buku tersebut, juga bervariasi. Umumnya, penulis yang menulis buku tersebut juga adalah penulis yang sudah ditunjuk langsung oleh pemerintah.

Buku Ensiklopedia

Menerbitkan buku jenis yang lain adalah buku ensiklopedia. Isi buku ensiklopedia berisi tentang data bibliografis yang disusun secara alfabetis dan sistematis. Informasi yang tertulis di dalamnya lebih bersifat umum. Meskipun umum, isi yang ditulis di dalamnya adalah dasar-dasarnya.

Ensiklopedia secara sederhana dapat diartikan sebagai ringkasan informasi dari berbagai cabang ilmu pengetahuan. Ada pula dari satu cabang ilmu tertentu. Teknis penulisan disusun berdasarkan alphabet dan tematik.

Kamus

Pusing ingin menulis apa? Jika anda pernah mendengar, pernah mendengar kamu gaul? Yap, kamus gaul berisi singkatan dan istilah yang gaul. Jadi, menulis kamus tidak selalu diartikan menulis kamu bahasa Indonesia yang baik dan benar, ternyata menulis kamus gaul pun juga bisa. Bahkan, ada juga kamu jawa dan mungkin di luar sana ada banyak kamus-kamus yang lain.

Itulah beberapa terbitan buku. Setelah melihat ada beberapa jenis terbitan buku, kini tidak ada alasan lagi untuk kesulitan menentukan tema dan semacam. Jika beberapa jenis di atas masih saja tidak ada yang pas dan cocok untuk Anda, masih ada jenis terbitan lain.

Misal ada buku novel, kumpulan cerpen, kumpulan puisi dan atau ada juga jenis buku motivasi dan masih banyak lagi. Semoga dari ulasan ini banyak membantu Anda untuk melihat peluang kecil, yang dapat digunakan untuk menjadi bahan tulisan.


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang menerbitkan buku, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Kontributor: Novia Intan



This post has been seen 232 times.
(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.