Meningkatkan Kesadaran Menulis Buku Ajar: UTSU Undang Penerbit Deepublish

buku ajar

Universitas Teknologi Sulawesi Utara (UTSU), memfasilitasi para dosen dan widyaiswara terbiasa menulis buku. Dalam diklat penulisan dan penerbitan buku ajar dan referensi (21/05) mengundang Penerbit Deepublish, sebagai pengisi acara terkait teknis penulisan buku.

Koordinator acara  Dr. Ir. Ferdinatus Taruh, M.Si (53) memaparkan bahwa diklat ini diselenggarakan karena rasa keprihatinan terhadap dosen di dunia menulis, terutama dalam menulis buku ajar. Mengingat, menulis bagi dosen sangat penting. Kedepannya, hasil dari pelatihan ini akan ada tindaklanjut. 

Ferdinatus juga menceritakan juga bahwa diklat ini diharapkan dapat memberikan jawaban bagi tim dosen dan Widyaiswara. Di mana banyak dari mereka yang mengalami kendala saat menulis buku dan mengubah sudut pandang terhadap penulisan buku.

“Menulis itu mudah, asal tekun  dan teliti, dan kami membangun network menjadikan kendala dan kesulitan tersebut lebih mudah,” tegasnya. Ia juga menambahkan selain dengan networking, juga dilakukan pendampingan penulisan buku.

Tanggapan Dosen UTSU Untuk Deepublish

UTSU mengundang Penerbit Deepublish dengan antusias karena memiliki tujuan yang sama, yaitu memajukan dunia literasi. Alasan lain antusiasme UTSU terhadap Penerbit Deepublish karena mudah diajak untuk bekerjasama. Nita, salah satu peserta diklat yang fokus sebagai penyuluh teknologi, merasa bangga dengan tim Deepublish karena Pemateri Depublish masih muda dan pintar menyampaikan materi secara mudah untuk dipahami. Nita juga menyampaikan kekaguman Tim Deepublish yang mengisi workshop, karena semua pertanyaan yang ditanyakan oleh teman-teman dosen bisa dijawab.

“Pertanyaan yang kami belum pahami dapat dijawab dan kami baru mengerti, tentu ini memberi semangat untuk menulis,” tegasnya.

Nita sangat senang adannya diklat ini, di mana beliau menjadi lebih mengerti bagaimana mengelola bahan dan ide yang ingin ditulis, namun terkendala dengan teknis penulisan buku itu sendiri.

Antusiasme Dosen Terhadap Menulis Buku

Ferdinatus Taruh ketika ditemui di ruangannya mengungkapkan bahwa antusiasme dosen menulis buku ajar sangat baik. Meskipun mereka terkendala cara menuangkan dalam bentuk tulisan, harapannya setelah didatangkan pakar ahlinya, langsung bersemangat dan mempraktekkan untuk segera menerbitkan bukunya. 

“Mereka langsong WOW. Ternyata ini yang kami cari. Setelah penyampaian dari Deepublish, kami berkomitmen hari Kamis sudah ada tindak lanjut penulisan,” ungkapnya.

Hasil dari penulisan yang sudah diterbitkan akan diapreasiasi. Ferdinatus menegaskan bahwa peserta yang menerbitkan buku ajar, akan langsung dipromosikan di Seminar Nasional, dimana Gubernur akan melihat bukunya langsung. (Elisa)

Ingin mengadakan workshop dan melibatkan Penerbit Deepublish dalam Pelatihan Menulis Buku Ajar?

Anda dapat menghubungi kami via Telfon maupun WA di 082135338522 atau bisa melalui email di [email protected]

 



This post has been seen 306 times.
(Visited 99 times, 3 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *