fbpx

Langkah Mudah dan Praktis Membuat Buku

cara membuat buku tulis penerbit deepublish

Seringkali kita terjebak oleh kata malas dan sulit untuk menulis. Padahal dengan menulis ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan. Selain apresiasi dari pembaca, Anda juga dapat mendapatkan penghasilan tambahan dari tulisan yang diterbitkan menjadi buku. Namun dalam menulis buku memang bukan suatu yang mudah. Mulai dari proses pembuatan yang perlu ide dan ketekunan, hingga pendistribusian sampai ke tangan pembaca.

Namun semakin majunya jaman seperti saat ini, sebenarnya tidak sulit untuk menulis buku. Buku tidak harus buku cetak. Jika Anda memanfaatkan platform media sosial yang berkembang, sebenarnya Anda sudah bisa membuat buku versi Anda. Bukan membuat buku yang susah, namun membuat buku yang laku dipasaran yang memang penuh tantangan.

cara membuat buku panduan penerbit deepublish

Karena untuk urusan laku dan tidak laku ini ada sangat banyak variabel yang mempengaruhinya. Kita abaikan dulu sementara, soal laku atau tidak laku. Sekarang kita fokus belajar bagaimana menulis hingga menerbitkan sebuah buku. Mengapa saya sebut prosesnya mudah? Mari saya ajak memahami kemudahannya. Secara sederhana, ada beberapa langkah yang harus anda lalui untuk membuat sebuah buku.

Menghilangkan Anggapan Menulis Itu Sulit

Mungkin sebagian orang tidak menyukai aktivitas menulis. Tidak sedikit orang yang mengeluh kesulitan menulis karena harus menyisihkan waktu yang tidak sedikit. Belum lagi harus mengetik kata demi kata yang runtut. Belum lagi kalau Anda punya kesibukan lain yang membuat menulis buku menjadi aktivitas yang tidak menarik. Harus disadari bahwa membuat buku memang memerlukan waktu yang tidak sebentar. Perlu berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan hingga tahunan supaya mendapatkan kualitas buku yang diinginkan. Meskipun demikian, tenang saja ada beberapa trik yang sebenarnya bisa digunakan oleh mereka yang berkeinginan kuat untuk menghasilkan sebuah karya berupa buku.

Mulai Membiasakan Menulis Blog

Jika Anda pemula dan ingin membuat buku, Anda bisa mulai berlatih dengan blog. Ada banyak platform blog yang bisa Anda coba. Melalui blog, Anda bisa berlatih menulis secara rutin. Blog tidak akan menuntut Anda membayar apapun jika Anda memilih platform blog gratis. Anda hanya perlu untuk mendaftar diri di platform yang Anda pilih. Isi judul dengan judul apapun sesuai dengan konsep blog yang ingin Anda buat, kemudian masukkan alamat blog yang nantinya menjadi tujuan para pengunjung. Pilihlah nama yang mudah diingat dan semenarik mungkin.

Menulis bukan sebuah bakat yang spesial sebenarnya. Ketika Anda berlatih dan berlatih terus, pasti Anda bisa menulis. Anda bisa mulai melatih kemampuan menulis di blog yang Anda buat. Dengan rutin menulis di blog, lama-lama kemampuan menulis Anda akan meningkat. Dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam menyusun pembuatan buku.

Mulai Menyusun Buku

Ketika Anda sudah mulai terbiasa menulis, mari saatnya untuk mulai menyusun buku yang ingin Anda inginkan. Cara praktis menulis pada dasarnya dibagi menjadi 3 bagian yakni menyusun pola tulisan, serta edit dan review hasil penyatuan pola tulisan. Jika Anda rasa ini terlalu rumit, bayangkan saja bahwa Anda sedang ingin posting status di media sosial. Jika Anda bisa mengumpulkan 100 status atau caption, maka sudah ada 100 lembar tulisan yang bisa berpotensi menjadi buku. Atau Anda bisa memanfaat blog yang sudah Anda buat. Tidak sedikit buku yang diadaptasi dari blog. Dengan membuat buku, tulisan Anda di blog akan lebih terdokumentasi dengan baik.

format membuat buku penerbit deepublish

Isi buku tidak harus tulisan panjang dan memenuhi setiap halaman buku. Tulisan pendek, quote pendek, motivasi pendek, kata mutiara, renungan diri, semua itu sudah dapat menjadi sebuah buku dari karya Anda sendiri. Apapun tulisan Anda, tema apa saja, gaya penulisan apa saja, semua dapat Anda bukukan. Misal Anda sudah punya 50 posting judul di blog Anda, itu sudah cukup dijadikan sebuah buku yang lumayan tebal.

Pertanyaan berikutnya yang muncul, apakah buku saya nanti ada yang baca atau tidak? Banyak penulis buku pemula yang berpikir seperti itu. Sebaiknya, abaikan. Karena sebenarnya tujuan membuat buku adalah mencetak sejarah pemikiran Anda. Perkara ada yang baca atau tidak, itu masalah selera saja. Semakin sering menulis buku, semua perbaikan dari gaya menulis akan terjadi dengan sendirinya. Jadi, mulailah menulis dan membuat buku versi Anda!

Menerbitkan Buku

Kalau tulisan sudah selesai, lantas bagaimana saya bisa mencetak bukunya? Sama halnya seperti menulis yang bisa menggunakan media apa saja, seperti laptop, smartphone, hingga media sosial, mencetak buku juga punya pilihan menarik.

Pada intinya tanyakan kembali ke diri Anda, apa tujuan Anda membuat buku. Jika memang tujuannya untuk mencetak sejarah pemikiran Anda maka Anda bisa menerbitkan buku Anda melalui penerbitan. Ada banyak penerbit yang bisa Anda ajukan naskahnya. Mereka bisa menerima semua bentuk naskah, baik berupa puisi, novel, komik, novel grafis, bahkan buku kumpulan foto-foto ataupun buku resep masakan. Bahkan ada pula penerbit yang bisa mencetak jenis Photobook, misalnya buku hasil-hasil foto dari traveling, atau buku kumpulan foto kuliner di Indonesia.

cara membuat buku di word 2013 penerbit deepublish

Masalah biaya ada dua pilihan. Apakah Anda akan mengeluarkan dana pribadi atau penuh diserahkan penerbit. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda memutuskan untuk menerbitkan buku dengan biaya sendiri, maka Anda lebih bebas berekspresi. Apa yang Anda tulis bisa lebih mudah diterbitkan asalkan sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan penerbit. Bisa dibilang Anda dapat menulis secara idealis di sini.

Sebaliknya, jika Anda memutuskan untuk maju ke penerbit dengan memberikan kualitas tulisan yang bagus, penerbit akan mengapresiasi tulisan Anda dengan menerbitkannya. Mudahnya, Anda tinggal mengirimkan naskah yang telah Anda buat ke email atau alamat penerbit. Jika Anda lolos dalam tahap seleksi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya penerbitan buku. Sebaliknya, Anda tinggal menunggu royalty hasil dari penjualan buku Anda.

Sekian tips mudah membuat buku yang bisa Anda coba terapkan mulai hari ini!


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang membuat buku, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Kontributor: Novia Intan

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

hubungi deepublish

kantor deepublish

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

hubungi deepublish

kantor deepublish

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk mengubungi Penerbit Buku Deepublish.

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© Penerbit Buku Deepublish