Pelatihan Menulis Buku Ajar | Meningkatkan Profesionalitas Dosen Melalui Penulisan Buku Ajar

LEMBAGA PELATIHAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR BEKERJASAMA DENGAN PENERBIT BUKU PENDIDIKAN DEEPUBLISH YOGYAKARTA

(Makasar, 30 September 2017) Univerisitas Negeri Makassar kembali mengadakan pelatihan menulis buku bagi dosen, kali ini Universitas Negeri Makassar bekerja sama dengan Penerbit Buku Pendidikan Deepublish Yoyakarta dalam kegiatan terserbut.

Sebagai Universitas yang memiliki Visi sebagai Universitas sebagai pusat pendidikan, pengkajian dan pengembangan pendidikan, sains, teknologi, dan seni berwawasan kependidikan dan kewirausahaan ini tentunya sangat mendorong dan memberikan fasilitas secara penuh kepada dosen yang ingin berkontribusi pada dunia literasi.

Salah satu bentuk dukungan adalah diberikannya fasilitas pelatihan menulis buku tersebut, sebagai pemateri yaitu Prof. Dr. I Nyoman Sudjana Degeng, M.P dengan pemaparan  materi terkait cara mengembangkan gagasan dalam penulisan buku ajar juga menjelaskan kriteria buku ajar yang baik. Beliau yang juga direktur pascasarjana Universitas Negeri Malang ini terlihat menggebu-gebu untuk memberikan materi tersebut. Karena memang antusiasme dari para peserta terlihat tinggi.

Seminar dengan tema “Meningnkatkan Profesionalitas Dosen Melalui Penulian Buku Ajar” tersebut diharapkan dapat membantu calon penulis untuk segera menerbitkan buku-bukunya.

 

Acara yang berlangsung di Menara Pinisi, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan dengan jumlah peserta sekitar 60 dosen yang terbagi dari dosen muda dan senior ini berlangusung sangat interkatif, peserta merasa perlu untuk mendapatkan pelatihan dan informasi trik and tips menulis juga menerbitkan buku

Pimpinan Universitan Negeri Makassar berharap setelah diadakannya kegiatan seminar ini nantinya para akademisi di tingkat universitas di makassar dapat memberikan andil di dunia pendidikan dengan cara menerbitkan buku ajar dan buku referensi. Ini dilakukan dengan harapan dunia literasi di Indonesia semakin berkembang.

Saat ini budaya membaca di Indonesia menurut UNESCO hanya 0,001 artinya masih dikatakan minat baca belum begitu membudaya di Indonesia, begitu pula di makassar yang notabennya bukan Pendidikan dan dengan populasi tidak sepadat di Pulau Jawa.

Semakin banyak Buku Referensi dan Buku ajar diharapkan dapat mendorong minat baca untuk semua kalangan. Di era globalisasi seperti saat ini, buku tidaklah sumber utama untuk mendapakan Informasi dan sumber referensi, Penerbit Buku Deepublish memberikan fasilitas E-Book bagi buku-buku yang diterbitkan di Deepublish. Langkah tersebut dilakukan Deepublish guna mempermudah para mahasiswa ataupun pembaca untuk mengakses buku-buku terbitan deepublish di Google Book. Calon pembaca tidak perlu repot lagi untuk membeli buku di toko buku, karena fasilitas ini dapat diakses oleh semua orang dengan aplikasi di smartphone .

Penerbit Buku Deepublish saat ini sudah berkembang menjadi penerbit buku berkelas Nasional, dimana pertahunnya dapat mencetak sebanyak lebih dari 36.000  eksemplar. Berikut adalah beberapa institusi penulis yang telah bekerjasama dengan Penerbit Buku Pendidikan Deepublish diantaranya adalah Universitas Gajah Mada, Universitas Padjajaran, Universitas Jendral Sudirman, Universitas Pasundan, Universitas Muhammadiyah Cirebon, dan masih banyak lagi instansi penulis lainnya. Hal ini membuktikan  bahwa Penerbit Buku Deepublish mampu bersaing di pasar nasional dan kelak akan menjadi pionir buku pendidikan kelas internasional dari Indonesia.  

Informasi lebih lanjut hubungi

Bondan Gazali Muchtar – Corporate Public Relatios

Telp/Email : 081233998224/ [email protected]

 

 

 



This post has been seen 131 times.
(Visited 52 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *