Mengenal Karakter dan Macam Penerbit Buku Lebih Jauh

penerbit buku

Setiap penulis tentu berkeinginan tulisannya dapat dicetak dalam bentuk buku dan diterbitkan oleh penerbit buku. Akan tetapi, sebelum proses menerbitkan naskah buku perlu kiranya mengenal karakter penerbit sehingga dapat memahami apa yang sebenarnya diinginkan oleh penerbit dari sebuah naskah buku.

Dewasa ini, jasa penerbitan buku semakin beragam dan semakin berkembang sehingga memudahkan para penulis untuk menerbitkan naskahnya. Mulai dari penerbit mayor, penerbit buku yang sudah memiliki jaringan dengan toko-toko buku sampai dengan publishing. Dimana masing-masing penerbit memiliki kekurangan dan kelebihan.

Terlepas dari itu, sebagai perusahaan bisnis tentu penerbit buku juga memerlukan keuntungan (profit). Sehingga masing-masing  penerbit memiliki pertimbangan tersendiri dalam menerbitkan buku baik dari sisi isi buku maupun sisi komersil. Agar tulisan kita dapat diterbitkan, maka perlu mengenal berbagai karakter peberbit. Hal ini untuk memberikan referensi kemana naskah buku akan dikirim setelah rampung. Untuk menentukan penerbit yang sesuai dengan kategori tulisan kita, berikut beberapa karakter penerbit yang bisa menjadi referensi Anda untuk menerbitkan buku:

 

  1. Penerbit Mayor

Penerbit mayor merupakan penerbit buku yang memiliki jaringan dengan toko-toko buku besar yang sudah tersebar di seluruh Indonesia, bahkan sudah memiliki toko buku sendiri untuk memasarkan dan mendistribusikan produksinya. Dengan sistem jaringan dan disitribusi yang luas, penerbit mayor mampu mencetak buku dalam jumlah massal. Kelebihan menerbitkan buku melalui penerbit mayor adalah biaya penerbitan dan distribusi ditanggung oleh penerbit sehingga penulis tidak perlu risau dengan pemasaran dan sebagainya. Dengan kata lain penerbit menjadi investor dari naskah buku yang diterbitkan dengan sistem royalti. Besaran royalty untuk penulis biasanya sesuai dengan perjanjian atau surat kerjasama antara penerbit dengan penulis. Sistem ini dirasa paling adil mengingat risiko bisnis yang harus dikelola penerbit.

Tidak sedikit penulis yang berusaha agar karyanya dapat diterbitkan oleh penerbit mayor, sehingga persyaratan pengiriman naskah dan prosedur pengirimannya lebih sulit. Apabila berminat untuk mengirim naskah pada penerbit mayor akan lebih baik jika memahami ketentuan yang ditetapkan, sehingga peluang naskah untuk diterima lebih besar. Adapun beberapa kelompok penerbit mayor yang dapat menjadi pilihan untuk menerbitkan karya Anda diantara; kelompok penerbit Kompas Gramedia dan kelompok Penerbit Mizan.

 

  1. Penerbit Khusus Buku-buku Agama

Tema dalam penulisan buku kini semakin beragam, tidak terkecuali buku-buku agama. Semakin banyak jumlah buku-buku yang terbit dengan tema agama, terdapat pula beberapa penerbit buku yang khusus menerbitkan buku-buku agama. Apabila Anda ingin menerbitkan buku-buku agama penerbit ini dapat menjadi pilihan. Beberapa penerbit tersebut diantaranya, Mizan, Robbani, Kanisius, Gema Insani Press, dan masih banyak lagi lainnya.

 

  1. Penerbit Khusus Novel dan Karya Fiksi

Sebagaimana kita ketahui secara umum terdapat dua jenis tulisan, yaitu fiksi dan non-fiksi. Tulisan fiksi merupakan jenis tulisan dengan tema lebih cenderung berasal dari hasil imajinasi penulis. Adapun tulisan fiksi seperti novel, cerpen, komik, puisi, dan dongeng. Sementara, tulisan non-fiksi merupakan tulisan yang dibangun berdasarkan hasil analisa dan kajian dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan. Beberapa tulisan non-fiksi seperti buku teks, biografi, dan masih banyak lainnya.

Tulisan fiksi seperti novel memiliki jumlah pembaca yang cukup banyak dari berbagai kalangan usia. Banyak dari tulisan fiksi yang menjadi best seller. Aliran yang beragam dengan alur serta bahasa yang tidak begitu kaku menjadikan tulisan fiksi lebih banyak diminati oleh pasar. Alhasil, tidak sedikit penerbit buku yang khusus menerbitkan tulisan fiksi baik penerbit mayor maupun penerbit indie. Hal ini pula yang membuat kelompok Penerbit Mayor menyediakan lini khusus untuk mewadahi penulis novel dari berbagai tema dan aliran. Beberapa penerbit yang senantiasa menerbitkan novel adalah Gagas Media, Bentang Pustaka, dan berbagai penerbit indie yang juga dapat menjadi pilihan.

 

  1. Penerbit Self Publishing

Self-publishing adalah jasa penerbit buku mandiri yang menerbitkan naskah buku sesuai dengan permintaan penulis (print on demand – PoD). Salah satu self-publishing yang dapat menjadi pilihan untuk menerbitkan naskah buku Anda adalah Penerbit Buku Pendidikan Deepublish.

Deepublish merupakan platform penerbitan mandiri yang memfasilitasi agar penulis dapat menerbitkan dan memasarkan bukunya sendiri. Dinama untuk format penerbit sesuai dengan permintaan penulis yang meliputi ukuran kertas, jumlah halaman, jenis kertas, serta hitam putih atau full color.

Sejak berdiri pada 11 Januari 2011, Penerbit Buku Pendidikan Deepublish sudah menerbitkan ratusan judul buku dan telah berhasil membantu lebih dari 250 dosen di seluruh Indonesia dalam menerbitkan naskah bukunya. Untuk proses penerbitan, penulis dapat langsung mengirimkan naskah ke kantor penerbitan tersebut. Setelah itu, beberapa proses yang akan dilakukan oleh penerbit pada fase ini adalah: mengajukan nomor ISBN untuk buku Anda, mengedit ulang (finishing), mendesain sampul buku (cover), memproduksi satu sampel (proofing) untuk Anda koreksi ulang, dan memproduksi buku sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan (Print on Demand-PoD) (Cara Praktis Menulis Buku oleh An Nuur Budi Utama, Penerbit Deepublish). Untuk informasi terkait dengan proses pengiriman  dan persyaratan naskah serta kemudahan yang dapat diperoleh melalui Penerbit dapat melihat laman penerbitdeepublish.com.

Terlepas dari itu, secara umum ada beberapa pertimbangan penerbit buku dalam menilai naskah berkaitan dengan isi buku (content). Dimana secara umum isi buku tidak berisi hasutan atau menjelek-menjelekkan kelompok tertentu. Apalagi hal-hal yang berkaitan dengan Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA). Untuk naskah tulisan yang terkait dengan hal tersebut setiap penerbit akan menghindarinya. Mari tetap menulis untuk mencerahkan, selamat menulis!!

 

Anda punya RENCANA MENULIS BUKU?

atau NASKAH SIAP CETAK?

Silakan daftarkan diri Anda sebagai penulis di penerbit buku kami.

Anda juga bisa KONSULTASI dengan Costumer Care yang siap membantu Anda sampai buku Anda diterbitkan.

Anda TAK PERLU RAGU untuk segera MENDAFTAR JADI PENULIS.
SEBELUM ANDA MENYESAL 🙁

🙂

*****BONUS*****

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Jika Anda menginginkan EBOOK GRATIS tentang CARA PRAKTIS MENULIS BUKU, silakan download

 

[Ulin Nafiah]

Referensi:

Cara Praktis Menulis Buku oleh An Nuur Budi Utama, Penerbit Deepublish, http://www.deepublish.co.id/download/Gratis-Premium-Panduan-Menulis-Buku-Penerbit-Deepublish.pdf



This post has been seen 1663 times.
(Visited 682 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *