Penerbit Buku Deepublish Dalam Menyambut Lahirnya Pancasila

Yogyakarta, 1 Juni 2017

Penerbit Buku Deepublish Dalam Menyambut Lahirnya Pancasila

Tanggal 1 Juni masyarakat Indonesia bersama-sama memperingati hari lahirnya Pancasila. Sejarah lahirnya Pancasila ini berawal dari perjuangan masyarakat Indonesia yang disampaikan melalui pidato Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan “BPUPKI” ) pada tanggal 1 Juni 1945.

Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal Pancasila pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar dari Negara Indonesia merdeka. Pidato tersebut merupakan jawaban atas pertanyaan ketua sidang BPUPKI dr.KRT Radjiman Wedyodiningrat mengenai apa dasar Negara yang akan digunakan Indonesia setelah merdeka nantinya.

Menurut etimologi Pancasila berasal dari bahasa sangsekerta , panca berarti “lima” syila berarti “dasar”. Sedangkan dilihat dari bahasa Indonesia berarti “peraturan, tingkah laku yang baik atau penting. Pancasila dapat dimaknai dengan lima aturan dan tingkah laku dasar yang penting.

Pancasila juga dikatakan sebagai filsafat, oleh karena itu pancasila sebagai ratio dari kehidupan bernegara  yang sesuai dengan akal, aturan dan pandangan hidup dalam bernegara serta Ideologi Negara dalam  arti cita-cita yang menjadi basis bagi tujuan dalam bernegara.

Idiologi Pancasila dirasa penting untuk diterapkan disejak dini, tidak dipungkiri pendidikan berperan penting dalam kehidupan. Keluarga adalah pendidikan jenjang pertama yang didapat oleh anak sebelum beranjak ke tingkat yang lebih tinggi.

Orang tua memiliki andil  dalam memberikan pendidikan akan nilai-nilai pancasila. Sedangkan didunia pendidikan Pancasila dimasukan kedalam kurikulum pendidikan yang bertujuan untuk menerapkan nilai nilai pancasila sehingga siswa bisa menerapkan nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Dasar Negara Pancasila dinilai sangat penting untuk diterapkan pada kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia , tidak hanya sebatas mempertahankan nilai-nilai Ideologis yang terkandung didalam nilai Pancasila. Lahirnya Pancasila diharapkan dapat meningkatkan keadilan sosial dan pemersatu bangsa Indonesia.

Inilah pentingnya semua masyarakat terutama generasi muda untuk bangkit membela Negara dengan memahami dan mengamalkan Pancasila. Jika tidak memiliki dan kehilangan karakter Pancasila, bangsa ini akan mudah untuk di infiltrasi , Narkoba semakin mudah masuk dan menggrogoti para penerus bangsa.

Pancasila tidak hanya ditanamkan secara kognitif dalam arti pancasila disajikan dalam bentuk materi yang disampaikan dengan lebih menarik dan tidak membosankan. Sehingga nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam rangka menyambut lahirnya Pancasila, Penerbit buku Deepublish yang bergerak pada bidang penerbitan buku pendidikan dan referensi memiliki tujuan untuk mencerdaskan bangsa Indonesia dengan membudayakan membaca buku.

Beberapa buku Pendidikan Pancasila telah diterbitkan oleh Penerbit Deepublish. Buku tersebut ditulis oleh Dosen dari berbagai daerah di Indonesia untuk dijadikan sebagai bahan ajar dan referensi bagi mahasiswa dan masyarakat di Indonesia dengan bahasa yang lebih mudah dipahami.

 

Buku Pendidikan Pancasila dapat dibeli melalui link berikut ini :

http://penerbitbukudeepublish.com/?s=pancasila&post_type=product   

Kunjungi Website penerbitbukudeepublish.com dan dapatkan diskon menarik dari kami

http://penerbitbukudeepublish.com/

Bondan Gazali Muchtar – Corporate Public Relatios

Telp/Email : 081233998224/ [email protected]

 



This post has been seen 471 times.
(Visited 133 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *