Perusahaan percetakan buku di Indonesia hadir untuk membantu Anda dalam mencetak dan publikasi buku masyarakat. Apakah Anda tertarik menjajal bisnis perusahaan percetakan buku? Jika iya, pastikan Anda telah memiliki kelengkapan seperti di bawah ini. Dan pastikan jangan buru-buru, selesaikan sebuah naskah, buat layout dan cover desain semarik mungkin, kemudian naskah Anda bisa beredar di seluruh Indonesia.

Cari Informasi Sebanyak Mungkin, Termasuk dalam Hal Modal

Apa pun bisnis perusahaan percetakan buku yang akan Anda rintis, jangan pernah lupa bahwa semua itu tetap butuh modal, tak terkecuali bisnis percetakan. Jika Anda adalah seorang yang awam, tidak ada salahnya untuk mencari informasi sebanyak mungkin tentang usaha satu ini. Hal ini sangat membantu untuk kamu menentukan langkah awal, berikut menyiapkan modal yang dibutuhkan.

Setelah mengetahui berapa kisaran modal awal perusahaan percetakan buku yang dibutuhkan, kamu bisa melanjutkan pencarian menuju ke apa saja yang dibutuhkan, termasuk peralatan yang berhubungan usaha ini.

Tahap Awal, Pesaing adalah Kawan

Tidak sedikit orang yang menggeluti perusahaan percetakan di seluruh Indonesia menganggap vendor lain adalah pesaing. Padahal, Anda tentu memerlukan banyak ilmu langsung dari ahlinya. Jalinlah kerja sama yang baik dengan vendor yang telah berhasil menjalankan bisnis ini, supaya kamu memiliki gambaran yang lebih luas tentang percetakan. Namun, jangan asal, pilihlah vendor yang benar-benar berkualitas dalam pekerjaannya.

Paham Bagaimana Proses Percetakan

Tidak banyak orang yang tahu, bahwa alasan mengapa sebuah perusahaan percetakan buku pada akhirnya tak mampu bersaing dan memilih untuk menutupnya adalah tidak mengetahui dengan pasti apa sebenarnya usaha yang sedang coba dikerjakan. Perlu dipahami bahwa membuat rincian modal usaha percetakan bukan menjadi jawaban terbaik.

Pemilik usaha juga diharuskan untuk mengetahui bagaimana sebenarnya proses produksi cetak berlangsung. Pasalnya, proses ini tidak bisa kamu hafalkan, dengan diikuti sejauh mana kamu sudah menguasai keahlian untuk mengoperasikan peralatan cetak nantinya. Memang, ini bukan menjadi yang termudah, tetapi kamu akan menjadi biasa karena sudah terbiasa melakukannya dulu.

Buat Rancangan Bisnis

Kunci keberhasilan lain dalam bisnis selain niat yang dibarengi dengan keahlian yang mumpuni adalah adanya rancangan bisnis. Ini sangat penting, karena bisnis yang kamu jalankan akan mengacu pada strategi yang sudah kamu buat sebelumnya. Jika kamu kesulitan membuatnya karena prosesnya yang cukup sulit, lakukan dengan caramu sendiri, seperti misalnya membuat skema, peta atau cabang pohon.

Tulis Segala Informasi yang Anda Miliki

Tulis segala informasi yang kamu miliki, mulai dari jumlah modal, biaya untuk berbelanja kebutuhan awal, biaya transportasi dan operasional, hingga biaya sampingan untuk membeli camilan.

Tulis Segala Informasi yang Anda Miliki

Sertakan pula kisaran keuntungan harian, lama waktu yang dibutuhkan hingga modal kembali sepenuhnya (ROI), juga strategi yang akan kamu jalankan, mulai dari promosi hingga inovasi yang bisa menjadi nilai jual yang lebih baik dari pesaing.

Hindari Menolak Order

Di awal-awal merintis perusahaan percetakan buku jangan sampai usaha dan biaya yang sudah Anda keluarkan untuk merintis usaha percetakan ini sia-sia karena Anda terlalu pilih-pilih dalam menerima order, sembari tetap berpromosi, Anda bisa mulai mengerjakan satu atau dua klien. Menolak order hanya akan membuat Anda kehilangan kesempatan untuk menunjukkan nilai lebih yang dimiliki bisnis Anda.

Pertahankan Kualitas

Meski order yang Anda terima terbilang kecil dan tidak mendatangkan angka keuntungan yang besar, Anda tetap tidak boleh menyepelekan dan harus mengerjakannya dengan semaksimal mungkin. Berapapun besarnya, kualitas tetap harus dijaga, karena ini menunjukkan kredibilitas dan profesionalitas kamu sebagai pemilik usaha. Dengan tetap berpegang pada kualitas maksimal untuk setiap proyek yang Anda tangani, pelanggan akan puas dengan hasil yang mereka dapatkan.

(Novia Intan)