5 Tips Jitu Menghindari Prokrastinasi Saat Menulis Buku

menulis buku

Kamu sedang menulis buku namun nggak selesai-selesai? Atau mau menulis namun tertunda-tunda dan akhirnya lupa? Itu pertanda Kamu mengalami gejala prokrastinasi dalam menulis. Dalam psikologi, prokrastinasi berarti tindakan mengganti tugas berkepentingan tinggi dengan tugas berkepentingan rendah, sehingga tugas penting pun tertunda. Psikolog sering menyebut perilaku ini sebagai mekanisme untuk mencakup kecemasan yang berhubungan dengan memulai atau menyelesaikan tugas atau keputusan apapun.

Nah, lalu bagaimana menghindari prokrastinasi dalam menulis buku? inilah Tips-tips nya

 

1. Sediakan waktu khusus menulis setiap harinya

Waktu menulis

Sesungguhnya tidak ada orang yang benar-benar sibuk, yang ada hanyalah masalah prioritas.

Luangkan waktu dalam hari mu barang sejenak untuk menulis. Buatlah jadwal dan patuhi jadwal tersebut. Karena jika kamu tidak memprioritaskan, maka tulisanmu tidak akan selesai. Ambilah waktu antara 30-60 menit per harinya untuk menulis, dan apapun yang terjadi usahakan pada jam tersebut Kamu benar-benar menghadap alat tulismu, dan mulailah menulis.

 

2. Saat Menulis Matikan Sosial Media

sosial media

Jaman sekarang kita tidak dapat terlepas dari sosial media, terlebih lagi gadget sekarang sangat mendukung untuk bermain di media sosial. Sosial media bisa menjadi penyebab utama penundaan. seseorang yang sudah kecanduan sosial media tidak dapat terlepas sedikitpun dari nya. Maka dibutuhkan tekad yang kuat untuk menjauhkan sosial media dari jangkauanmu saat kamu mulai menulis. Sediakan waktu khusus untuk menulis, dan pada saat itu matikan sosial media anda sejenak. Setelah waktu menulis terlalui anda bisa kembali menengok sosial media mu.

 

3. Segera Tulis Ide yang Muncul, Di Manapun, Kapanpun Kamu Berada

ide menulis buku

Inspirasi dan Ide datang tak diundang pulang tak diantar seperti jelangkung. Hehe. oleh sebab itu Kamu perlu menuliskannya kapanpun Ide itu muncul agar tidak lupa. Kamu bisa menggunakan sebuah notes kecil yang kamu bawa kemana-mana. Bisa juga memanfaatkan teknologi saat ini dengan merekamnya menggunakan audio di smartphone mu, kapanpun dan dimanapun Ide itu muncul. Baru nanti setelah  waktu menulis yang sudah Kamu jadwalkan tiba tinggal Kamu salin dan kamu susun ulang menjadi sebuah kalimat, paragraf, bahkan bab.

 

4. Beritahu Temanmu, Orang-orang Terdekatmu Tentang Komitmen Menulismu.

komitmen menulis

Jika orang-orang terdekatmu tahu apa komitmen yang sedang kamu lakukan, maka mereka akan mengingatkanmu untuk tetap memegang komitmen tersebut. Orang yang sayang padamu akan membantumu mewujudkan komitmen mu. Maka beritahulah mereka komitmen menulismu, beritahu mereka bahwa kamu memiliki jadwal menulis, dan beritahu mereka cita-citamu membuat buku.

 

5. Ketika mengalami kebuntuan, jangan berhenti menulis buku

menulis buku

Saat kamu sedang dalam jadwal menulis buku, dan kamu mengalami masalah, atau kebuntuan, jangan berhenti. kamu bisa memberi tanda untuk bab yang kamu bingung, lalu kamu lanjut ke bab selanjutnya yang ada di kepala terlebih dahulu. Lalu dilain kesempatan Kamu bisa menanyakan masalah yang kamu hadapi kepada orang yang lebih paham. Atau kamu bisa sharing ke sesama penulis mengenai kebuntuanmu. Barangkali mereka memiliki solusi atas apa yang kamu hadapi. Bertanyalah kepada orang yang lebih paham, cari referensi dari buku-buku atau hasil penelitian yang lain yang memiliki tema yang sama. Menulis sebuah buku bukan berarti harus 100% apa yang kamu tulis adalah hasil pemikiranmu, melainkan tambahan referensi dari berbagai pihak justru memperkaya hasil tulisanmu.

Nah, Itulah 5 Tips yang bisa kamu praktekkan untuk menghindari prokrastinasi dalam menulis buku. Apakah Kamu sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, bukumu kami terbitkan secara GRATIS. Kamu cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data dirimu di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

 



This post has been seen 492 times.
(Visited 106 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *