Proposal usaha percetakan buku. Jika Anda sedang ingin menerbitkan buku, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Selain naskah yang harus Anda buat, Anda juga perlu memilih penerbit dan percetakan mana yang sesuai dengan naskah. Pada artikel ini, kita tidak lagi membahas macam-macam percetakan, namun bagaimana Anda memilih proposal usaha percetakan buku yang pas dengan naskah Anda. Ada beberapa poin yang harus Anda pastikan ada di percetakan tersebut. Berikut ini ulasannya.

  1. Profil Percetakan

Profil percetakan menjadi hal yang patut diketahui sejak awal. Proposal usaha percetakan buku pastinya memiliki company profile untuk menunjang usahanya. Melalui profil perusahaan tersebut, Anda dapat mencari tahu kredibilitas dari percetakan yang mau Anda pilih. Cari tahu portofolio yang sudah mereka buat. Hampir sebagian besar percetakan buku akan memberikan sampel portofolio terbaik mereka. Penyedia sengaja menawarkan dan memberikan portofolio agar calon konsumen seperti kita ini akhirnya tertarik dan mencetak di sana.

Dengan melihat hasil portofolio yang disajikan bukan berarti bisa langsung pilih begitu saja. Masih harus selektif lagi. Karena bisa saja realitasnya tidak sebagus dan sekeren di portofolio.

download ebook gratis
  1. Contoh Buku yang Dijual

Proposal usaha percetakan buku. Melihat sampel buku yang pernah dibuat adalah langkah selanjutnya setelah mengetahui portofolio.

Misalnya nih, setelah kepo portofolio dan mulai penasaran contohnya. Maka jika memilih percetakan yang masih satu daerah, bisa melihat hasil dari teman beda sekolah yang mungkin pernah mencetak di percetakan tersebut. Setidaknya setelah melihat hal ini, Anda akan lebih yakin mengambil jasa tersebut atau pindah ke percetakan buku yang lainnya.

  1. Kualitas Percetakan

Proposal usaha percetakan buku. Kualitas percetakan juga menjadi salah satu poin yang patut kita ketahui sebagai konsumen. Kualitas percetakan ini tidak kalah penting dari reputasi percetakan. Oleh karena itu, cobalah lihat hasil kerja percetakan melalui portfolio mereka. Apa saja yang pernah mereka buat? Bagaimana kualitas gambar yang pernah mereka cetak? Teknologi apa yang mereka gunakan? Jenis kertas yang mereka gunakan? Apakah warna yang dihasilkan sesuai dengan desain? Dan sebagainya. Semakin bagus kualitas percetakan, semakin berkualitas juga layanan yang mereka berikan.

  1. Pelayanan

Hal lain yang terpenting dalam memilih percetakan adalah kualitas pelayanan yang diberikan. Dengan memilih proposal usaha percetakan buku yang bisa memberikan pelayanan yang bagus, Anda tentu akan lebih nyaman dalam berkomunikasi, seperti menceritakan apa yang Anda butuhkan, berkonsultasi mengenai jenis kertas atau bahan yang akan digunakan, dan sebagainya.

usaha percetakan buku yogyakarta

Selain itu, cobalah cari percetakan yang dapat merespon Anda dengan cepat dan memiliki layanan sistem informasi lengkap yang memudahkan anda dalam mendapatkan informasi. Dengan begitu, semua masalah yang Anda hadapi saat itu, dapat terjawab dengan solusi yang tepat dalam waktu yang cepat.

  1. Biaya

Proposal usaha percetakan buku ini juga harus kita pertimbangkan dari segi biaya. Cobalah pilih percetakan sesuai dengan budget yang Anda miliki, meski begitu Anda tetap menomorsatukan kualitas cetak. Jika Anda hanya ingin mencetak dengan kuantitas sedikit, Anda bisa memilih perusahaan percetakan buku indie. Dengan memilih percetakan indie, Anda akan mendapatkan harga yang murah meski hanya mencetak 1 lembar. Mencetak melalui percetakan buku indie juga memiliki kualitas yang sama baiknya dengan percetakan mayor.

  1. Waktu Pengerjaan

Memilih percetakan juga perlu mengetahui proses pengerjaannya. Anda pasti memiliki deadline untuk melakukan promosi bahkan sebelum memilih percetakan yang mana. Maka cobalah untuk menentukan kapan Anda bisa mengambil hasil cetakan naskah Anda sejak awal.

Jika Anda sudah menentukan waktu pengerjaan di awal, pihak percetakan bisa memprioritaskan dan tidak menunda pengerjaan naskah Anda. Jika Anda terburu-buru masalah waktu dan tidak mencetak dengan jumlah banyak, Anda bisa memercayakan media promosi Anda dicetak di perusahaan percetakan indie seperti Penerbit Buku Deepublish.


 

Kontributor: Novia Intan

Ayo baca juga artikel: