Rahasia Menulis Pendahuluan

cara membuat pendahuluan karya ilmiah

Bongkar 3 Rahasia Menulis Pendahuluan Makalah Penelitian.

Sedang melakukan penelitian? Namun bingung bagaimana menulis pendahuluan makalah penelitian?

Dalam bahasa sederhana, pendahuluan yang Anda tulis mirip seperti pernyataan khusus yang telah Anda selidik. Dimana di situlah Anda juga memberikan informasi baru dari hasil penemuan kepada Pembaca.

Pendahuluan juga bisa di artikan sebagai metode menulis yang menyampaikan latar belakang masalah yang telah ditemukan. Adapun cara lain menuliskan pendahuluan, yaitu dengan menyampaikan ringkasan hasil penelitian Anda sendiri. Sebagai catatan penting, pendahuluan ditulis secara singkat, padat dan jelas. Pendahuluan tidak dibuat menggunakan kalimat bertingkat, karena ditakutkan melebarkan sudut pandang. Sehingga menjadikan tidak fokus pada tujuan.

Prinsip penulisan pendahuluan makalah penelitian adalah, kenali dan kuasai beberapa rahasia agar makalah penelitian Anda dapat diterima oleh pembaca. Apa saja rahasia dan tahap yang perlu dilakukan oleh seorang penulis buku makalah penelitian? Sebagai berikut.

Mengenalkan topic

Kenalkan topik yang diulas kepada pembaca. Bagaimana cara mengenalkan topik kepada pembaca? Tentu saja butuh bahan yang cukup agar topik yang diangkat dapat dipaparkan lebih tajam dan menyeluruh. Dari bahan yang telah disiapkan, ambil data yang relevan terhadap topik. Hindari pengambilan data yang tidak relevan, atau memaksakan diri mengambil data. Hal ini tentu kurang baik.

Secara teknis penulisan pendahuluan makalah penelitian, disampaikan menggunakan paragraf yang dimulai dari tesis kecil atau tema yang sederhana. Buat tiap topik ke dalam kalimat topik. Maksud kalimat topik adalah setiap satu paragraf terdapat satu ide pokok. Jadi satu paragraf setidaknya disertai dengan petunjuk yang disertai dengan kalimat penjelas.

cara membuat pendahuluan tugas akhir

Kalimat penjelas inilah yang bisa di urai lebih panjang dan lebar. Bahkan lebih dalam. Karena memang fungsi kalimat penjelas untuk menjelaskan. Jika kalimat penjelas tersebut tidak bisa menjelaskan ide pokok, maka bukan disebut dengan kalimat penjelas.

Adapun trik agar topik tepat sasaran, yaitu dengan persempit topik yang masih bersifat umum. Perlu di catat, mempersempit topik bukan berarti mempersempit atau membatasi kalimat penjelas. Manfaat mempersempit topik sebenarnya membantu memberi batasan kepada penulis. Agar tidak keluar dari tema yang akan di angkat.

Jadi topik yang sudah spesifik ibarat rel kereta api yang akan memberikan jalur khusus untuk kereta yang melintas. Dengan kata lain, mempersempit jangkauan akan memudahkan pembaca bisa lebih terfokus dan total.

Memetakan Arah Penelitian

Menulis pendahuluan makalah penelitian bisa dengan memetakan arah penelitian Anda. Jadi, apabila hasil penelitian yang Anda buat memang sulit, namun bersinggungan dengan bahan-bahan materi yang lain, tidak ada salahnya untuk menyampaikan di bab pendahuluan ini.

Menuliskan kesulitan penelitian dan menyinggung arah penelitian ternyata cukup membantu pembaca membuat argumen dasar. Argumen dasar inilah yang sangat membantu pembaca memahami tujuan dan maksud yang hendak Anda tulis.

Prinsip memetakan arah penelitian sebenarnya sebagai langkah mengaitkan dan mencari hubungan dengan ide yang lain. Meskipun bentuknya mengaitkan dengan ide lain, ide dasarnya masih satu ide pokok. Dimana ide pokok tersebut memiliki cabang ide yang memiliki relevansi dengan ilmu-ilmu lain. Agar terjalin hubungan semacam ini, perlu dibuatlah konsep pemetaan. Adapun langkah memetakan arah penelitian.

  • Pertama, lakukan proses identifikasi ketika membuat konsep awal, dalam hal ini konsep yang hendak akan dilakukan penelitian.
  • Kedua, lakukan identifikasi dari berbagai konsep, yang masih berhubungan dengan konsep dasar.
  • Ketiga, menentukan hubungan antar konsep, misal apakah konsep tersebut saling menghubungkan, menimbulkan sebab-akibat atau ditemukan cabang-cabang lain.
  • Keempat, lakukan klasifikasi berdasarkan kelompok yang sejenis, kemudian temukan hubungannya.
  • Kelima, Pilih hubungan dasar dari peta konsep yang telah ditemukan.

Pemetaan arah penelitian sebenarnya membantu Anda lebih cepat menyelesaikan penulisan makalah penelitian ilmiah. Karena setidaknya ketika Anda membuat pemetaan ini, Anda sebenarnya tinggal menuliskan dan mengembangkan tema dan topiknya saja.

Metode Memasukan Hasil Penelitian Di Pendahuluan

Ada bagian penting yang harus dipaparkan di bab pendahuluan makalah penelitian. Bentuk apakah itu? Yaitu menyantumkan hasil penelitian yang sudah Anda lakukan. Jadi di bab pendahuluan Anda juga perlu menuliskan hasil penelitian secara singkat, agar makalah yang Anda buat semakin kuat, menunjukan bahwa makalah memang benar-benar hasil penelitian Anda.

Bagaimana cara memasukkan hasil penelitian di bab pendahuluan? Agar sisi argumen Anda sebagai peneliti kuat, maka bisa meletakan di bagian awal paragraf, bagian tengah paragraf dan bagian akhir paragraf. Ketika Anda memasukan hasil penelitian, penting pula menuliskan bukti-bukti.

cara membuat pendahuluan essay

Pentingkah atau perlukah seorang penulis melakukan hal semacam itu? Tentu saja, karena dengan melakukan hal ini sebenarnya memiliki tujuan. Yaitu bertujuan agar pembaca lebih yakin dan lebih mantab dengan hasil makalah penelitian Anda.

Setidaknya, ketika Anda berhasil meyakinkan pembaca terhadap hasil penelitian Anda, itu berarti sebenarnya hasil penelitian Anda memiliki kredibilitas. Adapun cara meningkatkan kredibilitas, yaitu dengan menyertaikan sumber atau referensi yang juga berkredibel.

Itulah tiga rahasia menulis pendahuluan makalah penelitian agar tulisan anda lebih mudah dipahami. Semoga dengan ulasan ini membantu membukakan wawasan, sudut pandang bagaimana membuat pendahuluan makalah penelitian yang baik. Jika masih binggung, bagaimana sih menulis pendahuluan? Anda bisa mempelajari ulasan serupa di website Deepublish.

Nah, khusus untuk Anda yang semakin bersemangat untuk praktek. Maka dengan menguasai tiga rahasia menulis pendahuluan makalah penelitian ini sebenarnya sudah bisa. Tinggal mempraktekannya saja. Dijamin penulisan makalah penelitian menjadi lebih berbobot. Semoga ulasan ini bermanfaat.


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang menulis pendahuluan, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Kontributor: Novia Intan



This post has been seen 64 times.
(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.