Tekik Menulis: Cara Mengatasi Bad Mood Saat Menulis Buku

teknik menulis

Teknik menulis kadang dikacaukan bad mood yang ada pa suasana hati dan menjadi penghalang untuk teknik menulis buku.

 

Dalam melakukan teknik menulisbad mood seringkali menjadi kendala, atau penghambat sehingga seseorang tidak bisa menyelesaikan targetnya, termasuk saat teknik menulis buku. Gangguan akibat bad mood akan menghancurkan niat seorang penulis untuk menyelesaikan karyanya. Bad mood bisa menjadi alasan bagi seorang penulis untuk tidak merampungkan pekerjaannya. Dampaknya beragam. Bisa saja si penulis akan merasa tidak memiliki inspirasi atau ide untuk dituliskan karena sedang tidak mood. Selain itu, ia akan merasa tidak berselera untuk menulis sehingga yang ada dipikirannya akan dituangkan sekedarnya. Kemudian sudah dapat ditebah bahwa hasilnya akan berantakan.

Ketika teknik menulis buku, mood yang bagus menjadi hal yang memengaruhi si penulis dalam bekerja. Ide dan inspirasi cemerlang biasanya lebih cepat datang ketika si penulis sedang dalam mood yang baik. Mood yang baik juga mengantarkan penulis untuk menyelesaikan karyanya dengan baik pula. Mood begitu diandalkan sehingga kebanyakan orang, termasuk penulis terkadang akan bergantung akan hal tersebut dalam bekerja.

Nah untuk menghindari dan mengatasi bad mood, Anda yang berprofesi sebagai penulis atau sedang teknik menulis buku dapat menyimak ulasan di bawah ini. Berikut merupakan beberapa cara untuk mengatasi bad mood.

Mencari tahu penyebab bad mood

Orang yang sedang bad mood akan merasa suasana hati dan pikirannya kacau. Ia juga kadang tidak mengerti penyebab bad mood yang sedang dialaminya. Namun perlu diketahui dan direnungkan bahwa sesuatu tidak mungkin terjadi tanpa alasan. Jadi, pasti ada alasan yang mendasari munculnya suasana hati dan pikiran yang tidak baik. Oleh karena itu, Anda perlu menelusuri dan mencari tahu perihal tersebut.

Mengenali bad mood bisa Anda lakukan dengan merenung atau berpikir tentang permasalahan yang mengganggu suasana hati. Kenali dan cari tahu hal-hal yang mengganjal di hati dan mengganggu pikiran Anda. Dengan mengenalinya, Anda akan lebih cepat mencari solusi atas permasalahan tersebut. Setelah tahu permasalahan yang mengganggu dan mencoba mengatasinya, segera tenangkan diri untuk mendapatkan mood baik Anda kembali.

Melakukan hal-hal menyenangkan dan positif

Hal-hal positif akan berujung pada akhir yang positif pula, dan sebaliknya. Bisa jadi persoalan yang mengganggu dan bersarang di hati juga pikiran akan menghambat berbagai hal positif dalam diri Anda. Hal-hal yang negatif kemudian cenderung membuat Anda cepat bosan, lelah, pesimis, dan lain sebagainya.

Untuk menghilangkan berbagai hal negatif tersebut, Anda bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan. Anda dapat melakukan berbagai kegemaran bermanfaat untuk memperoleh pikiran yang positif. Hal tersebut juga akan membantu Anda memperoleh ide dan inspirasi yang baik.

Bersyukur dan mengingat-Nya

Tidak ada alasan untuk tidak mensyukuri segala hal yang kita peroleh sebagai manusia. Ketika merasa bosan di tengah kesulitan dan dilanda bad mood sekalipun, kita tetap harus bersyukur. Bersyukur sebagai penulis dapat dilakukan dengan cara berterima kasih kepada Tuhan karena diberikan kemampuan untuk menulis dengan baik. Anda memiliki anggota tubuh yang dilengkapi pikiran untuk berkarya. Selain itu, Anda bisa membayangkan orang lain yang berada pada situasi yang lebih sulit.

Bersyukur dapat menghilangkan bad mood yang sedang menaungi Anda. Dengan bersyukur, Anda juga akan lebih memaksimalkan segala kemampuan Anda untuk teknik menulis buku. Anda akan menyadari bahwa akan ada nikmat yang lebih banyak nantinya jika Anda selalu bersyukur.

Selain itu, saat bad mood melanda, ingatlah kepada Sang Pencipta. Berdoalah agar Anda dapat diberikan kemudahan di tengah kesulitan. Anda juga perlu mengingat-Nya, sebab banyak hal berharga yang telah Anda dapatkan dari-Nya, salah satunya bakat menulis Anda. Tanpa Dia, Anda bukanlah siapa-siapa dan tidak akan menjadi apa-apa.

Jangan lupa bahagia

Kalimat tersebut kadang terkesan melankolis, tetapi bahagia pada dasarnya sangat penting bagi tiap-tiap orang. Setiap orang perlu berbahagia. Begitu pula dengan seorang penulis. Ia perlu memikirkan kebahagiaannya sendiri sehingga bisa mempermudah dirinya melakukan segala sesuatu. Anda yang berbahagia tentunya akan merasa lebih ringan dan tidak terbebani untuk melanjutkan perjuangan Anda dalam teknik menulis buku.

 

Setelah Anda memahami beberapa poin di atas, tentunya Anda akan lebih mudah untuk menghindari dan mengatasi bad mood saat teknik menulis buku. Anda bisa lebih peka untuk tahu penyebab bad mood dan membangun pikiran positif dalam menghilangkannya. Selain itu, bersyukur seraya mengingat Tuhan akan menjadi solusi yang mujarab untuk melenyapkan bad mood. Dengan begitu, Anda dapat lebih maksimal dalam menyelesaikan karya yang sedang Anda tulis. Jangan sampai bad mood terlalu lama bersarang dalam diri Anda, sebab hal tersebut dapat menghambat produktivitas Anda dalam teknik menulis buku. Cobalah lakukan hal-hal di atas untuk mengatasi bad mood yang sedang melanda diri Anda.

Referensi:

  1. http://caramenerbitkanbukugratis.blogspot.co.id/2015/08/5-cara-atasi-bad-mood-saat-sedang.html

[Wiwik Fitri Wulandari]

 

 

 

Anda punya RENCANA MENULIS BUKU

atau NASKAH SIAP CETAK?

Silakan daftarkan diri Anda sebagai penulis di penerbit buku kami.

Anda juga bisa KONSULTASI dengan Customer Care yang siap membantu Anda sampai buku Anda diterbitkan.

Anda TAK PERLU RAGU untuk segera MENDAFTAR.

Silakan ISI FORM di laman ini. 🙂



This post has been seen 460 times.
(Visited 88 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *