Teknik Menulis: 5 Rumus Ajaib Mudah Menulis Buku

teknik menulis

Teknik menulis mudah atau tidaknya tergantung pada penguasaan penulisan, tahapan yang dilalui, dan faktor dari penulis itu sendiri.

Mudahkah menulis sebuah buku? Mungkin pertanyaan tersebut kerap kita dengar. Jawaban yang diberikan untuk pertanyaan tersebut pun beragam. Ada yang akan menjawab bahwa menulis adalah hal yang mudah. Ada pula yang memberikan jawaban bahwa melakukan teknik menulis adalah hal yang sulit. Hal ini tergantung pada kondisi si penulis, pengusaan penulisan, dan tahapan yang dilalui oleh penulis.

Terkadang penulis mengalami kesulitan ketika ia sedang dalam proses melakukan teknik menulis. Si penulis akan merasa kesulitan ketika ia masih kurang menguasai teknik penulisan. Ia juga akan merasa kesulitan ketika harus menghadapi berbagai tantangan, baik dari dalam dirinya sendiri maupun dari luar. Hal inilah yang kemudian menjadikan seorang penulis merasa bahwa dirinya berada dalam kesulitan ketika melakukan teknik menulis.

Sebaliknya, menulis bisa menjadi hal yang tidak sulit ketika seorang penulis tahu dan telah mahir dalam hal teknik penulisan. Ia juga akan merasa mudah ketika semua ide-ide yang ingin dituliskannya telah terkumpul, bahkan terkonsep dengan baik menjadi sebuah kerangka tulisan. Dengan begitu proses melakukan teknik menulis menjadi sebuah alur yang sudah jelas. Ia akan mengalir ketika menuangkan ide-ide yang telah dikumpulkannya ke dalam sebuah tulisan.

Nah untuk memudahkan Anda yang masih merasa kesulitan dalam melakukan teknik menulis atau sedang dalam tahapan belajar, terdapat beberapa rumus ajaib yang bisa Anda gunakan. Anda dapat menyimak baik-baik kelima rumus ajaib tersebut dan mencanangkannya ke dalam diri Anda. Apa saja rumus ajaib itu? Ini dia ulasannya.

  1. Pengetahuan adalah kekuatan (Knowledge is power)

Sebagai dasar melakukan teknik menulis, perlu kiranya Anda mencanangkan bahwa pengetahuan adalah kekuatan. Dalam menulis, Anda pun membutuhkan pengetahuan sebagai kekuatan untuk mengawali proses. Untuk mendapatkan kekuatan itu, Anda perlu mencarinya. Karena di sini kekuatan adalah ibarat dari pengetahuan, maka yang perlu Anda cari adalah pengetahuan itu sendiri.

Pengetahuan juga bisa diibaratkan sebagai tambang emas yang Anda miliki. Jika Anda bisa mengeksplorasinya, Anda akan menjadi orang yang sangat kaya. Anda kemudian menjadi orang yang memiliki kekayaan luar biasa. Tentunya untuk mendapatkan kekayaan itu, Anda perlu menempuh sebuah proses, yaitu belajar. Tidak hanya dilakukan dalam konteks tekstual, belajar bisa dilakukan dengan cara apapun. Belajar menjadi salah satu kunci untuk mendapatkan pengetahuan.

Tanpa dijelaskan secara panjang dan lebar, Anda tentunya sudah paham tentang cara-cara memperoleh pengetahuan. Anda bisa membaca berbagai macam buku atau tulisan-tulisan di media cetak sebagai cara terbaik meningkatkan pengetahuan. Tidak hanya itu, Anda juga perlu menggunakan seluruh indera untuk menangkap berbagai macam informasi dan wawasan baru. Anda bisa lebih cermat menggunakan mata, telinga, dan indera lainnya untuk mengetahui berbagai hal baru yang ada di sekitar Anda.

Hal ini sangat berguna bagi Anda yang ingin berproses untuk melakukan teknik menulis. Penggunaan indera dan upaya maksimal memperoleh pengetahuan akan sangat membantu Anda menumbuhkan ide dan gagasan di pikiran. Setelah gagasan atau ide itu muncul, Anda bisa mulai menuangkannya ke dalam bentuk tulisan. Ide-ide itulah yang kemudian menjadi wujud akhir dari kekuatan yang perlu Anda kerahkan untuk melakukan teknik menulis.

Pengetahuan mengenai cara menulis yang baik dan benar juga Anda perlukan. Hal ini akan membuat Anda lancar dan meminimalisasi hambatan saat mulai menulis. Ketika Anda sudah mulai mahir dalam menulis, tentunya beranjak ke langkah selanjutnya, yakni menerbitkan buku bukan lagi hal yang mustahil.

  1. Bekerja adalah hal yang menyenangkan (Work is a pleasure)

Masih berkaitan dengan ibarat tambang emas, Anda perlu bekerja dengan sepenuh hati untuk mengeksplorasi tambang itu agar dapat membuat diri Anda kaya. Dengan meniti jalan sepenuh hati, tentunya Anda tidak akan merasa terbebani dalam mencapai tujuan. Anda perlu menanamkan dalam diri Anda bahwa bekerja dengan sepenuh hati akan lebih ringan dijalani dan berpotensi besar membawa Anda dalam kesuksesan.

Pun sama halnya dengan melakukan teknik menulis. Anda harus menulis dengan senang dan gembira. Anda harus membiarkan imajinasi dan ide-ide mengalir seakan tidak ada beban dan tekanan. Di samping itu, Anda tidak boleh berhenti, sebab akan sulit untuk memulai kembali sesuatu yang pernah dihentikan.

Anda juga perlu memiliki keyakinan jika menulis merupakan hal yang berat, berarti menulis masih belum dianggap sebagai hal yang berharga seperti emas. Menganggap bahwa menulis itu berat akan semakin membuat Anda terhambat dalam menyelesaikan buku. Padahal akan ada banyak rintangan dan hambatan di tengah jalan yang perlu dilewati.

Kemudian untuk keluar dari berbagai kesulitan yang akan menghadang, Anda perlu menyadari bahwa semua itu adalah hal yang wajar. Dalam setiap proses akan ditemui kesulitan dan kemudahan. Semuanya akan terlewati apabila Anda selalu berusaha dan berjuang, terlebih dengan senang hati.

  1. Tidak ada hasil jika tidak ada kesakitan (No Pain No Gain)

Selalu yakini bahwa hal-hal yang berharga diperoleh dari proses yang tidak mudah. Ada berbagai macam kesulitan yang menghadang dan harus dihadapi. Aturan bermain seperti itu sudah mutlak hukumnya sampai kapanpun. Untuk mendapatkan tujuan yang luar biasa, perlu upaya yang lebih dari sekedar biasa juga. Intinya Anda harus bekerja keras dan siap menghadapi kesulitan.

  1. Jangan pernah menyerah (Never Give Up)

Dalam perjuangan tentunya istilah tersebut menjadi hal yang tidak boleh ketinggalan. Anda harus terus dan terus berjuang. Sampai di sini, Anda telah memiliki 4 rumus ajaib yang hampir mengantarkan Anda pada kesuksesan dalam melakukan teknik menulis. Selama Anda selalu berada di track yang benar, tidak lama lagi Anda akan berada pada titik puncak. Hanya satu langkah lagi dan Anda akan sampai pada tujuan.

  1. Tidak ada yang tidak mungkin (Nothing Is Impossible)

Selama Anda yakin bahwa segalanya mungkin terjadi, tidak akan ada sesuatu yang akan menghalangi upaya Anda meraih kesuksesan dalam melakukan teknik menulis. Anda perlu bertaruh segenap jiwa dan raga seraya berdoa agar usaha Anda dalam menulis, atau kemudian menerbitkan buku juga, dapat berhasil. Anda harus berpikir bahwa tidak ada yang mustahil bagi diri Anda. Jika orang lain banyak yang mampu melakukannya, maka Anda pun bisa seperti mereka.

Sebagai pelengkap pedoman rumus ajaib tersebut, Anda juga perlu memerhatikan berbagai hal dalam menulis. Anda bisa membaca berbagai tips menulis yang banyak tertera di media sosial atau mengunjungi laman penerbitdeepublish.com untuk tahu lebih banyak tentang menulis buku. Tidak hanya menyajikan tutorial melakukan teknik menulis, melalui laman tersebut Anda juga dapat berkomunikasi langsung dengan penerbit buku terpercaya tentang cara-cara menerbitkan buku. Jadi, tidak ada lagi yang perlu Anda khawatirkan untuk memulai melakukan teknik menulis. Anda bisa menulis serta menerbitkan buku Anda sendiri dengan lebih mudah setelah berproses dengan baik dan benar.

 

Referensi:

  1. http://caramenulisbuku.com/belajar-menulis-buku-2/5-rumus-ajaib-belajar-menulis-buku.html

 

[Wiwik Fitri Wulandari]

 

 

 

Anda punya RENCANA MENULIS BUKU

atau NASKAH SIAP CETAK?

Silakan daftarkan diri Anda sebagai penulis di penerbit buku kami.

Anda juga bisa KONSULTASI dengan Customer Care yang siap membantu Anda sampai buku Anda diterbitkan.

Anda TAK PERLU RAGU untuk segera MENDAFTAR.

Silakan ISI FORM di laman ini. 🙂



This post has been seen 661 times.
(Visited 84 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *