fbpx

Tips Menulis Novel yang Menarik Bagi Pembaca

pengertian menulis novel penerbit deepublish

Novel menjadi salah satu jenis buku yang memiliki banyak peminat. Ya, sebab novel merupakan salah satu jenis buku yang paling digemari semua kalangan usia. Ini terbukti dengan adanya beragam jenis genre yang ditentukan oleh klasifikasi umur. Ada novel anak-anak, remaja (teen-lit n chick-lit), dan dewasa atau umum. Juga kita bisa check kepopuleran novel ini dengan melihat daftar buku best-seller di toko buku, dimana kebanyakan daftar tersebut dipenuhi oleh beragam jenis novel.

Novel memiliki karakteristik sendiri. Novel memang cenderung menceritakan kisah/cerita fiktif dan merupakan suatu karya sastra berbentuk prosa naratif yang panjang, dimana di dalamnya terdapat rangkaian cerita tentang kehidupan seorang tokoh dan orang-orang di sekitarnya dengan menonjolkan sifat dan watak dari setiap tokoh dalam novel tersebut.

Ada juga yang mengatakan bahwa pengertian novel adalah suatu karangan berbentuk prosa yang di dalamnya terdapat unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Tidak seperti cerpen (cerita pendek), isi cerita sebuah novel jauh lebih panjang dan kompleks, serta terdapat pesan tersembunyi yang ingin disampaikan kepada pembacanya.

Novel memiliki ciri yang berbeda dari jenis buku lainnya. Pada umumnya novel terdiri dari sekurang-kurangnya 100 halaman atau jumlah katanya lebih dari 35.000 kata. Kemudian novel ditulis dengan suatu narasi dan deskripsi untuk menggambarkan suasana kejadian di dalamnya. Novel juga memiliki alur cerita yang cukup kopleks dan terdapat lebih dari sattu impresi efek dan emosi. Rata-rata pada umumnya orang membutuhkan waktu setidaknya 120 menit untuk selesai membaca novel. Cerita pada sebuah novel pun bisa sangat panjang dengan banyak kalimat yang diulang-ulang.

tips menulis novel romance penerbit deepublish

Untuk membuat sebuah novel yang menarik dan diminati oleh pembaca, kita perlu memperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan isi novel. Selain judul yang menarik, isi cerita juga merupakan tolak ukur novel dibilang bagus atau tidak. Supaya novel yang kita buat menarik bagi pembaca berikut ini tips yang bisa terapkan saat membuat novel fiksi.

Branding Diri Anda

Salah satu faktor novel yang bisa menarik perhatian adalah penulisnya. Pembaca selalu memperhatikan penulis yang sudah menghasilkan buku. Pernyataan ini tidak ada hubungannya dengan kualitas. Bisa saja penulis mula hasilnya lebih bagus daripada Penulis tenar. Tetapi tentu saja orang yang sudah pernah menghasilkan buku lebih dipercaya mampu menulis daripada orang yang belum mempunyai karya sama sekali. Oleh karena itu, nama baik sangat perlu untuk seorang penulis. Jaman sekarang penulis sudah tidak bisa seperti Freddy S. Hanya diam di belakang layar tetapi bukunya banyak dicari orang. Sekarang penulis jumlahnya banyak. Tidak hanya buku yang dijual tetapi juga harus bisa “jual diri”. Lihatlah di masa sekarang. Ada penulis yang menulis bukan karena ingin menjual buku atau ide kreatif-nya tetapi karena dirinya sendiri mempunyai nilai jual.

Untuk mengangkat nama, Anda bisa menggunakan media sosial yang telah banyak tersedia. Tidak sedikit penulis yang telah melakukan hal tersebut. Anda bisa memanfaatkan instagram, twitter, blog, hingga watpadd. Beberapa aplikasi bisa menjadi langkah awal Anda dalam menuliskan karya. Misalnya Anda ingin melihat respon tulisan Anda kepada masyarakat luas sebelum masuk ke penerbit, Anda bisa membuat di wattpad.

Wattpad memberikan serialisasi, jika dilakukan dengan benar, dapat menarik para pembaca setia, dan Wattpad sangat sadar akan hal ini. Kita harus merilis konten bab demi bab yang pada gilirannya mendorong pembaca untuk terus membaca buku kita. Pembaca setia dapat mendaftarkan diri sebagai “fan” dan dengan demikian, akan menerima pemberitahuan email setiap kali penulis favorit mereka mem-posting sesuatu yang baru.Tingkat keterlibatan ini adalah hal yang sangat penting karena penggemar yang berdedikasi akan lebih cenderung mengikuti tulisan kita di luar Wattpad.

Cerita Harus Dramatis dan Emosional

Selain diri sisi penulis, alur cerita yang menarik juga menjadi daya pikat sebuah novel. Kita perlu mencari ide sebanyak mungkin untuk mengembangkan sebuah cerita. Mulai dari tokoh, alur, hingga angle yang diambil. Novel yang menarik yakni memiliki cerita yang tidak biasa.

Cerita yang biasa-biasa sudah umum dijalani orang di dunia nyata. Pada novel, mereka ingin cerita-cerita yang tidak biasa. Puaskan mereka oleh karena fakta ini sebab novel bukan sebuah berita yang ada di koran. Koran memiliki tujuan memberitahu, sementara cerita fiksi bertujuan membuat pembaca merasa dan masuk dalam cerita yang Anda buat. Jangan lupa memberi hal-hal dramatis dan sangat emosional. Ingat satu hal: Manusia itu makhluk emosi, tak masalah seberapa pandai mereka.

Ingat di dalam novel tidak boleh ada ‘pemati imajinasi’ pembaca, dalam segala bentuknya. Pemati imajinasi ini bisa berupa logika yang tidak nalar, pengetikan yang belepetan, bahasa yang ‘kotor’, penuangan yang bertele-tele, dan seterusnya hal-hal yang dinilai ‘enggak banget’ oleh pembaca. Kedua, sedapat mungkin ada pemicu imajinasi. Salah satu pemicu imajinasi yang penting adalah adanya unsur dramatis yang kuat.

Sebagai penulis novel, Anda perlu membangunan konflik yang sempurna dalam suatu cerita sebagai unsur dramatis. Dramatis bukan berarti bahwa suatu cerita itu harus merupakan melo-drama seperti sinetron, ya. Unsur dramatis bisa dengan beragam macam cara. Bisa dramatis lucunya. Dramatis mengharukannya. Dramatis ironi kehidupan yang ditimbulkannya. Dramatis kegembiraannya. Dramatis kejadiannya, dramatis dalam bentuk lainnya.

Mirip Kejadian Nyata

Fakta lain yang membuat novel bisa lebih mudah diterima oleh pembaca yaitu kesesuaian terhadap kedaan nyata. Memang ada banyak novel fantasi yang terkadang tidak bisa dinalar, namun faktanya meski genre fantasi biasanya penulis tetap memberikan unsur-unsur kejadian nyata. Kenapa? Karena orang lebih bisa diarahkan pada sesuatu yang berhubungan dengan mereka.

format penulisan novel penerbit deepublish

Misalnya Anda ingin menulis tema percintaan, cerita tentang mantan akan lebih mampu dicerna oleh orang yang pernah punya pacar atau patah hati. Alasannya sederhana, karena mereka menempatkan diri mereka pada cerita tersebut. Jika ada penulis yang peka terhadap kejadian terbesar pada genre-nya (misalnya penulis teenlit peka terhadap dunia remaja), maka ceritanya tersebut lebih mudah membuat pembaca memasukkan pribadi mereka ke cerita fiksi. Dengan demikian pembaca lebih mudah menerima cerita.

Buatlah Sederhana

Seberapa novel dapat dipahami dengan mudah, Anda bisa melakukan sebuah percobaan. Caranya dengan membaca sebuah novel secepat mungkin. Ukur waktu Anda saat membaca. Seberapa cepat waktu Anda membaca dan mengerti isi novel tersebut. Tidak banyak orang yang membaca novel dengan kecepatan tinggi. Kesederhanaan akan membantu mereka menyerap cerita dengan cepat.

Untuk membangun unsur kesederhaan dalam novel gunakan bahasa sesuai dengan target pembaca. Cerita anak-anak akan berkosa kata dan ber-plot lebih sederhana dari cerita dewasa. Waktu Aku sama Mika karya Indi dan Totto-chan Gadis Kecil di Jendela karya Tetsuko Kuronayagi adalah contoh cerita dengan bahasa dan plot sederhana tetapi tetap menarik. Jika cerita dewasa yang Anda sasar, novel-novel karya Dee Lestari atau Tere Liye bisa menjadi referensi.

Buatlah Cerita yang Mewakili Pembaca dalam Cerita Tersebut

Kesuksesan sebuah novel bisa dilihat juga dari bagaimana pembaca menanggapi novel Anda. Jika ada pembaca yang berkata, “Novel ini gue banget.” Maka cerita tersebut mempunyai kesempatan merebut hati pembaca. Cerita sering dijadikan fantasi bagi orang-orang yang tak sanggup menghadapi sesuatu namun di cerita tersebut dia sanggup.

Kembali lagi pada poin sebelumnya bahwa target pembaca sangat berpengaruh. Sebab cerita yang akrab dengan pembaca akan semakin disukai. Misalnya jika target pembaca Anda adalah anak-anak maka kaitkan dengan keyword: malas belajar, hantu, tidur sendiri, pertemanan, lingkungan tempat tinggal atau suasana sekolah. Sementara untuk remaja mungkin akan lebih mendekati dunia: pacaran, persaingan, patah hati atau broken home. Dewasa muda mungkin beraroma perselingkuhan, persaingan di tempat kerja, perceraian atau perkawinan. Buatlah cerita-cerita yang akrab dengan pembaca yang sedang dibidik. Dengan begitu novel Anda akan lebih hidup dan diminati banyak orang.

Demikian penjelasan tips agar novel menarik dibaca. Tips di atas tidaklah mutlah, Anda bisa mencari referensi lain supaya tulisan Anda lebih baik dan diminati pembaca.


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang menulis buku, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

hubungi deepublish

kantor deepublish

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

hubungi deepublish

kantor deepublish

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk mengubungi Penerbit Buku Deepublish.

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© Penerbit Buku Deepublish