fbpx

Mengenal Proses Laminating di Toko Percetakan Jogja

laminasi

Toko percetakan Jogja. Pernah dengar proses laminating? Jika Anda adalah pelajar, pekerja, akademisi, dan yang aktivitasnya bersentuhan dengan kertas pasti tidak asing dengan istilah laminating. Kita tentu memiliki dokumen-dokumen yang berharga, namun jika tidak dirawat tentu dokumen ini akan rusak dan berdebu. Untuk menghindari itu semua, cara yang bisa dilakukan adalah dengan laminating dokumen tersebut.

Pengertian Laminating

Laminating  berasal kata laminate, artinya melapisi, bisa juga disebut melapisi sesuatu dengan bahan tertentu dan alat khusus. Jadi laminating adalah membungkus atau melapisi dokumen menggunakan alat dan plastik khusus. Plastik laminating ini sifatnya lengket pada dokumennya.

Jadi dokumennya sudah tidak bisa diambil lagi. Jika kita memaksa untuk mengambil dokumen tersebut bisa jadi dokumen anda malah akan rusak. Maka akan mudah dan efektif dengan cara laminating sendiri ini. Selain untuk mencegah kerusakan, alasan lain untuk laminating karena kerapian. Bahkan dengan laminating juga bisa membuat dokumen berharga anda tampak lebih bagus. Dokumen yang pada umumnya dilaminating adalah KTP, ijazah, sertifikat rumah, akta kelahiran, kartu keluarga dan surat-surat berharga lainnya.

Proses Laminating

Di toko percetakan Jogja biasanya menggunakan dua jenis proses laminating.

Berikut ini jenisnya:

  • Laminating Panas

Proses pelapisan laminating ini menggunakan suhu panas yang disesuaikan dengan jenis laminatingnya maupun jenis media yang akan dilaminating. Untuk laminating glossy biasanya temperature lebih panas daripada daripada laminating Doft. Proses pemanasan ini untuk menempelkan media plastik (plastik khusus untuk laminating) ke media kertas yang akan dilapisi.

  • Laminating Dingin

Media yang akan dilapisi tinggal dimasukkan ke mesin khusus laminating dingin, jadi anda tidak perlu melakukan pemanasan. Hal ini karena, media yang ada di mesin laminating sudah dilapisi semacam lem yang berfungsi untuk merekatkan ke media yang akan di laminating. Untuk ukuran laminating ini tersedia dari ukuran kecil sampai ukuran yang besar dari ukuran postcard sampai yang besar ukuran AO. Untuk laminating dokumen keluarga yang umum seperti KTP, Kartu keluarga, Ijazah, dll. termasuk jenis laminating glossy dengan proses pemanasan. Tersedia ukuran KTP sampai A3. Media yang tipis dan fleksible, digunakan untuk print Xbanner maupun Roll up banner.

Cara Laminating

Jika Anda berniat untuk melaminating dokumen Anda, sebenarnya Anda bisa datang saja ke toko percetakan Jogja. Biasanya mereka telah menyediakan mesi laminating yang bisa digunakan dengan mudah. Hanya saja, Anda memang perlu mengeluarkan biaya untuk jasa tersebut.

Jika Anda ingin hemat, Anda bisa kok membeli alat tersebut di toko percetakan Jogja. Berikut ini langkah-langkah penggunaan mesin laminating dilansir dari website info peluang usaha:

  1. Hidupkan mesin laminating. Ada on / off biasanya terletak di bagian belakang mesin. (Plug mesin ke stopkontak pertama.) Jika tombol on / off dalam posisi, namun tampaknya tidak akan berfungsi, periksa “siaga” untuk mendapatkan mesin keluar dari hibernasi.
  2. Tunggu beberapa menit, tergantung pada model mesin Anda. Kebanyakan laminators membutuhkan setidaknya 10 menit untuk benar-benar pemanasan. Anda dapat mengetahui apakah mesin siap dengan melihat lampu indikator nya. Kebanyakan mesin memiliki “Siap” Lampu yang menyala dan mematikan sampai mesin siap untuk pergi, pada saat itu, cahaya tetap padat.
  3. Pilih kecepatan di mana Anda ingin mesin untuk laminasi. Kebanyakan mesin memiliki 10 pengaturan, 1 adalah paling lambat dan 10 adalah yang tercepat. 4. Laminating sangat item tebal, seperti papan poster, pada kecepatan lebih lambat. Laminating tipis item, seperti kertas notebook, pada kecepatan lebih cepat.
  4. Tempatkan item yang ingin laminating di mesin. Geser sampai mereka hanya menyentuh tepi film plastik. Membuat item yakin tidak tumpang tindih atau terlalu lebar untuk mesin. Ingat bahwa Anda tidak dapat membatalkan laminating tanpa merusak item laminating.
  5. Tekan tombol “Run” tombol. Item yang harus mulai bergerak melalui mesin laminating. Anda bisa tekan tombol “Stop” tombol kapan saja untuk menambahkan item tambahan. Setelah Anda memberi makan semua item ke dalam mesin, tunggu sampai item terakhir benar-benar keluar bagian belakang mesin. Tekan tombol “Stop” tombol waktu akhir.
  6. Geser mekanisme pemotongan (terletak di belakang mesin) di film plastik. Ini melepaskan bahan laminasi Anda dari gulungan film plastik dan menyiapkan mesin untuk pengguna berikutnya.
  7. Lapisi kertas/dokumen dengan plastik pelapis khusus untuk laminasi,lalu dipres dan dipanaskan. Hidupkan tombol power dan biarkan mesin menjadi panas, dan sudah dapat digunakan saat lampu indikator “Ready” menyala. Jangan lupa untuk menyesuaikan ketebalan materi yang akan dilaminating. Sebaiknya lapisi plastik laminating dengan kertas hvs minimal 60 gram.

Saat menggunakan mesin laminating, salah satu perlengkapan yang perlu diperhatikan saat penggunaan laminator kantong adalah carrier. Sebuah operaator laminating adalah selubung yang mengelilingi kantong baik laminating dan dokumen Anda, membuat proses laminating mudah, cepat, dan bersih.

Jenis-Jenis Mesin Laminating

Mesin laminating juga terdiri dari beberapa jenis yang memiliki spesifikasi berbeda-beda tergantung pada kebutuhan penggunaan.

  • Laminating Doff

Ini adalah jenis laminating yang menghasilkan lapisan plastik atau film yang berwarna gelap dan tidak mengkilap. Laminating Doff mempunyai kesan elegan, mewah dan eksklusif. Jenis laminating ini sering digunakan untuk melaminating dokumen seperti buku, majalah, undangan, kertas, surat, dan yang lainnya.

  • Laminating Glossy

Berbeda dengan laminating doft, laminating Glossy akan menghasilkan lapisan plastik yang berwarna mengkilap pada sebuah produk yang dilapisinya. Jenis laminating Glossy juga akan mempunyai tekstur yang licin ketika disentuh. Laminating Glossy sering digunakan untuk melapisi dokumen seperti foto, cover buku, sticker, poster, pamphlet, dan produk yang sama dengan laminating Doff.

  • Laminating Window

Laminating Window adalah laminating yang mempunyai fungsi untuk membuat kemasan tidak tertutup jadi dokumen dapat dilihat. Window laminating biasanya digunakan pada kemasan sebuah produk yang mempunyai area terbuka. Yang mana area tersebut akan ditutup dengan plastik atau film laminating yang tidak berwarna tranparan.

  • Laminating Spot Uvi

Jenis laminating ini hampir sama dengan jenis laminating Glossy yakni menghasilkan lapisan permukaan berwarna mengkilat. Hanya saja laminating jenis ini hanya digunakan untuk area tertentu sedangkan Glossy digunakan untuk seluruh permukaan dokumen. Laminating Spot Uvi banyak digunakan pada benda atau dokumen tertentu seperti undangan.

Biasanya ada banyak kemungkinan kerusakan terjadi pada dokumen saat proses laminating. Karena itulah Anda harus berhati-hati.

toko percetakan jogja

Nah berikut ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari atau mencegah kerusakan pada dokumen yang sedang dilaminating :

  • Untuk Menghindari Lengket

Bila anda melaminating dokumen, panas dari roll mesin akan mancairkan perekat yang ada di dalam kantong laminating secara otomatis. Perekat ini membantu mengikat kantong untuk dokumen anda. Perekat ini akan dilebur selama laminasi, biasanya sebagian akan cairan tersebut keluar dari kantong laminating pada mesin. Cairan ini tidak hanya mempengaruhi kinerja, tetapi tampilan dokumen anda juga. Nah, anda dapat mencegah kekacauan ini dengan menempelkan item yang disebut carrier.

  • Untuk Mencegah Kemacetan

Kemacetan mesin saat anda melaminating tentunya dapat menghambat produktivitas. Hal ini terjadi jika Anda melaminating tanpa carrier. Anda dapat mencegah kemacetan ini, jika anda mengatur dan melihat potensi masalah dari kemacetan mesin. Cara terbaik yang bisa anda gunakan untuk memastikan tidak terjadi kemacetan adalah dengan menggunakan carrier ketika laminating.

  • Untuk Mendinginkan

Bila dokumen anda baru keluar dari mesin laminating biasanya itu akan sangat panas. Untuk mencegah hal ini anda dapat menggunakan sebuah carrier. Hal ini memungkinkan anda untuk menempatkan dokumen anda ke sisi mana saja, tanpa perlu takut kepanasan yang menyebabkan dokumen menjadi rusak atau mungkin membakar tangan anda.

Demikian ulasan tentang mengenal cara laminating dengan mesin laminating di toko percetakan Jogja. Semoga bermanfaat!


 

Kontributor: Novia Intan

Ayo baca juga artikel:


PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

hubungi deepublish

kantor deepublish

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

hubungi deepublish

kantor deepublish

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk mengubungi Penerbit Buku Deepublish.

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© Penerbit Buku Deepublish