Promo Terbatas! ⚠️

Cetak buku diskon 35%, bonus tambahan eksemplar dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

Press Release: Workshop Penulisan Buku Terbitan Ilmiah Kolaborasi Antara ITK Press dan Penerbit Deepublish

workshop penulisan buku terbitan ilmiah

Dalam dunia pendidikan tinggi, kegiatan meneliti dan melakukan publikasi hasil penelitian menjadi kewajiban. Keberhasilan dosen selaku peneliti dan ilmuwan dalam melakukan publikasi kemudian meningkatkan reputasi. 

Baik reputasi dosen itu sendiri maupun institusi tempatnya bernaung. Kegiatan publikasi tidak terlepas dari dukungan sejumlah pihak. Terutama dukungan penerbit yang membantu proses publikasi artikel ilmiah berisi hasil penelitian dosen. 

Publikasi menjadi bentuk kontribusi bagi institusi pendidikan tinggi dalam mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di tanah air maupun dunia. Sehingga kegiatan publikasi menjadi hal krusial untuk dilakukan. 

Meskipun penting, kuantitas publikasi di lingkungan pendidikan tinggi masih terbilang rendah. Jika dibandingkan dengan sejumlah negara lain di dunia, meskipun dari tahun ke tahun publikasi Indonesia terus meningkat. 

Mendorong peningkatan kuantitas maupun kualitas publikasi. Maka Kampus ITK (Institut Teknologi Kalimantan) bekerjasama dengan penerbit deepublish menyelenggarakan acara workshop bertajuk Penulisan Buku Terbitan Ilmiah. 

Workshop Penulisan Buku Terbitan Ilmiah 

workshop penulisan buku terbitan ilmiah

Publikasi ilmiah menjadi hal penting untuk terus dilakukan oleh seluruh institusi atau perguruan tinggi di tanah air. Publikasi ilmiah menunjukan reputasi PT terus membaik dalam memberi kontribusi pada perkembangan IPTEK. 

Kegiatan publikasi dimulai dengan melakukan penelitian, hasil penelitian kemudian dibuat menjadi artikel ilmiah. Artikel ilmiah ini kemudian dipublikasikan dalam bentuk jurnal ilmiah. Opsional lain adalah disusun menjadi buku dan diterbitkan secara resmi. 

Dalam proses publikasi tersebut, seorang dosen tidak cukup hanya mendapatkan dukungan dari PT tempatnya mengabdi. Melainkan juga membutuhkan dukungan dari perusahaan penyedia layanan penerbitan ilmiah. 

Dewasa ini, jumlah penerbitan ilmiah terus bertambah meskipun jumlahnya masih kalah jauh dengan penerbitan karya tulis konvensional (non ilmiah). Meskipun begitu, kegiatan publikasi masih dapat terus berjalan. 

Apalagi produktivitas lembaga penyelenggara kegiatan pendidikan tidak terlepas dari jumlah publikasi yang telah dilakukan. Maka lewat latar belakang ini, pihak Kampus ITK melalui ITK Press (penerbit kampus ITK) menyelenggarakan workshop. 

Workshop ini kemudian menggandeng sejumlah mitra, dan salah satunya adalah penerbit deepublish yang merupakan salah satu perusahaan penerbitan ilmiah. Workshop ini diberi tajuk Penulisan Buku Terbitan Ilmiah. 

Dimana terbitan ilmiah ini mencakup buku referensi, buku hasil penelitian, dan juga buku ajar. Workshop ini diharapkan mampu memberi pemahaman dan pemantik semangat bagi para dosen untuk terus menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya. 

Tujuan Diselenggarakannya Workshop Penulisan Buku Terbitan Ilmiah 

Workshop Penulisan Buku Terbitan Ilmiah digelar secara daring melalui aplikasi Zoom pada 14 April 2022. Dimulai pada pukul 13.00 WIB dan diikuti oleh seluruh dosen dari Kampus ITK dan peserta diluar kampus. 

Workshop yang diselenggarakan dari hasil kerjasama antara ITK Press dengan penerbit deepublish ini memiliki sejumlah tujuan. Diantaranya adalah: 

  • Memberikan dan meningkatkan pemahaman dosen mengenai adanya peluang sekaligus tantangan dalam menulis buku, terutama buku terbitan ilmiah. 
  • Membantu para dosen mengenal lebih detail mengenai berbagai jenis buku terbitan ilmiah di lingkungan pendidikan tinggi. Mulai dari buku ajar, monograf, referensi, diktat, sampai modul. 
  • Memberikan pemahaman kepada dosen mengenai angka kredit yang berhubungan dengan kegiatan menulis dan publikasi ilmiah. 
  • Memahami anatomi dan penyajian kreatif buku di Perguruan Tinggi yang dapat didaftarkan International Standard Book Number (ISBN) 
  • Sebagai pemantik bapak ibu dosen untuk lebih giat dalam menulis buku serta mengetahui kaidah ilmiah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Workshop secara daring ini diharapkan mampu memberi kemudahan mencapai berbagai tujuan tersebut. Selama workshop berlangsung, dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Prof. Ir. Budi Santosa, M. Sc., Ph.D. (Rektor ITK) dan Dr. Moch. Purwanto, S.Si., M.Si (Ketua LPPM ITK). 

Setelah sambutan tersebut, materi Penulisan Buku Terbitan Ilmiah kemudian disampaikan narasumber pertama. Baru kemudian pemaparan materi dari perwakilan penerbit deepublish terkait materi penerbitan dan juga percetakan buku ilmiah. 


Apakah Anda sedang atau ingin melakukan cara membuat buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silahkan isi data diri Anda di : Daftar Menjadi Penulis Buku

Jika Anda Membutuhkan Referensi Tambahan, Kami Menyediakan EBOOK GRATIS yang Spesial Kami Persembahkan untuk Anda. Adapun Macam Ebook yang Bisa Anda Download sebagai Berikut:

Ebook : Cara Praktis Menulis Buku

Ebook : Rahasia Menulis Buku Ajar

Ebook : Self Publishing

Ebook : Pedoman Menulis Buku Tanpa Plagiarisme

Ebook : Strategi Jitu Menulis Buku Monograf

Ebook : Cerdas Menulis Buku Referensi

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama