5 Kiat Menjadi Penulis Buku Best Seller

rahasia novel best seller

5 Kiat Menjadi Penulis Buku Best Seller.

Di jaman serba digital ini salah satu pekerjaan sampingan yang menguntungkan adalah menulis. Kok bisa? Selain bisa mengkomunikasikan ide, Anda juga dapat menghasilkan uang tambahan. Tapi, menulis tidak cuma itu-itu saja, Anda perlu memiliki jiwa kreatif dan berani beda supaya tulisan Anda lain dari yang lain.

Tidak sedikit para penulis kreatif lepas ini akhirnya dapat menerbitkan bukunya sendiri. Dan tidak jarang pula yang akhirnya best seller. Pada artikel ini penulis ingin berbagi tips kepada pembaca bagaimana langkah menjadi penulis buku best seller yang karyanya bisa diterima oleh masyarakat luas. Selengkapnya, simak artikel berikut ini.

1. Jadilah Penulis yang Baik

Untuk menjadi penulis lepas, tentu saja Anda harus bisa menghasilkan tulisan yang baik. Banyak orang merasa yakin bahwa mereka memiliki kemampuan menulis, tetapi hasil tulisan mereka tidak memiliki orisinalitas, memperlihatkan tata bahasa yang buruk, dan disiplin diri yang menunjukkan hal sebaliknya.

Pastikan Anda merasa nyaman dengan kegiatan menulis karena media itulah yang akan Anda gunakan untuk mengekspresikan diri dengan mudah dan jelas, dan Anda tidak merasa keberatan melakukannya hampir setiap hari sepanjang hidup, tanpa jeda.

cara menulis buku yang menarik

Jika Anda belum memiliki kualifikasi di bidang menulis, tidak ada salahnya mengambil gelar sarjana di bidang jurnalistik atau bahasa Inggris, atau mengikuti kursus sehingga Anda bisa mengetahui persyaratan yang dibutuhkan di bidang menulis, dan terminologi yang digunakan.

Bahkan jika Anda sudah memiliki gelar di bidang yang tidak berhubungan dengan dunia menulis, akan lebih mudah bagi Anda untuk memperoleh ijazah menulis atau mendapatkan pekerjaan sebagai copywriter atau editor tingkat pemula di bidang yang sesuai dengan jurusan yang Anda ambil.

Putuskan mana yang lebih Anda sukai, fiksi atau nonfiksi, atau mungkin keduanya? Namun ingat, nonfiksi lebih mudah dijual dibanding fiksi. Jadi, pertimbangkan hal ini saat menentukan pilihan. Jika Anda menulis untuk menyalurkan hobi, ada banyak kesempatan untuk bereksperimen.

Putuskan apa tujuan Anda menulis. Apakah untuk mencari nafkah, mendapatkan uang tambahan, atau sekadar bersenang-senang? Alasan di balik keputusan Anda untuk terjun ke dunia penulisan lepas akan memengaruhi pendekatan yang Anda ambil dalam menjalankan profesi sebagai penulis lepas. Harap diingat bahwa mengandalkan penulisan lepas sebagai penghasilan utama akan membutuhkan banyak kerja keras dan kegigihan untuk “membesarkan” nama Anda di bidang ini. Jadi, bersiaplah untuk mencurahkan tenaga dan waktu untuk mencapainya.

Jika Anda sudah mengantongi kualifikasi, misalnya gelar atau diploma, jangan lupa memanfaatkannya untuk menunjang keahlian Anda. Memiliki kualifikasi sangat penting di dunia penulisan lepas yang sangat kompetitif, apalagi banyak orang yang menginginkan hal yang sama, sementara mereka tidak memiliki kualifikasi yang menonjol.

2. Latihlah Kemampuan Komunikasi

Jika Anda ingin tulisan Anda diterima masyarakat luas, maka Anda harus berhubungan dengan banyak orang sebagai penulis lepas. Anda harus bisa berkomunikasi dengan mreka sehingga Anda dapat memasarkan diri Anda. Dengan begitu Anda dapat menciptakan sesuatu yang menarik untuk mendatangkan bisnis, dan mengejar kesempatan.

Selain itu Anda juga harus mampu menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan tuntutan yang diajukan klien atau pemberi kerja, dan semua itu membutuhkan keterampilan negosiasi dan interaksi yang baik.

Untungnya, sebagian besar komunikasi bisa dilakukan melalui surel, dan itu berarti Anda bisa mengandalkan keterampilan menulis untuk berhubungan dengan klien. Akan tetapi, Anda juga harus mempersiapkan diri untuk mempromosikan diri di luar sana, bukan hanya duduk diam menunggu kesempatan kerja datang menghampiri.

Oleh karena itu, berkomunikasi melalui tulisan terbilang penting. Anda harus tahu cara menulis surat pengantar naskah. Surat pengantar menjelaskan konsep tentang apa yang ingin Anda tulis, beserta penjelasan singkat tentang pengalaman dan kualifikasi Anda.

Surat ini menjual ide Anda kepada editor, pemilik blog, atau pengelola situs web dan akan menjadi alat komunikasi rutin. Semakin cepat Anda merasa nyaman dengan alat komunikasi ini, semakin baik.

3. Berkumpul dengan Orang-Orang Positif

Penulis identik dengan pekerjaan sendirian yang membutuhkan konsentrasi penuh. Terkadang penulis merasakan bosan dan kesepian karena bekerja sendirian. Tidak peduli betapa besar kecintaan Anda pada menulis dan Anda bisa merasa seolah bekerja di kehampaan.

Sebagian solusi untuk menyiasatinya adalah menerima kodrat yang tidak biasa (dan sering kali membebaskan) sebagai seorang penulis lepas; sebagian lain adalah keluar rumah dan berkumpul dengan orang-orang sebanyak mungkin.

Bekerjalah tanpa terbatasi lokasi dengan membeli notebook atau laptop, dan akses Wi-Fi portabel sehingga Anda bisa menulis di sekitar orang lain saat merasa kesepian, misalnya di kafe, perpustakaan, taman, atau di mana saja yang membuat Anda merasa menjadi bagian dari masyarakat lagi.

Anda mungkin perlu melakukannya secara rutin, atau sesekali saja. Temukan ritme Anda sendiri dan jangan mengurung diri di rumah sepanjang waktu.

4. Bangun Portofolio yang Bagus

Pada tahap awal penting untuk menyusun kredensial dan membangun portofolio. Cara paling sederhana untuk memulai mungkin dengan menulis untuk publikasi dan situs web kecil yang tidak berbayar. Dengan menulis untuk publikasi yang lebih kecil, Anda akan mendapatkan pengalaman, mulai dikenal, dan memiliki banyak artikel yang sudah diterbitkan dengan nama Anda sehingga dapat diperlihatkan kepada klien dan pemberi kerja.

Anda membutuhkan portofolio tersebut agar publikasi yang mapan bersedia memperhitungkan dan mempekerjakan Anda. Kunjungi perpustakaan lokal untuk mendapatkan daftar penerbit dan ide siapa yang harus dihubungi.

Kirimkan puisi atau cerita untuk majalah anak seperti Bobo jika Anda masih kecil. Jika Anda masih remaja, bergabunglah dengan komite buku tahunan sekolah dan kirimkan artikel untuk koran sekolah. Anggaplah upaya ini sebagai latihan yang baik untuk menunjang karier pekerja lepas di masa mendatang.

cara menjadi penulis buku anak

Jika Anda mahasiswa, buatlah esai yang kuat dan ditulis dengan baik untuk tugas kuliah, yang bisa Anda publikasikan di kemudian hari. Anda juga bisa menawarkan jasa Anda di lab menulis, dan menulis artikel untuk koran mahasiswa, majalah sastra, dan majalah alumni.
Untuk orang dewasa, mulailah dengan menawarkan tulisan kepada situs daring terkemuka yang menerima artikel dari luar. Hubungi pemilik situs web dan blog yang Anda kagumi dan jelaskan bahwa Anda sedang membangun portofolio dan ingin menulis beberapa artikel secara gratis sebagai imbalan nama Anda dipublikasikan. Jika Anda mengelola blog atau situs web sendiri, langkah ini dapat membantu Anda karena Anda dapat memasukkannya sebagai link balik dengan nama Anda.

Organisasi nonprofit juga bisa menjadi tempat yang baik untuk mencari kesempatan menulis. Luangkan waktu dan tenaga dan terbitkan tulisan Anda di buletin dan publikasi mereka. Anda kemudian bisa memasukkannya ke dalam portofolio. Ubahlah artikel-artikel terbaik Anda menjadi dokumen PDF yang dapat dikirim melalui email dengan mudah kepada pemberi kerja atau klien potensial.

5. Cari Potensi Pekerjaan

Jika Anda merasa mampu menulis secara profesional, pikirkan sesuatu yang ingin Anda tulis, kemudian mulailah menghubungi pihak-pihak yang relevan. Carilah penerbit yang sesuai dengan selera Anda, kemudian bacalah panduan yang mereka berikan.

Sekali lagi, perlu ditekankan bahwa mengirim surat pengantar dan artikel yang tidak berhubungan dengan publikasi mereka sama buruknya dengan pergi wawancara kerja tanpa melakukan riset tentang perusahaan itu terlebih dahulu.

Kenali pasar dan target tulisan Anda. Selain itu, selalu kirimkan surat pengantar kepada perusahaan penerbit besar sebelum menyerahkan artikel jadi, kecuali Anda mengirimnya sebagai artikel spekulasi atau Anda tidak keberatan menghabiskan waktu berharga untuk menulis artikel yang tidak akan pernah diterbitkan.

Untuk surat kabar: Kirimkan surat pengantar naskah kepada editor kota/gaya hidup/olahraga di surat kabar lokal dan tanyakan apakah mereka tertarik menerbitkan artikel tentang topik tersebut. Sertakan paragraf pertama artikel Anda dan garis besar paragraf lainnya. Hubungi mereka dalam dua minggu untuk mengetahui apakah tulisan Anda dimuat atau tidak.

Majalah dan publikasi besar lainnya: Pikirkan topik yang ingin Anda tulis, kemudian kirimkan surat pengantar naskah kepada editor penerbit besar yang relevan dan tanyakan apakah mereka tertarik menerbitkan artikel dengan topik tersebut. Sertakan paragraf pertama artikel Anda dan garis besar paragraf lainnya. Hubungi mereka setelah empat sampai enam minggu jika tidak mendapat jawaban.

Self Publishing: Anda juga dapat menerbitkan tulisan Anda secara pribadi. Anda bisa mendaftarkan diri dan menerbitkan buku secara publishing. Anda dapat memilih penerbit yang dapat mendukung tulisan Anda. Anda bisa langsung dapat mengirimkan naskah tulisan Anda melului email penerbit. Deepublish merupakan salah satu penerbit yang dapat Anda andalkan untuk self publishing. Tertarik mengirimkan naskah? Silakan di sini! Segera daftarkan diri dan bergabunglah.

Begitulah kiat menjadi penulis buku best seller. Selamat menulis, salam literasi!


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang menerbitkan buku, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Kontributor: Novia Intan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.