fbpx

Akun Instagram untuk Penulis, Begini Strategi Penulis Supaya Buku Laris

akun instagram untuk penulis

Akun instagram untuk penulis menjadi salah satu cara terbaik untuk membangun personal branding yang kuat, membangun audience sendiri dan menjual buku yang Anda tulis. Melaui instagram kita juga bisa berinteraksi dengan para pembaca buku kita, sehingga bisa menjadi feed back positif untuk kedepannya. Mengapa demikian?

Instagram merupakan sosial media dengan pengguna jutaan di Indonesia. Sebagai penulis, instagram dapat digunakan sebagai alat untuk membangun personal brandding. Sekarang mungkin banyak orang yang belum tahu siapa Anda. Karena itulah Anda butuh alat agar orang diluar sana tahu siapa Anda dan punya buku apa?

Bukankah begitu? Walaupun sebetulnya untuk mengenalkan buku ke orang banyak tidak melulu melalui instagram, Anda bisa menyesuiakan dengan segmen yang sudah Anda tentukan. Semisal Anda memiliki buku untuk mahasiswa, maka Anda bisa memakai sosial media apapun seperti Instagram, Facebook bahkan YouTube.

Di akun sosial media ceritakan tentang Anda dan buku Anda. Mengapa mahasiswa harus membeli buku Anda, apa bedanya buku Anda dengan buku yang lain? Nah ketika ini dilakukan secara konsisten, perlahan-lahan pasar akan terbentuk dalam akun sosial media Anda. Penjualan buku pun akan meningkat dengan sendirinya. Lalu..

Bagaimana Akun Instagram Untuk Penulis Yang Baik?

Kita tahu bahwa instagram identik dengan foto dan video. Yang pertama kali dilihat dari sebuah akun instagram adalah username, foto dan bio.

Maka yang bisa Anda lakukan adalah pilih username yang unik, menggambarkan diri Anda dan buat juga foto profil yang menarik dan memiliki daya tarik yang kuat. Jangan lupa buat bio yang deskriptif, singkat dan memperkuat personal branding Anda. Untuk melakukan pengaturan ini terbilang cukup mudah, hanya perlu beberapa menit saja sudah bisa.

Selain itu instagram juga identik dengan Followers. Semakin banyak jumlah followers Anda maka semakin bagus, jumlah follower akan meningkatkan trust dan ketertarikan dengan Anda dan buku-buku Anda.

Maka perlu bagi seorang penulis di intagram untuk membangung akunnya agar terus tumbuh jumlah followersnya. Tentu saja tidak hanya jumlah followersnya saja, tapi juga interaksi atau engagmentnya.

Maka tugas Anda sebagai penulis agar Intagram semakin profesional adalah :

  1. Buat username, foto profil dan bio yang unik.
  2. Tingkatkan jumlah followers / pengikut.
  3. Tingkatkan interaksi / engagment (like, comment).
  4. Buat konten marketing (menghibur/mengedukasi/informasi/)
  5. Dari konten, arahkan untuk melakukan pembelian buku Anda.
  6. Selamat ! Buku Anda laris manis.

Cara Efektif Menggunakan Instagram untuk Penulis

instagram penulis
Screenshot : Instagram @kevinkwanbooks

Instagram merupakan salah satu sosial media yang sangat besar. Ada jutaan pengguna yang setiap harinya mengaksesnya untuk mencari hiburan/informasi atau sekadar iseng. Instagram sekarang tidak hanya sebagai sarana interaksi secara maya saja, namun bisa juga dipakai untuk penjualan. Bahkan ada namanya Instagram shopping, dimana pengguna dapat langsung memesan produk melalui fitur ini.

Tentunya bagi seorang penulis buku, peluang tersebut dapat digunakan untuk menjual lebih banyak buku yang ditulisnya. Berikut ini beberapa tips efektif menggunakan instagram bagi seorang penulis

1. Buat Konten yang Relevan

Membuat konten yang relevan dengan cara berbagi tentang sesuatu hal yang benar-benar Anda sukai. Anda seorang penulis, tetapi penulis seperti apa? Apakah Anda akan berbagi dengan pengikut Anda tentang perjuangan Anda menjadi seorang penulis?

Apakah Anda akan membagikan proses penulisan Anda? Apakah Anda akan mengambil foto-foto cantik dari buku-buku lain yang Anda baca dan cintai? Dari hewan peliharaan Anda? Mungkin kebun Anda?

Intinya adalah, Anda akan menyukainya dan pengikut Anda akan merasakannya dan lebih mencintai karena Anda membagikan kisahnya melalui instagram.

2. Posting Secara Teratur

Dengan memposting secara teratur, Anda lebih sering muncul di feed followers Anda dan itu akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan like dan komentar pada foto Anda, bahkan kunjungan ke profil Anda.

Kami menyarankan Anda dapat memposting foto atau video sekali dalam sehari. Atau bisa juga satu kali dalam dua hari. Mengapa tidak posting yang banyak? Posting terlalu banyak setiap hari juga hanya akan membuat pengikut Anda jenuh. 

Secara umum, waktu terbaik untuk memposting adalah antara pukul 16:00 dan 19:00, yaitu ketika orang-orang pulang kerja. 

3. Konten Yang Bagus?

Dalam content marketing, setidaknya ada 3 syarat sebuah konten agar memiliki pembaca yang banyak yaitu : konten itu bisa menghibur, mengedukasi dan memberi informasi.

Umumnya orang membuka instagram juga untuk 3 hal ini, kalau tidak mencari hiburan ya mencari informasi. Kalau tidak itu ya mau mencari dan belajar hal-hal baru. Anda bisa memanfaatkan konsep ini kedalam konten yang Anda buat untuk instagram Anda.

4. Buat Estetika yang Kuat

Kembali pada poin awal bahwa akun instagram untuk penulis berkaitan dengan foto visual. Maka pastikan Anda merangcang instagram dengan paduan dan kombinasi warna yang bagus. Pilih tone warna yang sesuai dengan keinginan Anda. Patenkan warna tersebut untuk menjadi ciri khas dari postingan Anda. 

5. Gunakan Foto dengan Resolusi Tinggi

Saran terbaik untuk foto berkualitas tinggi adalah pencahayaan alami. Cahaya alami membantu foto-foto Anda terlihat lebih hidup dan berwarna-warni. Selain itu, Anda akan membutuhkan waktu lebih sedikit untuk mengeditnya, bahkan kadang tak perlu diedit. 

Jika Anda mencari editor foto yang bagus dan gratis, Anda dapat mencoba menggunakan Lightroom atau Snapseed. Keduanya sangat mudah digunakan dan banyak digital creator telah mengembangkan preset yang dapat Anda beli dan gunakan di foto Anda. 

6. Lakukan Interaksi di Instagram

Cara menaikkan keterikatan akun instagram untuk penulis adalah dengan sering terlihat di instagram. Lakukan interaksi di instagram dengan membayangkan jika Anda menggulir feed Anda ke bawah, melihat foto yang Anda sukai, kemudian memutuskan berkomentar.

Cara ini sangat efektif untuk meningkatkan keterikatan. Sebab Anda akan merasa seperti memiliki koneksi dengan orang-orang ini, bahkan jika Anda belum pernah bertemu mereka di kehidupan nyata.

Usahakan juga untuk menjawab setiap komentar, walaupun ini akan tugas yang cukup melelahkan apalagi jika jumlah followersnya sangat banyak. Namun tak ada salahnya berusaha untuk menjawab beberapa komentar pengikut Anda secara tulus dan alami. 

7. Ceritakan Kehidupan Anda

Instagram diciptakan untuk bisa saling berinteraksi, maka jangan malu untuk menceritakan kisah Anda. Mungkin Anda merasa malu karena Anda seorang introvert, tapi Anda tetap bisa kok membagikan beberapa bagian hidup Anda dengan ringan. 

Anda bahkan tidak perlu terlalu banyak memperlihatkan wajah, cukup rekam ketika Anda berjalan-jalan atau melakukan sesuatu. Jangan lupa sertakan suara dalam postingan tersebut. Sebab ada keterikatankhusus yang dikembangkan ketika pengikut mendengar suara Anda dan mengetahui seperti apa suara Anda.

8. Beri Giveaway

Anda seorang penulis dengan akun Instagram Anda sekarang. Anda dapat menggunakan give away untuk memperluas jangkauan dan jumlah follower, tentu saja give awaynya adalah buku Anda sendiri.

Mulailah dengan memberikan buku-buku dari penulis lain. Untuk mendapatkan buku tersebut, Anda dapat memberikan syarat misalnya seseorang harus mengikuti Anda, penulis dan mengomentari kedua profil sesuatu yang berkaitan dengan Anda atau buku.

9, Gunakan #Hashtags yang tepat

Jika Anda ingin terhubung dengan audiens tertentu, maka pikirkan audiensi seperti apa yang Anda inginkan? Penting untuk mengetahui hal ini sebelumnya karena penggunaan tagar sangat diperlukan untuk memulai sesuatu di Instagram.

Anda akan menjangkau lebih banyak orang dengan menggunakannya dan dengan memilih yang tepat, Anda akan menjangkau pemirsa yang Anda inginkan / butuhkan untuk akun Anda.

Beberapa tagar yang bisa akun instagram untuk penulis gunakan, misalnya: #bukuindonesia #jualbukuoriginal #bacabuku #jualbukufiksi #bookstagram dan masih banyak lainnya. 

10. Be Your Self

Terakhir, bangunlah akun instagram yang memang itu menggambarkan di Anda sendiri. Milikilah keunikan sehingga orang lain mengenal Anda ya sebagai diri Anda sendiri, bukan sebagai orang lain

Akun Instagram Anda adalah cerminan dari kehidupan Anda sebagai seorang penulis. Maka berbagilah tentang hal-hal yang Anda sukai dengan orang-orang yang paling mencintai dan mendukung Anda yaitu pembaca Anda!

Beberapa Akun Instagram Penulis Sukses di Indonesia

Mungkin Anda masih bingung bagaimana membuat akun instagram untuk penulis, sebagai gambaran dan ispirasi Anda bisa melihat beberapa akun instagram para penulis yang sukses berikut ini :

1. Andrea Hirata (Instagram : @hirataandrea)
2. Pramoedya Ananta Toe (Instagram : @pramoedyaanantatoer)
3. Kevin Kwan Books (Instagram : @kevinkwanbooks)
4. Eka Kurniawan (Instagram @gnolbo)
5. Fiersa Besari (Instagram @fiersabesari)

Dapatkan tips dan tirik seputar menulis buku dan menerbitkan buku hanya di Penerbit Deepublish. Baca juga artikel yang lain :

1. Penulis Novel Terkenal dan Tips untuk Jadi Seperti Mereka
2. 5 Tips Buku Laku di Pasaran

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

hubungi deepublish

kantor deepublish

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk mengubungi Penerbit Buku Deepublish.

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© Penerbit Buku Deepublish