Buku Best Seller Indonesia – 8 Langkah Mudah Mencapainya

Buku Best Seller Indonesia

Siapa yang tidak ingin bukunya menjadi buku best seller Indonesia? Pasti setiap penulis menginginkannya. Namun dibalik suksesnya sebuah buku, pasti ada proses di dalamnya. Mencetak buku best seller bisa dibilang susah-susah gampang. Satu-satunya yang Anda butuhkan adalah: kegigihan untuk menulis lebih baik, dan semakin baik.Tanpa kegigihan atau mentalitas yang kuat, apalagi kepercayaan diri dalam menulis jangan harap karya Anda bisa dinikmati dengan baik dan menjadi buku best seller Indonesia.

Meski begitu peluang menerbitkan buku best seller Indonesia selalu ada. Asalkan Anda tahu prosesnya dan caranya. Apalagi proses membuat buku best seller jauh lebih rumit daripada menulis buku yang biasa-biasa saja. Anda harus memikirkan hal-hal selain konten/isi buku. Lantas apa saja rahasia yang membuat karya Anda menjadi buku best seller Indonesia? Simak ulasannya berikut ini.

 

  1. Tema yang Diminati Pasar Luas

Buku dinobatkan menjadi buku best seller Indonesia salah satu alasannya karena tema yang banyak diminati oleh pembaca. Masih ingat bagaimana cerita tentang membuat buku Habibie: Tak Boleh Lelah dan Kalah!?, sekilas memang buku tersebut tentang sejarah, namun dari judulnya buku tersebut mewakili semua kalangan sehingga bisa dinikmati baik kalangan tua maupun kalangan muda. Dengan sosok BJ Habibie yang digemari oleh berbagai kalangan dan pengemasan konten sekaligus visual yang bagus, buku itu patut untuk dicintai oleh siapa saja, bahkan untuk yang baru pertama kali memegangnya. Nyatanya kemudian, buku itu terjual lebih dari 25.000 eksemplar.

Nah, dengan statusnya sebagai buku best-seller, buku itu bisa menjadi catatan kita bersama bahwa tema yang diminati oleh pasar yang luas akan membuat buku itu memiliki kesempatan penjualan yang lebih banyak.

 

  1. Membuat Judul yang Menarik

banyak orang yang hanya membaca judul tanpa melanjutkan ke isinya. Padahal, 1 kalimat ini hanya memakan waktu kurang dari 3 menit. Tetapi fungsinya sangat penting. Bayangkan Anda sudah menerapkan cara membuat buku selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Kemudian judulnya dibuat secara asal-asalan sehingga hanya sedikit yang tertarik membaca. Rugilah jerih payah Anda. Agar tidak terjadi hal seperti itu, kali ini Anda akan belajar bagaimana membuat judul yang mampu memancing orang lain agar tertarik untuk membaca.

Judul merupakan bagian kecil dari keseluruhan buku namun memiliki efek yang luar biasa terhadap penjualan. Sering kita mendapati bahwa konsumen akan tertarik membeli sebuah buku apabila ia melihat judulnya menarik.

Maka dalam membuat judul buku best seller Indonesia dibutuhkan judul yang unik, sensasional, bombastis, bahkan kalau bisa kontroversional. Tenang, kontroversi tidak selalu berkaitan dengan hal negatif kok. Judul kontroversial selalu menimbulkan pro dan kontra sehingga selalu menarik perhatian. Ada unsur emosi yang dimainkan ketika menentukan judul dalam cara membuat buku. Contoh: Rapor Merah Aa Gym, Kalau Mau Kaya Ngapain Sekolah!, Selingkuh Itu Indah, Ternyata Akhirat Tidak Kekal, Indahnya Perkawinan Dini, dll. Intinya buku best seller Indonesia pasti menawarkan cerita yang unik dengan permasalahan yang mudah ditebak.

 

  1. Pastikan Karya Anda Tidak Membosankan

Syarat menjadi buku best-seller Indonesia bukanlah buku yang membosankan. Anda boleh membahas hal-hal rumit dalam buku Anda, namun pastikan audiens/pembaca bukan hanya memahami seluruh isi bukumu, melainkan pula semakin penasaran dengan apa yang Anda bahas. Ambil contoh di tahun 2019 ini, buku karya J. S. Khairen yang berjudul Kami (Bukan) Sarjana Kertas menjadi salah satu buku bestseller Indonesia karena memang isinya yang memberikan inspirasi pembacanya.

Selain dari judul yang cukup membuat bertanya, benarkah kita bukan sarjana kertas? Buku ini juga menggunakan kalimat yang mudah dimengerti. Alhasil kita yang membacanya jadi tidak bosan. Apalagi jika karya Anda berjumlah lebih dari 300 halaman. Pastikan dalam membuat alur cerita, pembaca dapat menikmati dan dibuat penasaran dengan cerita Anda. Jika rasa penasaran sudah muncul, bisa dipastikan bahwa karya Anda tidak membosankan.

 

  1. Pengemasan Visual Buku yang Baik

Sebuah naskah yang bagus namun memiliki layout dan kover yang buruk, akan membuat nilai buku tersebut menurun drastis. Inilah pentingnya seni mengemas buku agar lebih bagus, karena berakibat kepada daya jual. Bayangkan bagaimana buku serial kisah Harry Potter dikemas oleh tim kreatifnya. Mereka menciptakan logotype yang khas, visual ilustrasi yang juga khas, serta konsep packaging book set yang juga cantik.

Dengan merancang sisi visual sebagus itu, tentu menambah nilai sebuah buku menjadi lebih baik, dan menjadi buku yang mendapatkan perhatian lebih dari calon pembeli.

 

  1. Promosi yang Gencar dan Efektif

Rancanglah metode promosi untuk menjadi buku best seller Indonesia dan manfaatkan media sosial untuk mempromosikan bukumu. Berikan sedikit sentuhan-sentuhan yang membuat calon pembeli penasaran. Dengan begitu, karyamu akan menjadi santapan viral yang tentu saja membantu buku Anda menjadi buku best seller Indonesia.

Salah satu yang masih efektif adalah melalui resensi buku. Setelah bukumu berhasil terbit, satu hal yang tak boleh kamu lupakan adalah membuat resensi buku. Mintalah beberapa temanmu yang blogger atau resensor untuk meresensi karyamu. Berdiskusilah dengan pihak pemasaran dari penerbit untuk mengalokasikan beberapa buku untuk promosi, salah satunya untuk diresensi.

Salah satu fungsi resensi adalah mengenalkan buku tersebut kepada khalayak yang lebih luas. Dengan adanya resensi, calon pembaca baru akan mengetahui kekuatan dari buku tersebut.

 

  1. Gunakan Media Sosial Untuk Mengenalkan Buku Anda

Tak kenal maka tak sayang, maka selain menggunakan cara resensi, di jaman digital seperti sekarang ini media sosial juga dapat berperan besar dalam promosi. Anda dapat membagi secara gratis buku Anda kemudian minta teman-teman Anda untuk mereview nya. Melalui media sosial pula Anda dapat mengupdate info terbaru buku Anda. Misal Anda mau roadshow atau sekedar memberikan feedback jawaban dari teman-teman online Anda.

buku best seller 2019 indonesia

Anda bisa memanfaatkan fitur media sosial yang ada. Misalnya melalui instagram Anda bisa memanfaatkan snapgram untuk mengulas buku Anda. Atau Anda juga bisa merepost hasil review buku dari teman-teman Anda. Selain itu Anda juga bisa menggunakan fitur postingan twitter melalui beragam thread yang memudahkan Anda dalam menjelaskan apa saja isi dari buku Anda.

Jika ada uang, jangan pelit untuk mengeluarkan sedikit uang tabungan Anda untuk iklan di medsos. Dengan beriklan maka buku Anda akan meminjam calon pembeli yang tepat dan berakibat membeli buku Anda. Terkait bisnis penting dalam hal ini.Untuk memiminimalisir modal, maka Anda bisa melakukan sistem Pre Order untuk buku Anda. Dengan begitu menjadi buku best seller Indonesia bukan hal susah kan?

 

  1. Buat Komunitas, Isi dengan Seminar/Gathering

Buku Anda menjadi Buku best seller Indonesia bisa kok! Salah satu strategi promosinya dengan menggandeng komunutas dan isi seminar/gathering. Kebanyakan penulis, demi memasarkan bukunya, akan menghadirkan seminar yang membahas masalah yang biasa dihadapi oleh anggota-anggota komunitasnya, dan menghadirkan buku hasil karyanya sebagai solusi dari masalah mereka.

Sudah banyak contoh nyata yang menggunakan seminar sebagai media promosi. Karena dengan mengadakan seminar, target pasar dari buku yang ditulis juga menjadi lebih jelas. Plus, dengan kehadiran mereka, tingkat penjualan buku tersebut menjadi meningkat.

 

  1. Sulit Menembus Penerbit Mayor? Terbitkan Buku Anda Dengan Mencari Penerbit Indie

Anda itu siapa? Yang mengenal Anda orang tua Anda, anggota keluarga besar, beberapa teman, dan guru atau dosen Anda waktu sekolah dulu. Penerbit mayor hanya akan menerbitkan buku yang sudah dikenal di dunia literasi. Namun jika Anda yakin dapat menembus budaya ini, maka Anda termasuk penulis pemula yang mendapatkan anugerah Tuhan.

Jika Anda mampu menerbitkan buku Anda sendiri lebih awal dari beberapa buku yang diperediksi, maka yakin buku Anda akan terjual lebih awal dan laris. Maka untuk mewujudkan cita-cita Anda untu menjadi buku best seller Indonesia, serahkan naskah Anda ke penerbit indie Deepublish. Dengan kualitas dan harga yang bersaing, Penerbit Deepublish bisa jadi alternatif pilihan penerbit Anda. Ada banyak keuntungan di sini. Selain Anda bisa hanya mencetak 10 eksemplar buku bagi penulis pemula, Anda juga mendapatkan tawaran royalti yang lebih menggiurkan dibanding penerbit lainnya. Hubungi di sini untuk info selengkapnya!


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan daftar menjadi penulis atau Anda bisa langsung kirim naskah dengan mengikuti prosedur berikut pada situs kami.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang buku best seller Indonesia, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS!

Kontributor: Novia Intan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *