Pentingnya Buku Anda di Buat Versi Ebook

ciri ciri ebook penerbit deepublish

Banyak orang yang membuat buku dan menerbitkan buku, namun mereka seringkali lupa untuk membuatnya versi ebook. Padahal perkembangan jaman sudah berubah. Di era digital seperti sekarang ini sudah sewajarnya kita melek teknologi. Pada era digital, seolah semua orang berlomba-lomba untuk mengembangkan segala aspek ke dalam teknologi digital. Begitupula dengan buku. Perkembangan zaman akhirnya menuntut penerbit memutar otak supaya tidak kehilangan konsumen di digital market. Ebook adalah salah satu solusi dari permasalahan tersebut.

Tidak ada yang berbeda dari membuat buku cetak, ebook hanya metode baru yakni membuat konten buku yang semula dicetak dengan kertas, kemudian beralih dalam bentuk soft file yang dapat Anda baca melalui gadget Anda. Jika keduanya dapat berjalan seiringan, Anda mendapatkan royalti dari dua jalur cetak dan ebook. Menarik bukan?

Untuk menambah semangat supaya Anda ingin menerbitkan buku versi ebook, inilah beberapa manfaatnya.

Harga Lebih Murah

Tak bisa dipungkiri harga kertas memang tidak murah. Maka tak heran jika harga buku terhitung mahal di Indonesia. Maka untuk mengakalinya, banyak penerbit yang beralih ke ebook. Ebook berbentuk soft file yang bisa dibuka di gadget sehingga tidak membutuhkan kertas untuk mencetak buku Anda. Selain mengurangi biaya, dengan mengurangi kertas sama saja Anda menjaga kelestarian lingkungan.

manfaat ebook penerbit deepublish

Tahukah Anda, setiap 15 rim kertas ukuran A4 membuthkan bahan baku dari 1 pohon besar. Bayangkan jika ratusan juta manusia menggunakan paling tidak 10 lembar kertas dalam 1 hari, diperlukan penebangan ratusan pohon. Itu berarti keberadaan hutan terancam. Maka adanya ebook ini bisa menjadi solusi tepat untuk isu lingkungan selain memang harganya yang lebih murah.

Hemat Waktu dan Tempat

Memiliki ebook membuat Anda lebih menghemat waktu dan tempat. Kalau buku yang dicetak kertas akan memakan tempat untuk penyimpanan, buku ebook hanya akan memenuhi rak penyimpanan koleksi. Nah dengan ebook, maka Anda tidak perlu menyimpan di rak. Anda hanya cukup menyiapkan sejumlah memori di gadget Anda untuk menyimpan ebook. Sementara untuk waktu, kita tak perlu menyimpan buku-buku karena khawatir harus beli yang baru bila koleksi buku kita hilang.

Tanda Tidak Hilang

Jika Anda tipe orang yang sudah menandai buku setelah membaca, Anda akan membuat buku yang dibaca menjadi kotor dan berlepit. Kondisi seperti ini tentu membuat buku jadi lusuh dan tidak enak dilihat. Jika Anda memang suka menandai hal-hal yang penting dalam buku tetapi takut merusak atau membuat jelek buku karena coretan, maka alat baca ebook memungkinkan kita menandai hal-hal penting di dalam ebook tanpa takut membuatnya jelek karena coretan.

Fleksibel

Terkadang ada buku-buku yang memiliki font kecil. Kondisi ini kerap kali menjadi masalah bagi mereka yang kurang baik penglihatannya. Jika Anda merasakan hal tersebut, maka ebook menjadi alternatif yang bisa dicoba. Ukuran huruf di dalam ebook terlalu kecil, maka alat baca ebook memungkinkan kita untuk megubah ukuran huruf dengan mudah. Sehingga tidak ada kendala karena ukuran huruf. Biasanya Anda dapat membaca ebook melalui tools pdf atau microsoft, di sana Anda bisa memilih menu zoom untuk memperbesar font tulisan. Dengan begitu Anda bisa membaca lebih jelas dan nyaman.

Tidak Perlu Menunggu

Dengan ebook Anda bisa berlangganan buku, koran, atau majalah secara online. Jika biasanya Anda menunggu loper koran mengantar ke rumah, dengan ebook Anda bisa langsung mendapatkan ebook tanpa perlu menunggu. Entah melalui email atau platform lain, biasanya ebook yang telah terbit akan diinfokan.

Bisa Download Kapan Saja

Anda tidak perlu repot-repot pergi ke toko buku karena kita tinggal mendownload e-book secara online dari rumah. Hal ini menghemat waktu untuk belanja dan mencari-cari buku di rak-rak toko buku. Kelebihan lainnya adalah Anda tidak akan pernah kehabisan stok karena ebook tersedia dalam bentuk digital sehingga akan tersedia sepanjang waktu.

Lebih Enak Saat Membaca

Meskipun ini terbilang subjektif, namun bagi beberapa orang yang butuh penerangan saat membaca, ebook lebih unggul daripada buku cetak. Alat baca e-book tidak memerlukan lampu penerangan saat membaca e-book. Karena displaynya sudah mampu menerangi, sehingga kita bisa menghemat energi listrik. Meskipun jika terlalu lama, mata akan lelah karena melihat layar display smartphone atau laptop.

format ebook penerbit deepublish

Mengenai ukuran dan capacity file, e-book memerlukan file yang kecil sehingga dengan alat e-book yang kecil bisa menampung ribuan ebook. Bayangkan bagaimana mudahnya sekolah karena kita cukup membawa alat sebesar novel yang mampu menyimpan ribuan e-book. Kita bisa menghemat uang. E-book tentu saja harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan buku. Karena tidak memerlukan sumber daya dan biaya produksi yang besar.

Dapat Terkoneksi Internet

Format digital book bisa didapatkan kapan saja asalkan terkoneksi dengan internet. Kita tidak perlu menyisihkan waktu untuk menemukan toko buku dan mencari koleksi buku yang butuhkan. Melalui internet, kita dapat membeli dan mendownload buku-buku favorit di mana pun berada. Memang sih format buku digital tidak hanya memberi manfaat yang besar untuk para pembaca buku. Para penerbit pun menuai keuntungan dengan menerbitkan buku berformat digital.

Jadi, jika Anda berniat untuk membuat buku, maka tidak ada salahnya untuk membuatnya juga dalam format ebook. Semoga pemaparan di atas dapat membantu Anda dalam membuat ebook.


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang ebook, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Kontributor: Novia Intan



This post has been seen 295 times.
(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.