Promo Terbatas! ⚠️

Cetak buku diskon 35%, bonus tambahan eksemplar dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

⚠️ Cetak buku diskon 35% dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

3 Cara Agar Footnote dan Bodynote Tidak Terkena Turnitin

cara agar footnote tidak terkena turnitin

Bagi akademisi yang sedang menyusun karya ilmiah tentu membutuhkan cara agar footnote dan bodynote tidak terkena Turnitin. Terkena Turnitin yang dimaksud disini adalah terdeteksi sebagai plagiat yang meningkatkan angka similarity index. 

Padahal, ada batas maksimal similarity index di Turnitin yang harus dikejar. Namun, ketika beberapa bagian yang seharusnya aman dari plagiat justru terdeteksi. Disini dibutuhkan trik tersendiri untuk bisa mengatasinya. Berikut penjelasan lengkapnya. 

Cara Agar Footnote dan Bodynote Tidak Terkena Plagiarisme

Footnote dan bodynote adalah bagian dari sitasi untuk menyempurnakan karya tulis ilmiah sehingga mencegah plagiarisme. Namun, ketika naskah yang disusun di cek ke Turnitin ada keluhan jika dua aspek ini terdeteksi plagiat. 

Lalu, seperti apa cara agar footnote dan bodynote tidak terkena Turnitin? Dikutip dari kanal YouTube Ihsan Rahmat Talks dan Angga Hidayat. Berikut beberapa pilihan cara yang bisa dicoba untuk mengatasi hal ini: 

1. Melakukan Pengaturan di Akun Turnitin dengan Tepat 

Cara pertama agar footnote dan bodynote tidak terkena Turnitin adalah melakukan pengaturan dengan tepat di akun Turnitin yang dipakai mengecek. Ada fitur untuk mengecualikan beberapa bagian di naskah yang di cek di Turnitin. 

Misalnya, saat ini mengecualikan footnote, bodynote, dan daftar pustaka. Anda bisa pilih “yes” untuk pilihan “Exclude bibliography materials”. Begitu juga dengan bagian lain yang memang idealnya tidak di cek plagiat karena akan sama persis dengan naskah lain. 

Mulai dari Undang-Undang, Permen, Peraturan Pemerintah, ayat dalam kitab suci seperti Al-Qur’an, dan lain sebagainya. Jika pengaturan sudah benar, maka bagian-bagian yang dikecualikan ini akan diabaikan Turnitin. 

2. Memastikan Penulisan Sudah Benar 

Cara agar footnote dan bodynote tidak terkena Turnitin yang kedua adalah memastikan penulisan sudah benar. Sebab ada aturan dalam penulisannya, jika masih tidak sesuai besar kemungkinan terdeteksi plagiat. Jadi, silahkan di cek dulu dan jika memang salah segera saja diperbaiki. 

3. Mengakali Turnitin dengan Menambah Tanda Petik 

Cara ketiga adalah mengakali Turnitin. Jadi, bagaimanapun juga Turnitin tetaplah mesin yang bekerja sesuai sistem yang diatur pembuatnya. Tidak bisa memakai akal logika maupun perasaan seperti manusia. 

Salah satu cara mengakali Turnitin agar footnote dan bodynote tidak terdeteksi plagiat adalah menambahkan tanda petik. Tambahkan tanda petik untuk mengapit seluruh sitasi di footnote. Lakukan per nomor footnote tersebut. 

Tanda petik ini kemudian ubah warna tinta menjadi putih agar tidak terlihat oleh mata. Cara ini bisa membuat Turnitin mengabaikan footnote dan bodynote karena sistemnya diatur akan mengabaikan setiap kalimat yang diapit tanda petik dua. 

Tak hanya footnote dan bodynote saja yang bisa terkena turnitin, daftar pustaka dan kutipanpun bisa! Ini 2 cara agar daftar pustaka tidak kena turnitin dan cara agar kutipan tidak terdeteksi turnitin sebagai plagiat.

Cara Menurunkan Persen Turnitin dengan Cepat

Bagaimana jika tidak sempat menerapkan cara agar footnote dan bodynote tidak terkena Turnitin tersebut? Jika merasa memiliki waktu yang terbatas karena saking sibuknya atau saking mepetnya deadline pengumpulan karya tulis ilmiah. 

Maka ada satu cara praktis agar persen di Turnitin bisa turun dan naskah bisa segera diserahkan ke pihak terkait. Misalnya menyerahkan naskah tesis ke pihak dosen penguji dan pihak lain mengikuti prosedur yang ditetapkan institusi. 

Cara praktis yang dimaksud adalah menggunakan Jasa Parafrase Penurunan Similarity Turnitin dari Penerbit Deepublish. Lewat cara ini Anda bisa dibantu oleh tim ahli dan profesional untuk menurunkan persen plagiasi di Turnitin tanpa ribet dan tanpa turun tangan langsung. 

Info mengenai jasa parafrase Turnitin dan proses order bisa mengunjungi laman Jasa Parafrase Penurunan Similarity, ya!

Jangan lupa tinggalkan komentar Anda jika ada pertanyaan atau opini maupun sharing pengalaman. Bagikan artikel ini ke teman atau kelompok Anda dengan menekan tombol share agar sama-sama tidak ketinggalan informasi.

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Satu tanggapan untuk “3 Cara Agar Footnote dan Bodynote Tidak Terkena Turnitin”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama