Promo Terbatas! ⚠️

Cetak buku diskon 35%, bonus tambahan eksemplar dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

3 Cara agar Tabel Tidak Terkena Turnitin

cara agar tabel tidak terkena turnitin

Salah satu tahapan dalam menyusun karya tulis ilmiah adalah melakukan pengecekan plagiat, misalnya di Turnitin. Namun, ada kalanya beberapa bagian yang tidak seharusnya terdeteksi plagiat justru oleh Turnitin dianggap plagiat.

Contohnya adalah tabel dalam karya tulis yang disusun. Pernahkah mengalaminya? Jika iya, maka Anda membutuhkan cara agar tabel tidak terdeteksi Turnitin. Ada beberapa pilihan cara bisa dilakukan sebagai solusi sehingga similarity index menjadi rendah. Berikut penjelasannya. 

Kenapa Tabel Terdeteksi Plagiat di Turnitin? 

Apakah memakai Turnitin untuk pengecekan plagiarisme sesimpel itu? Aktualnya tidak. Bahkan di dunia akademik, baik dosen maupun mahasiswa sering menganggap platform ini sebagai momok menakutkan. 

Pasalnya untuk bisa mendapatkan angka similarity indeks yang rendah tidak semudah membalikkan telapak tangan. Bahkan, ada beberapa bagian di karya tulis yang idealnya tidak dianggap plagiat justru terkena plagiat. 

Paling sering dikeluhkan pengguna Turnitin adalah deteksi plagiat pada tabel, footnote, sampai daftar pustaka. Tabel juga cukup sering dikeluhkan pengguna platform ini terdeteksi sebagai plagiat meskipun isinya bukan kalimat panjang atau paragraf. 

Sebelum mengetahui cara agar tabel tidak kena Turnitin, pahami dulu apa yang menyebabkan bagian ini terkena deteksi plagiat oleh Turnitin. Jadi, ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya. 

Dikutip dari kanal YouTube Ihsan Rahmat Talks berikut beberapa hal yang menjadi penyebab tabel di deteksi plagiat oleh Turnitin, antara lain: 

a. Penulisan Judul Selain “Table” 

Hal pertama yang bisa menyebabkan tabel pada karya tulis Anda terdeteksi plagiat oleh Turnitin adalah karena judul tabel tersebut memakai kata selain “Table”. Jadi, dalam sistem di Turnitin ada istilah exclude (pengecualian) sejumlah kata atau istilah. 

Dalam daftar istilah ini, Turnitin ternyata akan mengecualikan teks di dalam naskah yang salah satunya memakai kata “table”. Jadi, silakan cek kembali judul tabel di naskah Anda. 

Apakah sudah memakai kata “table” atau memakai kata “tabel”? Kata tabel sendiri memang cukup lumrah digunakan penulis di Indonesia. Sebab menjadi terjemahan dari kata “table”. Namun, jika memakai istilah tabel ada kemungkinan akan terdeteksi plagiat. 

Sebelum baca lebih lanjut, tahukah Anda berapa sih batas similarity index yang dibolehkan? Cek persentase similarity index agar lolos turnitin dulu, ya.

b. Teks dalam Tabel Mirip dengan Karya Tulis Lain 

Hal kedua yang menyebabkan Anda membutuhkan cara agar tabel tidak kena Turnitin adalah karena isi teks di dalam tabel mirip dengan karya tulis lain. Hal ini sesuai dengan sistem atau cara kerja Turnitin yang sudah dijelaskan. 

Semakin banyak penggunaan kata atau istilah yang sama persis dengan karya tulis lain yang sudah dipublikasikan. Maka bagian-bagian dimana istilah ini ditempatkan akan terdeteksi plagiat oleh Turnitin. 

Jadi, jangan sampai Anda copy paste tabel dari karya tulis ilmiah Anda sendiri maupun milik orang lain ke naskah. Sebab oleh Turnitin bisa terdeteksi plagiat sehingga angka similarity index menjadi terlalu tinggi. 

Silakan cek kembali isi dari tabel yang ada dalam naskah karya ilmiah Anda. Apakah memang mirip dengan karya tulis lain? Atau, apakah Anda memang copy paste sejumlah istilah atau seluruh istilah dari karya Anda sebelumnya? 

Cara agar Tabel Tidak Kena Turnitin 

Setelah mengetahui apa saja yang menyebabkan tabel di naskah karya tulis Anda terdeteksi plagiat oleh Turnitin. Tentunya memiliki gambaran mengenai bagaimana mengatasinya. Namun, jika masih bingung. Berikut cara agar tabel tidak terkena Turnitin: 

1. Menamai Tabel dengan Istilah “Table”

Cara pertama agar tabel tidak kena Turnitin adalah mengganti nama tabel tersebut. Cara ini bisa digunakan jika Anda mendeteksi kata “Tabel” dianggap plagiat oleh Turnitin. 

Maka solusinya sangat sederhana, Anda cukup mengubah kata “Tabel” tersebut dengan “Table”. Istilah “Table” masuk daftar istilah yang dikecualikan oleh Turnitin saat melakukan pengecekan plagiat. Sehingga istilah ini menjadi pilihan paling aman. 

2. Melakukan Parafrase pada Teks dalam Tabel 

Cara agar tabel tidak kena Turnitin yang kedua adalah melakukan parafrase pada teks di dalam tabel. Tabel biasanya berisi  kotakan yang ditambahkan teks sebagai keterangan. 

Setiap kotakan dijamin akan ada teks dan ada kalanya teks ini yang dideteksi plagiat oleh Turnitin. Maka silahkan mengubah teks tersebut dengan memakai istilah lain, mengubah urutan kata, dan sebagainya. 

Teknik ini disebut parafrase, yakni menuliskan kembali suatu kata atau kalimat dengan bahasa sendiri tanpa mengubah makna. Paling mudah dalam parafrase tabel adalah memakai sinonim. Jika sudah, silahkan cek kembali maka similarity indeks akan turun. 

3. Mengganti Tabel dengan Gambar 

Bagaimana jika 2 cara agar tabel tidak kena Turnitin di atas tidak berhasil? Ada kalanya, meski sudah memakai istilah “table” dan melakukan parafrase pada seluruh keterangan dalam tabel. Turnitin masih mendeteksi tabel sebagai plagiat. 

Kalau sudah begini, maka cara pamungkas yang bisa Anda coba adalah mengakali Turnitin tersebut. Yakni dengan mengganti tabel dalam bentuk teks menjadi gambar. Silakan buat screenshot tabel pada naskah tersebut, kemudian simpan dalam format JPEG. 

Setelahnya, Anda bisa memasukan gambar tabel tersebut ke dalam naskah dan memposisikannya di area dimana tabel berada. Cara mengakali Turnitin ini biasanya efektif, karena platform ini mendeteksi kesamaan kata bukan gambar. 

Namun, bagi akademisi cara ini dipandang tidak profesional. Sebab idealnya dan dalam etika penulisan karya ilmiah, tabel sebaiknya dalam bentuk teks. Jadi, cara ini bisa dijadikan pilihan akhir jika dua cara lainnya tidak berhasil. 

Frustasi dengan skor turnitin? Ikuti cara dan tips menurunkan skor plagiasi turnitin ini agar karya Anda bisa lolos submit

Itulah beberapa pilihan cara agar tabel tidak kena Turnitin di naskah karya ilmiah Anda. Silakan mencoba salah satu diantaranya yang memang efektif menurunkan deteksi plagiat. Misalnya, saat memakai kata “table” ternyata masih dideteksi plagiat. Maka bisa beralih ke cara berikutnya. 

Jika memiliki pertanyaan, menyampaikan opini, atau sharing pengalaman terkait topik dalam artikel ini. Jangan ragu untuk membuka diskusi dengan menuliskannya di kolom komentar.

Klik tombol Share dan kirim ke kolega Anda agar permasalahan mengenai tabel yang terdeteksi Turnitin ini terselesaikan.

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama