Promo Terbatas! ⚠️

Cetak buku diskon 35%, bonus tambahan eksemplar dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

Cara Cek Plagiasi di Turnitin dan Cara agar Skor Turun [Praktis]

cara cek plagiasi di turnitin

Mempelajari dan memahami tata cara cek plagiasi di Turnitin menjadi sangat penting bagi siapa saja, khususnya akademisi. Sebab pengecekan ini memiliki tujuan untuk menghindari plagiarisme secara lebih optimal. 

Jika sudah menyusun kutipan langsung dan mencantumkan sumber, maka biasanya di Turnitin akan terdeteksi plagiat. Sebab dilakukan pengecekan berdasarkan kesamaan kata dalam satu kalimat utuh. 

Maka parafrase perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kredibilitas karya tulis ilmiah yang dibuat tersebut. Jika berhasil melakukan parafrase maka biasanya hasil skor uji Turnitin juga menjadi rendah. Lalu, adakah cara termudah melakukan parafrase? 

Cara Mengecek Plagiasi di Turnitin

Tahukah Anda? Umumnya, perguruan tinggi di Indonesia menetapkan batas aman skor uji Turnitin di persen 20-35%. Beberapa perguruan tinggi mungkin di bawahnya atau mungkin di atasnya, sebab masing-masing punya kebijakan tersendiri. 

Jadi, di dunia akademik. Penggunaan Turnitin tidak hanya menguji naskah ada deteksi plagiat atau tidak. Tapi juga untuk meraih skor Turnitin serendah mungkin, sehingga naskah seperti skripsi, tesis, dan disertasi bisa diproses ke tahap berikutnya oleh mahasiswa dan dosen. 

Lalu, seperti apa cara cek plagiasi di Turnitin? Persiapan yang harus dilakukan adalah memiliki akun di Turnitin. Biasanya setiap perguruan tinggi memberikan akses ke akun Turnitin yang sudah dimiliki, sehingga tinggal dipakai. 

Adapun cara cek Turnitin adalah sebagai berikut:

  1. Buka situs http://www.turnitin.com
  2. Klik login, lalu login dengan akun gmail yang diberikan pihak perguruan tinggi. 
  3. Cari menu atau tombol “Submit” di halaman utama Turnitin usai berhasil login. 
  4. Setelah klik menu Submit, halaman akan dialihkan secara otomatis ke kotak dialog Single File Upload yang berisikan identitas dokumen. Mulai dari nama (First Name dan Last Name) hingga judul dokumen (Submission Title) dan harus diisi. Di bawahnya, kamu bisa memilih dokumen yang akan diunggah melalui menu Choose From This Comp Dokumen bisa berasal dari 3 media penyimpanan, yaitu dari komputer, Google Drive, atau Dropbox.
  5. Tunggu sampai file yang akan diuji plagiasinya terunggah sempurna. 
  6. Kemudian klik tombol Confirm (berwarna biru) dan menu Return to Assignment List, tunggu sampai sistem di Turnitin selesai melakukan pengecekan. Proses ini akan memakan waktu 1-2 menit harap tunggu sampai nilai dari sistem muncul. 
  7. Jika telah muncul, klik “View” untuk melihat hasil uji Turnitin. 
  8. Sistem di Turnitin akan menunjukkan kotak dialog pengunduhan. Disini Anda bisa mengunduh file hasil uji plagiasi di Turnitin. Silakan klik pilihan “Current View”. 
  9. Anda akan memperoleh file PDF berisikan Similarity Report dengan halaman terakhir menampilkan Similarity Index dari naskah yang Anda uji plagiasinya.

Cara Membaca Hasil Turnitin

Setelah dokumen hasil uji plagiasi di Turnitin diunduh, maka file bisa dibuka. Biasanya file dalam format PDF. Namun, bagaimana membaca hasil uji Turnitin ini? Pertanyaan ini mungkin akan terlintas di benak Anda. 

Pasalnya, hasil uji di Turnitin biasanya menampilkan angka persen dengan detail lain di bagian bawah. Menariknya, detail ini disajikan dengan beberapa warna berbeda yang memiliki arti berbeda. Maka lumrah jika pemula akan bingung membaca hasil Turnitin. 

Ada tiga pengujian plagiasi di Turnitin dan masing-masing menggunakan dasar pengujian yang berbeda, berikut penjelasannya:

  1. Internet source: sumber web
  2. Publication: sumber publikasi/jurnal
  3. Student paper: sumber yang pernah di cek di turnitin.

Pada tiga hasil uji plagiasi ini, Anda bisa melihat persen angka yang ditunjukkan. Selain itu, di dokumen yang diuji juga akan muncul warna yang memblok kalimat maupun paragraf. Warna inilah yang bisa membantu menentukan tingkat similariti index-nya. 

Berikut adalah arti warna di hasil uji plagiat Turnitin tersebut:  

  • Warna biru (similarity index 0%)
  • Warna hijau (similarity index 1% – 24%)
  • Warna kuning (similarity index 25% – 49%)
  • Warna oranye (similarity index 50% – 74%)
  • Warna merah (similarity index 75% – 100%)

Dari penjelasan cara cek plagiasi di Turnitin ini, maka bisa dipahami bahwa warna di teks dokumen Anda menunjukan tingkat similarity index. Semakin merah maka semakin tinggi kesamaannya dengan teks karya ilmiah lain. Semakin menuju ke biru, maka semakin rendah. 

Solusi Skor Plagiasi Turnitin Tinggi

Jika mendapati skor uji di Turnitin tinggi, biasanya akan langsung frustasi. Namun, silakan coba dulu diatasi dengan melakukan parafrase. Memahami betul bahwa Turnitin bekerja dengan cara mengecek kesamaan kata demi kata di naskah Anda dengan naskah lain. 

Maka parafrase adalah cara paling tepat menurunkan similarity index di Turnitin, karena otomatis menurunkan kesamaan kata dalam satu kalimat. Bagaimana jika sudah dilakukan parafrase hasilnya tetap tinggi? 

Atau mungkin tidak memiliki waktu cukup untuk melakukan parafrase sendiri? Tak perlu cemas, Anda bisa menggunakan jasa parafrase Turnitin dari Penerbit Deepublish. Bersama tim ahli dan bersertifikat BNSP, Anda akan dibantu melakukan parafrase dengan cepat dan efektif. 

Kenapa Menggunakan Jasa Parafrase Disarankan?

Meskipun bisa melakukan parafrase sendiri atau memakai layanan situs parafrase online. Namun, memakai jasa parafrase Turnitin dari Penerbit Deepublish masih menjadi pilihan terbaik, berikut alasannya:

1. Waktu Lebih Efisien

Alasan pertama adalah memberi efisiensi waktu, sebab akan dikerjakan oleh tim berpengalaman dan sudah ahli melakukan parafrase. Sehingga waktu pengerjaan relatif cepat dan sosok jika terdesak deadline atau mungkin sedang super sibuk. 

2. Skor Turnitin Dijamin Turun

Lewat jasa parafrase ini Anda akan dibantu secara optimal sampai skor di Turnitin turun dan sesuai standar perguruan tinggi tempat Anda kuliah atau mengajar sebagai dosen. 

3. Dikerjakan oleh Tim Bersertifikat

Jasa parafrase di Penerbit Deepublish tidak dikerjakan oleh sembarang orang. Melainkan tim yang memang sudah berpengalaman sekaligus sudah bersertifikat dari BNSP, sehingga hasil kerjanya dijamin berkualitas. 

4. Naskah Lebih Mudah Dipahami

Berhubung parafrase dilakukan tim ahli dan berpengalaman, maka dijamin makna tidak berubah. Selain itu, teks juga lebih mudah dipahami sekaligus enak dibaca. Sehingga naskah Anda selain punya skor Turnitin yang rendah juga punya kualitas yang mumpuni. 

Info lebih lanjut mengenai jasa parafrase Turnitin dari Penerbit Deepublish maupun proses order. Bisa mengunjungi laman Jasa Parafrase Turnitin

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

6 tanggapan untuk “Cara Cek Plagiasi di Turnitin dan Cara agar Skor Turun [Praktis]”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama