⚠️ Cetak buku diskon 35% dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

Cara Exclude Turnitin, Filter Agar Skor Plagiasi Turun

cara exclude turnitin, cara filter turnitin

Anda mungkin merasa sedikit bingung saat hasil cek di Turnitin menunjukan persen similarity index yang tinggi. Padahal bisa jadi sudah merasa menyusun naskah ilmiah dengan baik dan benar. 

Rupanya, Turnitin bisa saja mengecek seluruh isi naskah termasuk footnote, bodynote, daftar pustaka, dan bahkan atribut seperti tabel. Pernah tidak Anda mengalaminya? Jika kondisi ini dialami, jangan buru-buru frustasi. Bisa belajar cara exclude Turnitin sebagai solusi.

Yuk, scroll ke bawah untuk tahu tata caranya bagaimana. 

Cara Exclude Turnitin

Bicara mengenai Turnitin, tentu Anda akan merasa sedikit kesulitan agar hasil persen pengecekan sesuai standar dari institusi. Sebab Turnitin kadang kala mengecek seluruh bagian naskah dan bagian-bagian tertentu yang seharusnya tidak dianggap plagiat, pada akhirnya terdeteksi. 

Kondisi ini bisa membuat hasil pengecekan di Turnitin menunjukan persen yang tinggi. Jadi, hal ini ternyata dialami sejuta umat yang memang aktif menggunakan platform tersebut. Salah satu upaya yang bisa Anda lakukan adalah menerapkan cara exclude Turnitin. 

Apa itu exclude di Turnitin? Turnitin menyediakan beberapa pengaturan, dimana salah satunya adalah fitur exclude tersebut. Secara sederhana, fitur ini digunakan untuk memerintahkan Turnitin mengabaikan beberapa bagian. 

Pengaturan ini praktis bisa membantu pengguna untuk mencegah Turnitin mendeteksi footnote, bodynote, kutipan langsung, sampai daftar pustaka terdeteksi sebagai plagiat. Tujuan finalnya tentu saja agar persen Turnitin menjadi rendah. 

Sebelum baca lebih lanjut, tahukah Anda berapa sih batas similarity index yang dibolehkan? Jangan-jangan skor Anda sudah aman. Cek persentase similarity index agar lolos turnitin dulu, ya.

Dikutip dari situs rivierapublishing.id dijelaskan bahwa tersedia 3 pilihan fitur exclude di Turnitin. Para pengguna bisa menggunakan salah satu atau tiga sekaligus dari fitur tersebut. Simak dulu yuk, penjelasan masing-masing fitur exclude di bawah ini: 

1. Exclude Quotes

Nah, pilihan pertama yang bisa Anda gunakan dalam cara exclude Turnitin adalah Exclude Quotes. Pada pilihan ini Anda bisa mengatur Turnitin untuk mengabaikan atau mengecualikan bagian-bagian naskah yang diberi tanda kutip. 

Simbol tanda kutip yang nantinya bisa diabaikan oleh sistem Turnitin cakupannya adalah sebagai berikut: 

Jadi kalau Anda mengaktifkan fitur ini, maka sistem di Turnitin akan mengabaikan setiap teks yang terdapat tanda kutip. Pilihan tanda kutipnya seperti pada gambar, ya. Ketika Anda merasa frustasi ada kutipan langsung yang terdeteksi plagiat. 

Nah, Anda bisa mengatasinya dengan memberi tanda kutip yang mengapit kutipan langsung tersebut. Sistem di Turnitin otomatis mengabaikan bagian ini dan tidak akan terdeteksi sebagai plagiat. Mudah bukan? 

2. Exclude Bibliography 

Lalu, bagaimana jika daftar pustaka atau mungkin footnote yang dideteksi plagiat oleh Turnitin? Jika Anda mengalami kasus seperti ini, tidak perlu cemas. Sebab bisa mengandalkan fitur exclude kedua, yakni Exclude Bibliography. 

Exclude bibliography membantu pengguna Turnitin untuk mengatur sistem pengecekan agar mengabaikan bagian yang menunjukan daftar referensi. Nah, supaya sistem Turnitin mendeteksi bagian ini adalah referensi. 

Maka Anda perlu menambahkan keterangan jika bagian ini adalah referensi. Misal, jika judul “Daftar Pustaka” masih terdeteksi plagiat maka perlu diganti dengan istilah lain yang punya makna sama. Anda bisa memakai istilah “References” atau “Bibliography”. 

Menariknya, sistem di Turnitin ketika disetting Exclude Bibliography nantinya juga akan mengabaikan beberapa keterangan dengan daftar teks penjelasan seperti di bawah ini: 

work citedworks citedcited worksreference notesendnote
references and linkscitationsreferences indexreferences and further readingendnotes
references sectionfurther informationliteratureliterature citedfootnote
reference listadditional readingkey referenceslist of referencefootnotes
Resources Directoryfurther readinglist of literatureselected worksselected references
referred articlesselective bibliographysitographyadditional sourcesadditional reading

Selain beberapa istilah yang dijelaskan di atas, masih banyak lagi istilah lain yang mengarah pada daftar referensi. Detailnya bisa di cek di akun Turnitin Anda. Setiap keterangan ini akan diabaikan Turnitin jika Anda mengaktifkan fitur Exclude Bibliography. 

Frustasi dengan skor turnitin? Ikuti cara dan tips menurunkan skor plagiasi turnitin ini agar karya Anda bisa lolos submit

3. Exclude Sources

Sedangkan pilihan fitur exclude yang terakhir di Turnitin adalah Exclude Sources. Lewat fitur ini, para pengguna Turnitin bisa mengatur jumlah kata dalam angka maupun persen yang bisa diabaikan Turnitin agar tidak dideteksi plagiat. 

Contohnya, ketika Anda mengatur jumlah kata kurang dari 20 kata diabaikan. Maka Turnitin tidak akan menganggap kalimat yang jumlah kata kurang dari 20 bukan plagiat meskipun kutipan langsung. 

Nah, yang menarik di fitur exclude satu ini adalah ada 2 jenis pengaturan yang bisa digunakan. Yakni memakai jumlah dengan angka dan persen. Begini penjelasannya: 

a. Exclude Sources Words

Pilihan pertama adalah Exclude Sources Words. Dalam pilihan ini pengguna bisa mengatur jumlah kata dengan angka agar diabaikan Turnitin. Artinya, kalimat dengan panjang tertentu meski terdeteksi kesamaan akan diabaikan Turnitin. 

Misalnya, Anda ingin memastikan kutipan dengan panjang 20 kata tidak terdeteksi plagiat. Maka bisa disetting di Turnitin agar kalimat dengan kesamaan sampai 20 kata diabaikan saat pengecekan berjalan. 

b. Exclude Sources Percent (%)

Sedangkan pilihan kedua dalam acara filter Turnitin adalah Exclude Sources Percent. Sesuai namanya, di fitur ini Anda bisa mengatur batas panjang kalimat yang diabaikan Turnitin dengan persentase. 

Misalnya, Anda mengatur kalimat dengan panjang 1% diabaikan. Maka setiap ada kalimat dengan kesamaan sampai 1% akan diabaikan oleh Turnitin. Jika pengaturan ini dipilih Anda bisa menurunkan similarity dengan efektif. 

Skor Plagiasi Masih Tinggi Setelah Exclude Turnitin? Ini Solusinya

Bagaimana jika sudah menerapkan cara exclude Turnitin di atas, tapi masih saja hasil pengecekan skor masih tinggi? Nah, ada kalanya kondisi ini dialami oleh penulis karya tulis ilmiah. 

Sebab beberapa bagian di Turnitin meski sudah disetting diabaikan ternyata tidak berjalan efektif. Jika kondisi ini Anda alami, tak perlu pusing dan cemas. Sebab bisa menggunakan jasa parafrase Turnitin dari Penerbit Deepublish. 

Lewat jasa ini Anda akan dibantu melakukan parafrase pada naskah agar susunan kata tidak sama dengan referensi. Sehingga similarity index turun dan mencapai persen ideal. Informasi lebih mengenai jasa ini bisa berkunjung ke laman Jasa Parafrase Penurunan Similarity Turnitin.

Penjelasan mengenai cara exclude Turnitin ini tentu menjadi angin segar agar tidak lagi merasa frustasi dengan hasil uji Turnitin. Jika Anda ada pertanyaan terkait topik ini atau ingin membagikan pengalaman, silakan meninggalkan jejak di kolom komentar, ya!

Sharing is caring. Bagikan artikel ini kepada rekan komunitas Anda di WhatsApp atau ke media yang rutin Anda pakai agar sama-sama tidak ketinggalan informasi penting ini!

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Satu tanggapan untuk “Cara Exclude Turnitin, Filter Agar Skor Plagiasi Turun”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama