Cara Membuat Buku: Membangun Kebiasaan Menulis Naskah Ramah Penerbit Buku

cara membuat buku

Ada niatan untuk menerbitkan buku melalui penebit buku?Menulislah mulai sekarang. Ada banyak cara membuat buku.

Memiliki banyak ide, memahami teori menulis dengan baik, rajin ikut pelatihan, namun kesulitan merangkai tulisan menjadi naskah buku yang siap terbit. Kendala dalam membuat buku bagi penulis pemula adalah membangun kebiasaan untuk menulis secara rutin. Ketika mood sedang bagus bisa menulis dengan sangat baik, tetapi begitu mood jelek tidak menulis sama sekali.

Alhasil, naskah buku mandeg dan niatan untuk menerbitkan buku melalui penerbit buku hanya tinggal angan semata. Satu-satunya cara membuat buku adalah menulis naskah buku terlebih dahulu sebelum mengirimkannya kepada penerbit buku. Sebagaimana passion without creation is nothing, begitu juga niat dan ide untuk menulis tanpa diiringi meuwujudkannya dalam bentuk karya menjadi sia-sia.

Hal tersulit adalah memulai, begitu juga dengan menulis.  dibutuhkan niat dan motivasi yang kuat untuk menghadapi penyakit menulis, seperti rasa malas, ide mandeg, dan kebiasaan menunda atau menunggu mood yang baik.

Segala sesuatu bisa dipelajari, termasuk cara membuat buku. Membuat buku dibutuhkan proses yang panjang, perlu investasi waktu, pikiran dan tenaga sehingga naskah dapat diterima penerbit. Cara membuat buku yang berkualitas perlu diiringi dengan kebiasan menulis. Coba terapkan langkah berikut untuk membangun kebiasaan menulis.

1. Apa Motivasi Anda Menulis?

Setiap orang memiliki alasan yang berbeda untuk menjadi penulis. Ada banyak hal yang menjadi motivasi menulis buku. Tentukan apa motivasi Anda sebelum menulis buku. Motivasi yang kuat berperan penting untuk menghadapi tantangan menulis, seperti rasa bosan, ide mandeg, mood jelek, dsb.

2. Buat Target Menulis sesuai Kemampuan

Tidak ada pencapaian tanpa target, karena tidak ada ukuran seberapa besar keberhasilan yang telah dicapai. Salah satu cara membuat buku adalah dengan menetapkan target penulisan.

Penyusunan target yang jelas dan sesuai kemampuan memberikan gambaran kapan buku akan selesai, bagaimana rincian pekerjaan dalam penyusunan naskah buku, dan rincian waktu dalam menyusun masing-masing bagian dalam buku. Adapun contoh menetuntukan targer dalam penulisan buku adalah:

No. Langkah 1: Rincian Pekerjaan Langkah 2: Perkiraan Waktu Langkah 3: Menyesuaikan Tanggal
Tanggal Mulai Tanggal Selesai
1 Membuat Tema atau Judul Buku 1 Minggu 5 Januari 11 Januari
2 Menulis Sesuai Outline 12 Januari 18 Januari
a.  Konsep Pendidikan di Rumah (misal) 1 Minggu 19 Januari 25 Januari
b.  … 1 Minggu 26 Januari 1 Februari
c.   …. 1 Minggu 2 Februari 8 Februari
3 Revisi Tahap Pertama 1 Bulan 9  Februari 5 Maret
4 Revisi Tahap Kedua 2 Minggu 6 Maret 19 Maret
5 Revisi Akhir 2 Minggu 20 Maret 2 April
6 Membuat Sinopsi 1 Minggu 3 April 9 April
7 Menyerahkan Naskah kepada Penerbit Buku 1 Minggu 10 April 16 April

(sumber: Zainudin, 2015)

 

Setelah target tersusun, tempellah target pada tempat yang mudah Anda lihat. Dengan demikian Anda tidak lupa dan menjadi penyemangat untuk mematuhi target yang Anda buat.

Baca juga: Mari Ketahui 4 Elemen Mengukur Buku Ajar Berkualitas

3. Menulis Setiap Hari di Waktu yang Sama

Cara membuat buku sehingga naskah sampai kepada penerbit buku tentu harus menulis secara rutin. Setelah membuat target menulis, maka selanjutnya harus mendisiplinkan diri. Menulis setiap hari sesuai dengan rincian pekerjaan yang ditetapkan pada waktu yang sama.

Jika waktu terbaik menulis Anda adalah pagi hari, misalnya jam 05.00 sampai jam 08.00, maka lakukan kebiasan menulis setiap hari pada jam tersebut. Tercapai atau tidaknya target menulis pada dasarnya sangat tergantung kepada masing-masing pribadi. Semakin kita mematuhi target yang telah ditentukan maka naskah buku akan terkirim tepat waktu kepada penerbit buku.

4. Tulis Apa yang Anda Sukai

Jangan menganggap menulis sebagai beban. Tulis apa saja yang Anda sukai. Cerita pendek, catatan harian, puisi atau apapun. Penulis harus menguasai materi yang ditulis sehingga tulisan yang dihasilkan berkualitas. Sehingga sebelum menulis, pikirkan apa yang paling Anda sukai, lalu tulislah selengkap dan sedetail mungkin (Kinoysan, 2016).

Namun, ketika Anda ingin menuliskan tema yang tidak dikuasai, tidak perlu khawatir Anda dapat melakukan riset. Membaca materi yang berkaitan dengan tema atau meminta pendapat ahli dapat menjadi pilihan sehingga tulisan tetap berkualitas dan kaya.

5. Komitmen

Selain disiplin diri yang baik, seorang penulis juga harus berkomitmen untuk menyelesaikan tulisannya dengan menulis secara rutin. Salah satu yang dapat dilakukan untuk menjaga komitmen untuk terus menulis adalah dengan mulai menulis di blog pribadi. Bisa pula bergabung dengan komunitas menulis dan membaca.

Ada banyak komunitas menulis dan membaca yang memungkinkan kita untuk bisa bergabung di dalamnya. Banyak keuntungan yang diperoleh ketika bergabung dengan komunitas menulis dan membaca, berbagi semangat, pengetahuan dan pengalaman menulis sehingga kita tetap semangat dan terdorong untuk tetap menulis.

 

Hal tersulit untuk membangun kebiasan adalah memulai, begitu juga dengan menulis. Jangan terlalu khawatir dengan gaya bahasa, seiring dengan latihan menulis secara rutin dengan sendirinya akan terbentuk ciri khas gaya bahasa Anda.

Cara membuat buku adalah tentang komitmen bersama waktu “Investasi terbesar para penulis adalah waktu. Karena itu, wajar jika setiap hari disisihkan waktu untuk menulis” (Bambang Trim). Mari mulai menulis secara rutin!!

(Ulin Nafi’ah)

Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang teknik menulis anda dapat melihat Artikel-artikel berikut:

  1. Inilah 3 Sumber Belajar Selain Buku Teks
  2. Inilah Ciri-Ciri Buku Ajar yang Perlu Anda Tahu
  3. Penerbit Buku dan Teknik Menulis Buku Secara Indie
  4. 9 Persiapan Cara Menerbitkan Buku Sendiri

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS di sini!

Jika Anda menginginkan EBOOK GRATIS tentang CARA PRAKTIS MENULIS BUKU, silakan download.

Referensi:

  1. Akbar Zainudin, 2015, UKTUB! Panduan Lengkap Menulis Buku dalam 180 Hari, Jakarta: renebook.
  2. Ari Kinoysan, 2016, Jadi Penulis Nonfiksi? Gampang Kok!, Yogya: ANDI


This post has been seen 1164 times.
(Visited 432 times, 3 visits today)

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *