Cara Membuat Buku : Pentingnya Ilustrasi Untuk Buku Ajar

cara membuat buku

Cara Membuat Buku | Buku umumnya hanya memuat teks atau naskah dalam bentuk uraian tertulis. Ilustrasi yang berupa: gambar, tabel, peta, dan sebagainya, masih jarang digunakan sebagai bagian dari buku ajar atau karya tulis lainnya.

Anggapan bahwa berbagai jenis ilustrasi justru hanya akan menghambat cara berfikir pembacanya, karena hanya menampilkan hal-hal yang konkrit saja dan tidak mengembangkan kemampuan imajinasi. Anggapan seperti itu kadang masih berkembang

Ilustrasi  yang digunakan dalam buku ajar akan dapat memban­tu memudahkan para pembacanya memahami isinya. Ilustrasi dalam bentuk gambar, bagan,  atau grafik, akan memudahkan dan bahkan mem­per­­cepat pembaca dalam memahami isi tulisan atau naskah buku ajar.

Berikut ini akan dikemukakan sedikit tentang ilustrasi yang perlu dimasukkan ke dalam buku ajar.

 

Cara Membuat Buku | Pengertian Ilustrasi

Ilustrasi adalah alat komunikasi kasat mata yang menyertai naskah buku ajar dan berperan memperjelas gagasan penulis. Ilustrasi dibuat dengan tujuan agar membantu para pembaca atau pengguna buku ajar dalam memahami isi buku secara cepat.

Di samping pengertian di atas, ilustrasi jangan hanya ditafsirkan sekedar sebagai hiasan atau sekedar pemanisnya tampilan buku ajar, tetapi agar berperan sesuai dengan fungsinya.

Cara Membuat Buku | Fungsi Ilustrasi

Penulis buku ajar perlu menguasai penggunaan bagan, tabel, grafik, atau gambar  sebagai ilustrasi. Penggunaan ilustrasi pada buku ajar memiliki kedudukan yang sangat strategis untuk mencapai keberhasilan mahasiswa memahami dan menguasai isi buku yang dibaca.

Bahkan ada istilah terkenal yang mengemukakan “apicture worth a thousand words” (satu gambar senilai dengan seribu kata); “seeing is beleiving” (melihat menim­bulkan kepercayaan). Suatu hal yang perlu kita cermati adalah bagaimana mem­buat ilustrasi buku ajar yang baik.

Suatu ilustrasi dikatakan baik jika memiliki indikator: suatu ilustrasi benar-benar berguna, bermakna, informatif, ringkas, berwarna sesuai warna objek aslinya, berurutan dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah, dan menggugah emosi.

Paling tidak, ilustrasi buku ajar berfungsi sebagai berikut: Menjelaskan atau memperjelas isi buku dalam bentuk teks;Mempercepat pemahaman mahasiswa;Mengungkapkan hal-hal yang sulit dikemukakan dengan kata-kata; Menghiasi dan menambah keindahan buku ajar, dan dapat menambah daya tarik bagi mahasiswa; Membangkitkan emosi dan simpati mahasiswa untuk mendalami isi buku ajar.

Ilustrasi menurut definisinya adalah seni gambar yang dimanfaatkan untuk memberi penjelasan atas suatu maksud atau tujuan secara visual. Dalam perkembangannya, ilustrasi secara lebih lanjut ternyata tidak hanya berguna sebagai sarana pendukung cerita, tetapi dapat juga menghiasi ruang kosong. Misalnya dalam majalah, koran, tabloid, dan lain-lain. Ilustrasi bisa berbentuk macam-macam, seperti karya seni sketsa, lukis, grafis, karikatural, dan akhir-akhir ini bahkan banyak dipakai image bitmap hingga karya foto.

Cara Membuat Buku : Pentingnya Ilustrasi Untuk Buku Ajar

Fungsi ilustrasi adalah untuk memperjelas teks dan sekaligus sebagai eye-catcher. sejalan dengan  munculnya berbagai software pengolah gambar, saat ini telah berkembang berbagai jenis dan bentuk ilustrasi, tidak hanya berupa foto dan gambar manual. Pada prinsipnya semua elemen visual dapat digunakan sebagai ilustrasi. semua teknik dapat dilakukan untuk mewujudkan ide.

Cara Membuat Buku | Pembuatan Ilustrasi

Teknis penulisan buku ajar, umumnya digunakan program MsWord. Ada program lain yang juga dapat digunakan, seperti Page Maker versi 6.5 atau 7.0 atau ada versi yang lebih baru lagi. Dalam penggunaan program MsWord, masih banyak ditemui kekeliruan

  1. Ilustrasi dalam bentuk tabel

Bentuk tabeldapat dibuat sekaligus dalam pengetikan naskah dengan program MsWord, misalnya: klik menu Tabel, Insert Tabel, tentukan jumlah kolom dan baris, lalu OK. Pengaturan garis double, dan pengisian warna pada judul kolom, klik menu Format, Borders and Shading. Untuk variasi garis pilih Page Border dan untuk variasi warna judul kolom, pilih Shading, misalnya sebagai berikut.

Tabel 1. Keadaan Dosen Universitas A Tahun 2016

 

No. Fakultas Pendidikan Jumlah
S1 S2 S3
1. F E  27 58 6  91
2. F H  47 39 3  89
3. FKIP 129 92 9  230
4. F P 48 137 43  228
5. F T 20 123 1 144
6. FISIP 34 28 2  64
7. FMIPA 38 65 16 119
8. F K  3 1    4
Jumlah

 

Pembuatan dan pengeditan kolom atau baris dalam jumlah banyak, akan lebih mudah jika menggunakan MsExcel, karena dapat dilakukan perintah penyeragaman lebar kolom atau baris secara bersamaan.

  1. Ilustrasi dalam Bentuk Grafik

Untuk memudahkan pembacaan data pada buku ajar, dianjurkan agar ditampilkan dalam bentuk grafik. Banyak type grafik dapat dibuat dengan menggunakan program MsWord.

Tabel 4. Perbandingan sebaran nilai dengan rumus PAP dan PAP

(Mean=5,24 dan SD=0,8)

 

Nilai Dengan PAN Dengan PAP
A 2
B 10
C 22 14
D 3 11
E 3 15
Jumlah 40 40

 

Bagi mereka yang sudah terbiasa membuat grafik dengan program Excel, tidak akan banyak kesulitan dalam menggabungkannya dengan naskah yang diketik pada program MsWord, karena tinggal mengcopynya saja. Editing data tetap dapat dilakukan dengan double klik pada grafik, klik mouse kanan, lalu muncul tampilan seperti pada halaman 6 berikut ini.

 

  1. Memasukkan (Insert ) Gambar ke dalam Teks Buku Ajar

Gambar bisa berasal dari program komputer itu sendiri, dari scanner, atau dari internet. Misalnya, kita akan memasukkan gambar dari program komputer itu sendiri, langkah-langkahnya seperti berikut.

Klik Insert, pilih Picture,  lalu pilih dan klik Clip Art, lalu pilih dan klik Academik, pilih dan klik gambar buku, lalu klik Insert Clip.
Jika gambar belum ada, buat dahulu fotonya.Letakkan foto pada Scanner, Klik Start, pilih Program, pilih dan Klik ACD System, Acquire, Preview, potong gambar yang diinginkan, Scan.Setelah diperoleh gambar, lalu klik kanan pada gambar dan beri nama file dengan Rename, lalu pilih copy. Dari scanner, misalnya dengan Scanner versi CanoScan Lide-20 dengan Optical Resolution 600 x 1200 dpi (saat ini resolusi tersebut tergolong rendah), langkah-langkahnya seperti berikut:

Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang cara membuat buku sendiri anda dapat melihat Artikel-artikel berikut:

  1. Cara membuat buku sendiri | 4 Hal yang Mempengaruhi Produktivitas Dosen dalam Menulis.
  2.  Cara Membuat Buku sendiri: Cara Membuat Tulisan Mengalir Seperti Sungai
  3.  Cara Membuat Buku sendiri : Mengenal Lebih Jauh tentang Buku Referensi
  4.  Tips Cara Membuat Buku sendiri | 5 Bekal Berharga Untuk Menulis Buku

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

[Khairul Maqin]

 



This post has been seen 780 times.
(Visited 164 times, 1 visits today)

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *