Cara Membuat Buku : Mengenal Lebih Jauh tentang Buku Referensi

cara membuat buku

Cara Membuat Buku | Istilah buku referensi pasti sudah tidak asing lagi bagi kita terutama orang-orang yang berkecimpung di dunia pendidikan. Istilah buku referensi seringkali kita dengar dari dosen di kelas, pelatihan, atau seminar. Pada artikel kali ini akan dibahas lebih jauh mengenai apa itu buku referensi.

Cara Membuat Buku Referensi | Definisi buku referensi

Buku referensi adalah suatu buku atau sejumlah publikasi kepada siapa orang berkonsultasi untuk mencari fakta-fakta atau infomrasi tentang latar belakang suatu objek, orang, dan atau peristiwa secara cepat dan mudah. Buku referensi disebut juga buku rujukan yang menurut kamus besar adalah buku yang memuat informasi yang singkat dan padat tentang berbagai hal yang diperlukan oleh pemakai  (mencakup kamus, ensiklopedia, atlas, dsb).

Jenis buku ini bukan untuk dibaca secara menyeluruh, seperti kamus, ensiklopedia, handbook, direktori, guidebooks, almanac, peta, buku biografi, buku indeks dan abstrak, publikasi penelitian dan publikasi pemerintahan.

Buku referensi ini biasanya dilengkapi dengan indeks-indeks alfabetis. Indeks tersebut dibuat guna untuk memudahkan pembaca menemukan teks atau data yang dicari pada buku. Biasanya kita bisa menemukannya di perpustakaan-perpustakaan. Karena jumlahnya yang tidak terlalu banyak jenis buku ini termasuk salah satu koleksi yang tidak boleh dibawa pulang (harus dibaca di tempat).

 

Cara Membuat Buku Referensi | Jenis-jenis buku referensi 

  • Ensiklopedia

Ada dua jenis ensiklopedia, yaitu ensiklopedia umum dan ensiklopedia khusus. Ensiklopedia umum berisi tentang beberapa objek bahasan. Sedangkan untuk ensiklopedia khusus isinya lebih terfokus pada satu objek pembahasan. Contoh ensiklopedia khusus seperti ensiklopedia manajemen, ensiklopedia filsafat islam, dan sebagainya.

  • Kamus

Kamus secara umum berisi tentang penulisan Bahasa yang benar, arti kata, dan cara pengucapannya. Ada juga jenis kamus khusus yang berisi tentang konsep, isu, orang-orang dan tempat secara khusus. Sebagai contoh Kamus Sejarah Republik Rakyat China.

  • Almanak

Almanak adalah jenis buku rujukan yang menghimpun fakta-fakta, topik-topik, orang-orang, dan tempat. Almanak jenis buku yang terbit tahunan.

  • Atlas

Salah satu bentuk dari buku rujukan atau buku referensi adalah atlas. Yaitu buku referensi yang berisi tentang informasi geografis yang disertai dengan peta. Sebagai contoh atlas dunia, atlas benua asia, dan lain sebagainya.

  • Buku data statistik

Buku data statistic merupakan buku yang beirisi himpunan data statistic selama beberapa tahun. Data statistic dalam buku ini berbentuk tabel dan grafik. Data statistic ini sangat berguna untuk menguatkan argument pada sebuah publikasi.

Cara Membuat Buku Referensi | Pentingnya Buku Referensi

Dalam dunia kepenulisan maupun dunia akademik, buku rujukan memiliki peran yang sangat penting. Ketika seorang penulis membuat sebuah tulisan baik itu artikel ataupun buku terkadang ia akan menemukan beberapa kendala terkait dengan tata Bahasa atau cara penulisan. Pada saat itu keberadaan kamus ataupun buku referensi Bahasa Indonesia sangat penting untuk dijadikan referensi.

Buku-buku rujukan seperti kamus atau ensiklopedi membantu penulis untuk memperkaya kosakata dalam tulisannya. Penulis yang baik adalah penulis yang dapat memilih dan menggunakan kata secara efektif dalam tulisannya. Kendalanya adalah ada jutaan kata atau idiom yang sulit untuk dihafalkan sehingga perlu adanya kamus atau ensiklopedia sebagai bahan referensi.

Contoh lain adalah ketika seorang peneliti mengerjakan laporan penelitiannya yang berhubungan dengan data statistik seperti jumlah penduduk di Indonesia, jumlah kepulauan di Indonesia, jumlah penduduk di suatu wilayah, perbandingan jumlah pria dan wanita di suatu daerah, dan lain-lain. Pada kondisi ini ia dapat mencari data tersebut pada buku data statistic penduduk.

Sumber data statistik juga berguna untuk membuktikan sebuah argument apakah didasari data yang benar valid atau tidak. Dalam sebuah laporan ilmiah tingkat validitas informasi sangat diperhatikan dan harus berasal dari sumber yang jelas dan berupa fakta konkrit.

Karya tulis ilmiah lain seperti skripsi maupun thesis juga membutuhkan  referensi dari buku agar lebih valid dan diakui. Biasanya untuk karya ilmiah seperti ini yang dikutip dari buku referensi adalah kutipan-kutipan ataupun teori dari seorang pakar. Sebuah penelitian tanpa dasar teori yang jelas akan dianggap tidak valid dan tidak akan mendapatkan pengakuan. Oleh sebab itu buku referensi sebagai bahan rujukan menjadi penting dalam proses penulisan publikasi atau buku ilmiah.

Selain sebagai rujukan dalam menulis, buku referensi juga bisa dijadikan rujukan untuk berargumen secara langsung. Bagi para public speaker buku referensi adalah salah satu sumber rujukan mereka dalam menyampaikan materi. Dosen, guru atau pembicara juga sering menggunakannya untuk mencari bahan dan materi.

Pada kesimpulannya buku referensi ini tidak hanya bermanfaat bagi mereka yang bergelut dalam bidang kepenulisan, tetapi juga bidang-bidang lain seperti public speaking, ekonom, analis, dan lain-lain. Karena penggunaan buku  ini tidak hanya dalam bentuk tulisan. Penggunaan buku referensi bisa juga dalam bentuk kutipan secara lisan.[Niki Hidayati]

Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis kami, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang cara membuat buku refrensi anda dapat melihat Artikel-artikel berikut:

  1. Syarat Jurnal yang Baik Untuk Referensi Buku Aja
  2. Percetakan Murah Buku Referensi di Penerbit Buku Deepublish
  3. Penggunaan Mendeley untuk Mencantumkan Referensi Saat Menulis Buku

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Jika Anda menginginkan EBOOK GRATIS tentang CARA PRAKTIS MENULIS BUKU, silakan download.

Referensi :

  1. http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-ubudiyahse-15159
  2. http://www.kamusbesar.com/49001/buku-rujukan
  3. https://sites.google.com/site/eng22tutorial/section-2-books/section-2-1-books


This post has been seen 3979 times.
(Visited 679 times, 9 visits today)

One Comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *