Cara Membuat Buku Sendiri: Cara Menulis Biografi

cara membuat buku sendiri

Tahukah cara membuat buku sendiri buku biografi? Bagi yang sering membaca tentu sering mendengar istilah tersebut. Yuk mengenal cara menulisnya.

Cara membuat buku sendiri kita bisa membuat berbagai jenis buku, di antaranya buku biografi. Kata Biografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu bios yang berarti hidup, dan graphien yang berarti tulis. Dengan kata lain biografi merupakan tulisan tentang kehidupan seseorang. Biografi, secara sederhana dapat dikatakan sebagai sebuah kisah riwayat hidup seseorang. Biografi dapat berbentuk beberapa baris kalimat saja, namun juga dapat berupa lebih dari satu buku.

Cara membuat buku sendiri buku biografi yaitu dengan memaparkan fakta-fakta dari kehidupan seseorang dan peran pentingnya sementara biografi yang panjang meliputi, tentunya, informasi-informasi penting namun dikisahkan dengan lebih mendetail dan tentunya dituliskan dengan gaya bercerita yang baik.

Biografi dilakukan dengan cara membuat buku sendiri, menganalisis dan menerangkan kejadian-kejadian dalam hidup seseorang. Lewat biografi, akan ditemukan hubungan, keterangan arti dari tindakan tertentu atau misteri yang melingkupi hidup seseorang, serta penjelasan mengenai tindakan dan perilaku hidupnya. Biografi biasanya dapat bercerita tentang kehidupan seorang tokoh terkenal atau tidak terkenal.

Namun demikian, cara membuat buku sendiri buku biografi tentang orang biasa akan menceritakan mengenai satu atau lebih tempat atau masa tertentu. Biografi seringkali bercerita mengenai seorang tokoh sejarah, namun tak jarang juga tentang orang yang masih hidup. Banyak yang menulis buku biografi secara kronologis. Beberapa periode waktu tersebut dapat dikelompokkan berdasar tema-tema utama tertentu (misalnya “masa-masa awal yang susah” atau “ambisi dan pencapaian”). Walau begitu, beberapa yang lain berfokus pada topik-topik atau pencapaian tertentu.

Menulis buku biografi memerlukan bahan-bahan utama dan bahan pendukung. Bahan utama dapat berupa benda-benda seperti surat-surat, buku harian, atau kliping koran. Sedangkan bahan-bahan pendukung biasanya berupa biografi lain, buku-buku referensi atau sejarah yang memaparkan peranan subyek biografi itu.

Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang,tetapi juga menceritakan tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut yang menonjolkan perbedaan perwatakan termasuk pengalaman pribadi.

Karena itu cara membuat buku sendiri buku biografi berbeda dengan novel. Biografi menerangkan dan menganalisa kejadian-kejadian dalam hidup seseorang. Lewat biografi, akan ditemukan hubungan, keterangan arti dari tindakan tertentu, atau misteri yang melengkapi hidup seseorang serta penjelasan mengenai tindakan dan perilaku hidupnya. Berikut merupakan cara mudah menulis buku biografi.

  1. Siapkan target orang yang mau di tulis

Target adalah objek untuk dijadikan tulisan yang akan di lakukan. Apakah berdasarkan tren atau tidak. Apakah berdasarkan terkenal atau tidak. Apakah berdasarkan permintaan atau tidak. Apakah atas dasar keinginan pribadi atau tidak.

Yang penting Anda punya dasar yang kuat dalam menentukan target atau objek yang dijadikan untuk tulisan biografi. Jika dasar Anda adalah karena tren, maka saat artis Olga Syahputra menjadi tren di berita atau di google trend, Anda bisa menulis tentang biografi si presenter salah satu / beberapa televisi swasta tersebut.

Atau berdasarkan terkenal, Anda bisa menulis buku tentang biografi Joko Widodo Presiden Republik Indonesia. Untuk hal ini semua diserahkan kepada Anda sebagai orang yang mau menulis biografi.

 

  1. Lengkapi dengan data, fakta dan informasi

Menulis buku biografi harus berdasarkan ketiga hal diatas (data,fakta dan informasi). Hal ini supaya tulisan Anda tidak asal tulis atau asal “kicau”. Namun ada referensi yang melatarbelakanginya. Era revolusi teknologi informasi sekarang ini, akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi. Melalui mesin pencari, televisi, dan media sosial dapat ditemukan. Hanya saja untuk bertemu langsung dengan objek atau orang yang mau ditulis jalan hidupnya, ini agak sulit, walau bisa di lakukan. Untuk yang lebih mudah ya nulis tentang sosok Ayah sendiri aja.

 

  1. Mulai tentukan Judul

Dalam eksekusi untuk tentukan judul adalah penting, karena ingin menyangkut sisi mana yang mau ditulis. Saya pikir tidak harus semua sisi di angkat, ambil satu atau beberapa sisi yang menonjol dan punya kesan positif untuk di teladani oleh orang lain. Tapi jika Anda mau membuka keburukan orang lain, ya Anda harus mengangkat sisi negatifnya. Tapi apa benar Anda mau membuka aib orang lain?

Misalnya contoh judul:

– Biografi Artis Olga Syahputra: Sang Multi Talenta.

– Biografi Olga Syahputra: Artis Yang Serba Bisa

– Biografi Olga Syahputra: Kaya Setelah Menjadi Artis.

– Biografi Olga Syahputra : Sosok Artis Yang Peduli Sesama

Dan masih banyak lagi judul yang bisa Anda rangkai. Hal ini supaya Anda tidak terlalu melebar dalam menulis buku biografi, fokus dalam pembahasan tertentu itu lebih menarik untuk dibaca dan tentunya lebih mudah untuk ditulis.

Mungkin bagi penulis profesional akan mudah jika menulis biografi orang lain secara detail dan lengkap dari berbagai sisi. Namun itu tidak berlaku untuk penulis pemula.

 

  1. Menuliskan dengan bahagia

Dalam proses menulis buku, jangan ada beban. Jalani dengan bahagia. Pasti ada kesulitan di depan mata, namun jika Anda tersenyum dengan kesulitan itu, maka akan terasa nikmat dan menjadi sebuah pengalaman yang unik, susah untuk dilupakan tentunya.

Tulisan mempunyai spirit, dan jika Anda menulis buku dalam kondisi bahagia, tulisan itu akan mempunyai efek yang luar biasa, dan berbeda jika sebuah tulisan ditulis dalam tekanan (stres). Nah, untuk menulis dalam kondisi bahagia bisa di temukan jika Anda sudah punya gaya sendiri dalam menulis. Misal Anda menulis akan enjoy jika dengan musik kitaro, atau menulis akan asyik jika tanpa suara apapun (dalam keheningan). Dan bisa juga aktifitas menulis bisa di nikmati jika ada segelas jus buah jeruk atau kopi aceh, dan masih banyak lagi. Anda harus segera temukan gaya menulis yang di sukai supaya aktivitas menulis adalah pekerjaan yang paling membahagiakan.

Selain perasaan bahagia, Anda juga harus menulis buku dengan gaya tulisan yang mudah di baca orang, tidak membosankan, pilihan tepat adalah menulis dengan gaya menulis feature. Dan yang terpenting adalah siapa tujuan pembaca tulisan Anda? Harus di sesuaikan juga.

 

  1. Edit dan mintalah komentar dari teman, family atau targetnya langsung jika bisa dijumpai

Setelah selesai menulis biografi tersebut, lakukan edit (bisa sendiri atau minta bantuan orang lain). Komentar dari teman dekat yang hobi membaca juga diperlukan untuk “menguji” tulisan Anda. Jika tidak ada teman, maka orang terdekat Anda, istri atau suami, teman dan orang lain yang bisa memberikan kritik dan komentar membangun terhadap tulisan Anda.

Jika memang orang yang kita tulis biografinya bisa di jumpai, maka hal itu akan memberikan arti yang baik bagi tulisan Anda. Tapi jika memang susah untuk dijumpai, ya tidak apa-apa.

Kadang, penerbit buku sendiri menyediakan jasa untuk editing. Tetapi tentu saja itu berbayar.

 

  1. Publikasikan

Dewasa ini, banyak sarana untuk mempublikasikan tulisan kita, Jika tulisan dalam bentuk buku, maka Anda bisa datangi penerbit buku. Di Indonesia, tentu bisa banyak dijumpai banyak penerbit buku. Jika tulisan Anda hanya berisi 1000 kata saja, maka bisa di kirim ke koran atau posting di blog. Lalu share ke media sosial dan tunggu keajaibannya. Jika Anda konsisten untuk melakukan cara membuat buku sendiri, Anda tidak perlu bermitra dengan penerbit buku konvensional. Anda pun bisa bermitra dengan penerbit buku yang melayani self publishing.

 

  1. Berdoa

Setelah usaha telah selesai dan Anda rasa sudah maksimal, maka serahkan semua kepada Allah Swt. perbanyak berdoa supaya tulisan Anda bisa memberikan manfaat kepada orang banyak, ter-khusus-nya kepada orang yang Anda tulis biografinya. Dan perlu di ingat, bahwa Anda harus siap dengan kemungkinan negatif yang terjadi, misalnya tulisan Anda tidak ada pembaca, tulisan Anda mendapat respon negatif, dan yang lain. Hadapi semua itu dengan kepala dingin dan selalu berfikir positif saja. Hal yang terpenting adalah Anda sudah tahu cara membuat buku sendiri buku biografi, dan Anda bisa menulis kembali dengan tulisan yang lebih baik lagi tentunya.

 

Jika Anda memiliki naskah buku siap cetak dan sedang mencari penerbit buku yang menerapkan self-publishing sesuai harapan Anda, silakan daftarkan diri Anda sebagai penulis dengan mengisi form di sini.

[Aditya Kusuma]

 

 

 



This post has been seen 4758 times.
(Visited 2,538 times, 11 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *