Promo Terbatas! ⚠️

Cetak buku diskon 35%, bonus tambahan eksemplar dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

Cara Membuat Daftar Isi di Google Docs dengan Cepat

Cara Membuat Daftar Isi di Google Docs

Menyusun sebuah karya ilmiah kini lebih mudah untuk bebas tipografi dengan memakai Google Document atau Google Docs. Namun, bagaimana cara membuat daftar isi di Google Docs otomatis dengan cepat? 

Pertanyaan ini tentu saja akan terlintas di kepala, karena keberadaan daftar isi karya tulis ilmiah atau KTI sangat penting. Jika diketik manual, maka hasil daftar isi akan berantakan atau tidak rapi. 

Namun, tidak perlu cemas, karena Google Docs juga ada fitur pembuatan daftar isi otomatis. Berikut detail tata cara menggunakan fitur satu ini. 

Cara Membuat Daftar Isi di Google Docs 

Google Document merupakan salah satu aplikasi dari Google yang ditujukan untuk mengetik sebagaimana Ms Word di dalam Microsoft Office. Bedanya, Google Docs dirancang secara online sehingga pengguna bisa menulis kapan saja dan dimana saja selama terhubung ke internet. 

Google Docs merupakan aplikasi besutan Google, maka bisa dibuka di perangkat mana saja cukup dengan login menggunakan alamat email. Jadi, jika merasa harus meneruskan pengerjaan KTI dan terlupa membawa laptop. 

Maka bisa memakai laptop pinjaman rekan atau meminjam dari pihak hotel. Sehingga bisa langsung login ke email dan membuka Google Docs, maka dokumen naskah sudah bisa dibuka dan diteruskan pengerjaannya. 

Namun, yang menjadi pertanyaan adalah apakah ada cara membuat daftar isi di Google Docs secara otomatis? Ternyata jawabannya ada dan cara menggunakan fitur ini sangat mudah. Berikut detail langkah-langkahnya: 

  1. Buka lembar kerja di Google Docs. 
  2. Atur format isi naskah agar fitur pembuatan daftar isi otomatis lebih mudah digunakan. Caranya, blok judul maupun sub judul yang akan diatur penamaannya di lembar kerja. 
Blok judul maupun sub judul yang akan diatur penamaannya di lembar kerja
  1. Kemudian, klik ke menu “Format”. Lalu, pilih “Gaya Paragraf” dan tentukan judul dan sub judul menggunakan “Tajuk 1”, “Tajuk 2”, dan seterusnya. 
Klik ke menu “Format”. Lalu, pilih “Gaya Paragraf” dan tentukan judul dan sub judul menggunakan “Tajuk 1”, “Tajuk 2”, dan seterusnya. 

Sebagai catatan, “Tajuk 1” bisa dipilih untuk judul bab dan “Tajuk 2” bisa dipilih untuk sub judul bab, begitu seterusnya. 

Baca Juga : Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word dengan Mudah

  1. Jika sudah selesai mengatur tampilan judul dan sub judul di lembar kerja, letakan kursor di halaman kosong dimana akan dijadikan halaman daftar isi dan masuk ke menu “Sisipkan” dan pilih “Daftar Isi”. Lalu, pilih “Teks Biasa”. 
Jika sudah selesai mengatur tampilan judul dan sub judul di lembar kerja, letakan kursor di halaman kosong dimana akan dijadikan halaman daftar isi dan masuk ke menu “Sisipkan” dan pilih “Daftar Isi”. Lalu, pilih “Teks Biasa”. 
  1. Selesai! Maka, daftar isi otomatis akan muncul dengan keterangan sub judul dan nomor halaman dimana lokasi sub judul tersebut berada. Berikut contoh tampilannya dalam gambar. 
Tampilan daftar isi di Google Docs yang telah diisi dibuat

Jika daftar isi tidak muncul otomatis, maka artinya judul dan sub judul di lembar kerja belum diatur formatnya. Silakan atur formatnya dulu dan klik ikon “Refresh” di keterangan yang muncul saat memanggil fitur pembuat daftar isi otomatis. 

Silakan atur formatnya dulu dan klik ikon “Refresh” di keterangan yang muncul saat memanggil fitur pembuat daftar isi otomatis. 

Cara Memperbarui Daftar isi di Google Docs 

Setelah tahu cara membuat daftar isi di Google Docs secara otomatis. Bisakah daftar isi ini di update secara otomatis juga? Jawabannya adalah bisa! Tinggal melakukan editing di lembar kerja dan refresh di daftar isi otomatis yang sudah dimunculkan. 

Misalnya, ingin mengubah teks di keterangan judul bab. Maka berikut langkah memperbarui daftar isi di Google Docs: 

  1. Edit teks yang ingin diubah, misalnya di teks keterangan judul bab. Misalnya dari tampilan asal berikut ini. Dari “Pendahuluan” diubah menjadi “Pengenalan Ms Word”. 
Ubah teks yang ingin diubah
  1. Klik daftar isi otomatis yang sudah terbentuk sampai muncul kotakan di daftar isi tersebut. 
  2. Klik ikon “Refresh”. 
Klik ikon “Refresh”. 
  1. Selesai! Keterangan atau tulisan daftar isi otomatis akan mengikuti perubahan terakhir yang dilakukan. Hasilnya akan seperti ini. Keterangan judul sudah berubah. 
Hasil daftar isi yang telah diperbaharui

Sedang membuat daftar pustaka? Artikel ini akan membantu Anda.

Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis

8 Cara Merapikan Daftar Pustaka di Microsoft Word

Hal-Hal yang Tidak Perlu Ditulis dalam Penulisan Daftar Pustaka

Cara Membuat Daftar Pustaka Menjorok Hanya 2 Detik

8 Situs Pembuat Daftar Pustaka Online Pilihan dan Linknya

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama