Cara mencetak buku di percetakan. Menerbitkan buku kini semakin mudah, ada beragam cara selain ke penerbit besar pada umumnya. cetak buku tidak hanya berfungsi sebagai metode pembelajaran saja.

Namun ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan ketika Anda memutuskan untuk mencetak buku dalam bentuk softcopy maupun hardcopy. Masalahnya, percetakan mana yang harus anda pilih dan apa saja yang harus dipersiapkan cara mencetak buku di percetakan? Berikut ini kami bagi ulasannya.

Siapkan Naskah

Cara mencetak buku di percetakan yang pertama adalah menyiapkan naskah. Pastikan Anda sudah memiliki naskah yang siap untuk dicetak. Naskah ini bisa berbagai macam jenis tulisan, mau fiksi maupun non fiksi tidak masalah. Pastikan Anda memilih penerbit yang sesuai dengan naskah Anda supaya tepat sasaran.

download ebook gratis

Mulai Siapkan Modal

Jika naskah sudah siap dengan naskah, langkah selanjutnya mempersiapkan modal. Hal ini terutama jika Anda memilih mencetak secara mandiri. Modal berupa uang untuk biaya percetakan dan proses penerbitan buku. Besar uang yang harus dipersiapkan pun bervariatif. Setiap penerbit satu yang ada di wilayah satu dengan yang lain memiliki kebijakan sendiri.

Banyaknya modal yang akan kita keluarkan juga tergantung dari jumlah ketebalan naskah dan jenis kertas yang dibuat. Beberapa percetakan selain mencetak buku, juga menawarkan seperti menawarkan proses layout, pembuatan sampul dan ISBN. Perihal harga, tidak ada salahnya kita datang dan membicarakan biaya cetak. Kemudian membandingkan harga dari percetakan satu dengan yang lainnya. Dengan cara lebih memudahkan untuk menghitung anggaran modal yang perlu dikeluarkan.

Layout dan Desain Cover

Cara mencetak buku di percetakan selanjutnya adalah mempersiapkan desain cover dan layout yang sesuai dengan target pembaca. Poin penting dalam sebuah buku tergantung dari tampilan cover buku. Cover buku salah satu cara media promosi, bagaimana caranya agar pembaca langsung tertarik, saat melihat pada pandangan pertama dari cover.

Selain itu, Anda membutuhkan orang yang bisa mengotak-atik layout buku Anda. Layout berfungsi mengatur bagian-bagian buku supaya lebih menarik dan enak untuk dibaca. Jika tidak memiliki ketrampilan ini, alternatif menekan modal dengan cara menyerahkan proses layouter ke freelance layout naskah. Cara ini jauh lebih lebih menghemat. Atau bisa menggunakan jasa layouter dari pihak percetakan, yang menyediakan jasa layout. Mengingat, tidak semua percetakan menawarkan jasa ini.

Mengurus ISBN

Cara mencetak buku di percetakan selanjutnya yakni dengan memperhatikan ISBN. Anda dapat memulai mengurus saat buku Anda sudah mulai naik editing. Buku yang memiliki ISBN jauh lebih dihargai oleh pembaca, dibandingkan yang tidak memiliki ISBN. Lokasi lembaga pengelola ISBN adalah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Mengurus ISBN

Pembiayaan ISBN untuk satu judul buku di gratiskan sejak tahun 2011. Adapun syarat mengurus ISBN. Pertama, mendaftarkan nama penerbit yang dimiliki ke Tim ISBN/KDT Perpustakaan Nasional RI.

Menentukan Kualifikasi Buku

Cara menentukan buku di percetakan juga dengan menentukan kualifikasi buku menyangkut jenis kertas dan proses percetakan. Banyak jenis kertas untuk mencetak buku. Ada kertas buram eksport, import dan ada juga jenis kertas hVS putih pada umumnya. Untuk kualifikasi buku, untuk self publishing benar-benar ada di tangan Anda.

Menentukan Harga

Cara mencetak buku di percetakan. Menentukan harga buku perlu analisa dan perhitungan. Sebagai self publishing, bukan berarti memberikan harga buku dengan harga terlalu murah. Adapun beberapa cara untuk menentukan harga. Yaitu dengan cara survei pasar dan menganalisa pasar. Selain itu dibutuhkan pula orang yang mahir tata letak untuk menyusun buku Anda.

Salah satu penerbit di Yogyakarta yang dapat membantu Anda cara mencetak buku di percetakan adalah Deepublish. Deepublish sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam bidang cetak buku self publishing. Melalui Penerbit Deepublish Anda akan dibantu mulai dari konsultasi naskah, pembuatan ISBN, hingga pemasaran.

 

(Novia Intan)